Mohon tunggu...
Mohammad Mahfuzh Shiddiq
Mohammad Mahfuzh Shiddiq Mohon Tunggu... Dosen - Pembelajar

Seorang yang masih belajar menulis dan menebar kebermanfaatan | Pemilik dan penulis di www.haimatematika.com | Investor dan kurir di Tazkiyah Shop.

Selanjutnya

Tutup

Money

J&T Effect: Migrasi Masif Pelanggan Toko Online Kami

21 Desember 2019   05:38 Diperbarui: 21 Desember 2019   05:35 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto: tangkapan layar aplikasi J&T

Revolusi industri 4.0  tidak bisa lagi ditolak oleh pelaku usaha. Semua bidang usaha harus mengikuti perkembangan ini jika tidak ingin digilas oleh para kompetitor. 

Oleh karena itu, era industri 4.0 sering dikenal dengan era disruptif atau era yang merusak. Era di mana perusahaan kecil dengan sumber daya sedikit mampu memasuki dan merusak pasar yang ada dengan inovasi disruptif.

Dampaknya, setiap perusahaan dan penyedia layanan jasa dituntut untuk berkembang dan berinovasi di setiap produk dan layanan mereka. Perkembangan dan pemanfaatan teknologi juga mutlak menjadi syarat utama hidupnya suatu usaha. Hal ini disebabkan ciri industri 4.0 adalah teknologi informasi yang terus berkembang dengan cepat.

Di sisi lain, perilaku konsumen yang mengharapkan pelayanan cepat, dinamis dan user friendly membuat perusahaan berlomba-lomba mewujudkan tuntutan pasar tersebut. 

Apalagi jika perusahaan yang bersentuhan langsung dengan perilaku sehari-hari manusia, misalkan e-commerce. Perusahaan logistik atau jasa pengiriman barang berperan penting dalam mendistibusikan barang jualan di e-commerce ini. 

Berdasarkan riset, Indonesia menempati urutan pertama pertumbuhan e-commerce di dunia dengan angka 78% yang didukung oleh 170 juta lebih pengguna internet di Indonesia.

foto:katadata.co.id
foto:katadata.co.id

Fakta dan data ini dapat ditangkap dengan cepat dan tepat oleh J&T Express yang mengusung tagline "Express Your Online Business". Berdasarkan tagline tersebut,  J&T sudah jelas memposisikan bisnis online sebagai sasaran utama produk layanan mereka. 

Tidak butuh waktu lama, J&T sudah bisa antar paket ke seluruh Nusantara ketika usia belum genap setahun dengan lebih dari 700 drop point di 381 kota di Indonesia. Suatu gerak cepat yang luar biasa untuk perusahaan baru.

Sekarang, J&T sudah memiliki 2.000 titik pengantaran dan 2.000 drop point seluruh Indonesia. Untuk memfasilitasi distribusi pengiriman paket, 72 gudang sortir sudah terbangun dengan mesin sortir otomatis berkapasitas 950 paket per hari. Tahun ini juga J&T membangun megahub di atas lahan seluas 4,5 hektare yang berdekatan dengan bandara Soekarno-Hatta untuk mempercepat alur distribusi paket.

Pengalaman Bersama J&T

Saya masih teringat pertama kali saat J&T masuk pertama kali dalam kompetisi perusahaan logistik. Karena mempunyai bisnis toko online, saya sering membeli barang dari suplier melalui marketplace. 

Awalnya saya ragu memakai jasa pengiriman paket menggunakan  J&T karena masih pemain baru. Saya khawatir dengan pengiriman yang lambat dan tidak bisa tracking paket secara real time.

Waktu itu teknologi J&T masih manual, resi diinput manual pakai kertas biasa, belum memakai data online. Begitu juga dengan pelanggan toko online kami (saya dan istri), masih mempertanyakan cepat atau lambat pengiriman menggunakan  jasa J&T.

Seiring dengan berkembangnya bisnis dari J&T, sekarang, kantor cabang J&T merupakan tempat yang saya kunjungi tiap hari. Ekspedisi J&T sekarang menjadi pilihan pertama dan utama hampir seluruh pelanggan toko online kami (saya dan istri). 

Perubahan perilaku konsumen tersebut menjadikan kerja dan proses bisnis online saya berjalan dengan mudah dan efektif. 

Foto: dokpri
Foto: dokpri

Migrasi masif pelanggan toko online tersebut sangat memberikan manfaat besar bagi kemajuan perkembangan bisnis online saya. Berikut detail dari cerita saya berbisnis dengan menggunakan jasa J&T.

1. Bagaimana Pelanggan Menerima Produk

Setiap hari saya mengantarkan pesanan paket yang dititipkan oleh istri. Ketika jam istirahat atau jam pulang kantor, saya selalu sempatkan untuk mengantarkan paket pesanan tersebut. Terkadang malam hari juga tetap ada paket yang harus saya antarkan ke berbagai ekspedisi.

Mengunjungi kantor ekspedisi kesana kemari terkadang menguras tenaga dan waktu. Belum lagi antrian di satu kantor ekspedisi yang banyak dan membuat bete.

Setelah pengiriman paket selesai, langkah berikutnya adalah mendokumentasikan nomor resi untuk diteruskan ke pelanggan. Nomor resi bagi pelanggan berguna untuk melacak paket mereka sudah sampai mana proses di ekspedisi. Pemilihan resi juga terkadang melelahkan  karena terdiri dari berbagai macam ekspedisi. 

Saya berpikir dalam hati sepertinya enak dan meringankan pekerjaan kalau semua paket yang akan dikirim memakai satu jenis ekspedisi saja dan ada yang menjemput di rumah.

Akhirnya setelah sekian lama impian itu terwujud setahun terakhir. Saya sekarang paling sering mengunjungi satu tempat perusahaan logistik saja, yaitu J&T Express.  Saya dan istri lebih akrab dengan para sprinter J&T, sebutan untuk para pengirim dan penjemput paket J&T Express, yang sering datang menjemput paket di rumah.

2. Dari Beragam Menjadi Seragam Karena J&T Exspress

Ada satu fakta menarik saat J&T mengenalkan pertama kali produknya, yaitu gratis jemput di tempat. Jika harga biaya kirim dengan perusahaan logistik lain relatif sama, J&T mampu memberikan service tambahan dan beda yang menguntungkan para pelaku bisnis online yaitu free pick up paket di rumah.

Ini merupakan jawaban dari kegelisahan saya selama ini yang repot membagi waktu dan energi dalam pengiriman paket ke kantor perusahaan logistik. Apalagi ketika jumlah paket menumpuk di rumah juga ketika badan sedang ga enak dan rasa mager ( malas gerak) menyerang.hehe

Istri juga terbantu karena dia tidak berani keluar rumah sendirian untuk mengantarkan paket ketika saya di kantor. Kalau ada paket yang harus dikirim segera, dia langsung janjian sama sprinter J&T untuk pick up barang di rumah saya. Kecepatan pengiriman paket pesanan bisa terbantu karena gratis jemput barang oleh J&T tanpa menunggu saya pulang dari kantor.

Biaya ongkir di J&T juga bisa dibayar oleh si penerima sehingga penjual tidak perlu mengeluarkan dana untuk biaya kirim paket. Tinggal hubungi sprinter J&T untuk jemput barang di rumah dan paket langsung dikirim tanpa membayar sepeser rupiah pun untuk ongkir. Meskipun mereka kadang telat dalam jam penjemputan, tapi masih bisa saya toleransi keterlambatan penjemputan tersebut.

Di saat perusahaan logistik yang lain tidak mau jemput barang dan membayar ongkir setelah barang diterima, J&T mampu melihat celah ini dengan baik.

Satu hal lagi yang membuat J&T beda dengan perusahaan logistik lain adalah bisa kirim waktu di hari libur. Jasa ini yang membuat pelanggan saya suka karena mereka bisa membeli barang dan dikirimkan saat hari libur sehingga pengiriman semakin cepat. Resi booking online dari J&T juga ikut berperan serta memudahkan saya ketika pembeli memesan via marketplace. Akibatnya saya tidak perlu repot kirim nomor resi ke pembeli karena mereka sudah mempunyai resi secara otomatis dari marketplace.

Berbagai keunggulan jasa pelayanan yang diberikan oleh J&T kepada pelaku bisnis online membuat pelaku bisnis online merekomendasikan J&T ke pelanggan mereka. Saya pun dengan suka rela merekomendasikan J&T sebagai pilihan pengiriman paket kepada pelanggan toko online kami.

Setelah istri saya melakukan survey ke pembeli tentang pelayanan J&T, cerita yang terdengar dari pembeli didominasi oleh kecepatan pengiriman ke lokasi rumah mereka. Ada yang mengatakan hanya kurir J&T saja yang mau mengantarkan ke rumah mereka, kalau kurir lain disuruh ambil sendiri di kantor karena jarak rumah ke kantor cabang jauh.

Hasil respon survey layanan J&T. (Foto: tangkapan layar facebook.com)
Hasil respon survey layanan J&T. (Foto: tangkapan layar facebook.com)

Produk lain yang membuat masyarakat suka dengan J&T adalah program bayar ditempat atau COD. Jadi pembeli yang membeli produk  kami melalui marketplace tidak perlu transfer terlebih dahulu. Mereka baru bayar ketika barang sudah di tempat. Pembeli pun senang karena tidak khawatir kena penipuan dari penjual.

Foto: tangkapan layar facebook.com
Foto: tangkapan layar facebook.com

Di sisi teknologi, J&T memanfaatkan dengan maksimal dunia teknologi informasi, sangat berbeda jauh saat pertama kali muncul dahulu. Pengguna layanan J&T sekarang dpermudah dengan adanya aplikasi J&T di smartphone. Banyak fitur yang disematkan dalam aplikasi tersebut. Pelacakan dan proses pengiriman paket secara real time, cek biaya ongkos kirim, bahkan lokasi google map pengiriman bisa dilakukan dalam satu aplikasi saja. Tampilan yang eye catching juga menjadikan aplikasi terlihat tidak membosankan.

foto: tangkapan layar aplikasi J&T
foto: tangkapan layar aplikasi J&T

Secara pribadi saya suka dengan fitur scan barcode resi untuk melacak paket karena saya tidak perlu input nomor kode resi yang banyak itu. Teknologi yang digunakan cukup membuat user experience nyaman dan betah. Peta lokasi pengiriman dan lokasi drop point juga sangat informatif bagi saya dan pembeli ketika ingin mengetahui di mana persisnya lokasi tersebut.

foto : tangkapan layar aplikasi J&T
foto : tangkapan layar aplikasi J&T

Sebagai perusahaan yang bersentuhan langsung dengan konsumen, J&T mampu melihat kebutuhan konsumen dan jeli melihat pasar.  Produk jasa yang dikeluarkan mampu membantu pelaku bisnis online dan masyarakat dalam bertransaksi di e-commerce.

Tidak berlebihan jika pada tahun ini J&T memenangkan Top Brand Award 2019 untuk kedua kalinya. Pada tahun 2018, gelaran  Marketing Award 2018 , J&T  memenangkan The Best in Experimential Marketing. Raihan ini melengkapi prestasi sebelumnya yaitu Top Brand Award 2018, Top Business Opportunity Award 2018 dan Service Quality Award 2018.

Top brand award 2019 (foto: topbrand-award.com)
Top brand award 2019 (foto: topbrand-award.com)

Kesimpulan

Keuntungan yang diberikan J&T terhadap kedua pihak pelaku bisnis online yaitu pembeli dan penjual sangat besar dan bermanfaat. Kelebihan kelebihan tersebut yang menyebabkan penjual merekomendasikan J&T ke pembeli mereka dan pembeli pun senang memilih J&T karena banyak keuntungan yang diberikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun