Setiap penjual pasti menginginkan produk yang dijual laku di pasar. Pebisnis akan senang jika produknya laku dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang singkat. Hal yang didambakan oleh setiap penjual dimanapun, apa yang ditawarkan langsung dibeli oleh target market.
Teknik yang digunakan sangat sederhana namun membutuhkan ketekunan dan proses yang tidak instan. Saya sudah membuktikan teknik ini  di Tazkiyah Shop bersama istri.
Setiap produk yang kami launching, 80 persen konsumen setia kami langsung menerima tawaran yang kami berikan.
Mereka dengan antusias dan berebutan produk yang berada dalam list. Penawaran 20 persen sisa produk dilakukan dengan cara standar seperti di media sosial ataupun di marketplace. Asyiik bukan??
Teknik itu dinamakan BANGUN KOLAM.
Bayangkan target market anda adalah ikan yang akan anda tangkap. Tidak mungkin kan kalau anda menangkap ikan satu persatu. Jauh lebih mudah jika ikan anda terlebih dahulu kumpulkan sebanyak-banyaknya ikan di suatu kolam, beri makan ikan di kolam secara berkala dan pancing ikan ketika mereka lapar.
Proses tersebut adalah perumpamaan proses dari membangun tempat berkumpul para calon pembeli sampai pada proses melakukan penawaran.
Mengapa Bangun Kolam Penting?
Zaman sekarang banyak orang menjual produk dagangan secara online. Bahkan setiap orang bisa menjadi penjual dengan cara menjadi dropshipper atau menjualkan barang orang lain. Akibatnya tingkat kompetisi antar produk sangat tingi dan terus bertambah setiap hari. Penawaran yang biasa biasa saja tidak akan mendapat respon di lautan calon konsumen.
Penjual membutuhkan daftar calon pembeli potensial sehingga penawaran yang diberikan menuju sasaran yang tepat.
Anda tidak akan kehabisan daftar calon pembeli jika anda membangun kolam yang besar setiap waktu. Anda tidak perlu repot mencari dan membidik pasar yang belum tentu minat dengan produk anda.
Tips Mendatangkan Calon Pembeli
Sebelum anda membangun kolam calon pembeli, sebaiknya anda mengetahui apa yang menyebabkan calon pembeli anda dengan suka rela masuk ke dalam kolam yang akan anda bangun.
Faktor penyebab calon pembeli mau bergabung di kolam anda diantaranya sebagai berikut
- Belajar
Jika calon pembeli memandang anda sebagai seorang yang ahli, mereka akan senang hati untuk bergabung untuk belajar dengan anda. Misalkan produk anda adalah pakaian anak maka keahlian yang relevan yang bisa anda pelajari adalah materi parenting, desainer dan sebagainya.
Berita baiknya adalah anda tidak perlu mengetahui semua untuk dipandang sebagai ahli, hanya perlu sedikit lebih tahu dari kebanyakan orang awam maka anda akan dipandang sebagai ahli.
 - Penawaran Khusus
Program seperti potongan bagi member juga bisa menjadi dorongan seseorang untuk masuk dalam keanggotaan komunitas yang anda buat. Promosi yang  berlaku eksklusif bisa dijadikan magnet efektif untuk memasukkan seseorang dalam kolam  anda. - Suka dengan pribadi penjual
Pribadi yang menarik dan tutur kata yang santun selalu membuat orang nyaman untuk berada disekitarnya. Jadi mulailah berlatih menjadi seseorang yang fleksibel ke semua orang, tidak condong dalam satu pihak saja. Orang akan senang berkumpul dengan orang yang satu frekuensi dengan diri mereka. - Barang gratis
Siapa di dunia ini yang tidak suka produk gratis. Sebagian besar orang akan suka dengan produk gratis. Apakah itu berupa materiel maupun non materiel. Kalau anda kesusahan mendapatkan barang materiel yang ingin dibagikan dengan cuma-cuma, anda bisa coba dengan memberikan materi non fisik seperti ebook, file musik, film atau apapun yang anda punyai.Â
Dengan demikian, pilih apa yang bisa anda berikan kepada calon pembeli agar mereka dengan suka rela bergabung dalam kolam yang anda bangun.
Jenis KolamÂ
Sekarang media yang digunakan untuk membangun kolam calon pembeli bisa terdiri dari berbagai macam sarana. Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Telegram, Line@ masih menjadi cara yang paling mudah dan efektif.Â
- Facebok
Pengguna facebook di Indonesia mencapai 130 juta pengguna dan masih menjadi platform pilihan. Â Terdapat tiga macam cara yang tersedia dalam menggunakan Facebook yaitu akun pribadi, grup facebook dan halaman facebook.
Karena tingkat enggament atau interaksi halaman facebook tidak tinggi maka akun pribadi dan grup facebook adalah media yang tepat untuk dijadikan tempat berkumpul dan diskusi anda dengan calon pembeli. - Instagram
Sebagai salah satu anak perusahaan Facebook yang lagi naik daun, Instagram juga layak dijadikan saran berbagi dan berkumpul anda dengan calon pembeli anda.
Berikan materi yang menarik dalam akun instagram anda. Konten postingan harus anda jadwalkan dengan rutin. Rajin membalas komen dari follower anda.
Intinya buat follower atau calon pembeli anda betah berlama lama di time line anda.
 - WhatsApp
Sebagai platform pengirim pesan yang masih menempati urutan atas, WhatsApp memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan sebagai saran membangun daftar calon pembeli. Grup WA adalah pilhan utama sebagai tempat berkumpul dan berdiskusi dengan calon pembeli.
Buat kuliah WA yang memberikan materi yang diinginkan calon pembeli. Terus secara berkala mempromosikan program kuliah  WA ini ke banyak orang sehingga kesempatan membangun kolam yang besar semakin tinggi.
Kesimpulan
Membangun kolam tempat berkumpul calon pembeli merupakan cara yang efektif dalam memasarkan produk. Daftar calon pembeli tersebut adalah aset berharga dalam bisnis anda. Mulai terlebih dahulu dengan memikirkan teknik apa yang akan anda gunakan untuk menarik calon pembeli masuk ke kolam anda dengan suka cita.
Akhirnya, teknik apa yang sudah anda rencanakan? Memakai grup WA atau main di Instagram? Silahkan ceritakan rencana anda di komentar.Â
:))
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H