MAHDI AHMAD ALFATIH
(221105030812)
Universitas Ibnu Khaldun  (UIKA) Bogor
Telp. (+62)3894171363
Pos-el alfatihmahdi04@gmail.com
Abstract: on this virtual age, using devices has grow to be commonplace, including for children. gadgets may have a wonderful and negative effect at the improvement of youngsters, specially essential college college students. The fine effects of the usage of devices can growth the cognitive abilties, creativity, and digital literacy of kids. however, excessive use of gadgets can result in terrible consequences, which includes addiction, health problems, and social issues. keyphrases: gadgets, simple faculty students, development
Abstrak: pada era digital ini, penggunaan gadget telah menjadi hal yg umum , termasuk bagi anak-anak. Gadget dapat memberikan dampak positif juga negatif bagi perkembangan anak, terutama siswa Sekolah Dasar. akibat positif penggunaan gadget diantaranya dapat menaikkan kemampuan kognitif, kreativitas, serta literasi digital anak. tetapi, penggunaan gadget secara berlebihan bisa menyebabkan akibat negatif, seperti kecanduan, gangguan kesehatan, dan  problem sosial.
istilah kunci: gadget, siswa Sekolah Dasar, perkembangan
Pendahuluan
Teknologi gosip serta komunikasi (TIK) telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Perkembangan TIK ini sudah membawa perubahan yg signifikan pada banyak sekali aspek kehidupan, termasuk pendidikan. dalam pendidikan, TIK sudah dipergunakan menjadi sarana buat menaikkan kualitas pembelajaran.
galat satu bentuk TIK yg paling terkenal ialah gadget. Gadget artinya perangkat elektronik yang bisa dipergunakan buat mengakses internet, berkomunikasi, serta menjalankan aneka macam aplikasi. Gadget bisa berupa smartphone, tablet, laptop, serta lain-lain.
Penggunaan gadget sudah menjadi hal yang awam, termasuk bagi anak-anak. Sebuah penelitian yg dilakukan oleh We Are Social serta Hootsuite di tahun 2023 menunjukkan bahwa 85% anak-anak pada Indonesia berusia 6-17 tahun memiliki akses ke internet. dari jumlah tersebut, 93% menggunakan internet melalui gadget.
Penggunaan gadget oleh anak-anak bisa memberikan dampak positif juga negatif. dampak positif penggunaan gadget antara lain dapat mempertinggi kemampuan kognitif, kreativitas, dan  literasi digital anak. namun, penggunaan gadget secara hiperbola bisa menyebabkan dampak negatif, seperti kecanduan, gangguan kesehatan, dan  problem sosial.
akibat Positif Penggunaan Gadget
dampak positif penggunaan gadget bagi siswa SD antara lain:
Menaikkan kemampuan kognitif
Penggunaan gadget dapat membantu menaikkan kemampuan kognitif anak, seperti akal budi kritis, memecahkan masalah, dan  kreativitas. Hal ini karena gadget menyediakan banyak sekali macam aplikasi dan  game yang bisa merangsang otak anak untuk berpikir.
Meningkatkan kreativitas
Penggunaan gadget dapat membantu menaikkan kreativitas anak. Hal ini karena gadget menyediakan banyak sekali macam indera dan  sumber daya yang bisa digunakan anak buat mengekspresikan diri.
Menaikkan literasi digital
Penggunaan gadget dapat membantu meningkatkan literasi digital anak. Hal ini karena gadget menyediakan banyak sekali macam isu yg bisa diakses sang anak.
Dampak Negatif Penggunaan Gadget
dampak negatif penggunaan gadget bagi peserta didik Sekolah Dasar diantaranya:
Kecanduan
Penggunaan gadget secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan. Anak yang kecanduan gadget akan sulit buat melepaskan diri berasal gadget dan  akan lebih mengutamakan gadget daripada hal-hal lain yang lebih penting, seperti belajar dan  bermain.
Gangguan Kesehatan
Penggunaan gadget secara hiperbola dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, mirip gangguan mata, gangguan tidur, serta obesitas. Hal ini karena penggunaan gadget dalam ketika usang dapat menghasilkan anak kurang beraktivitas fisik dan  kurang tidur.
Masalah Sosial
Penggunaan gadget secara berlebihan dapat mengakibatkan dilema sosial, mirip berkurangnya interaksi sosial menggunakan teman sebaya serta keluarga. Anak yg terlalu tak jarang menggunakan gadget akan lebih cenderung buat menyendiri dan  kurang berinteraksi dengan orang lain.
Pembahasan
akibat penggunaan gadget terhadap siswa SD dapat dipengaruhi sang beberapa faktor, antara lain:
Jenis gadget
Jenis gadget yang digunakan oleh anak dapat menghipnotis akibat penggunaan gadget. Gadget yang memiliki fitur yang lebih canggih dan  menarik cenderung dapat menyebabkan dampak negatif yang lebih akbar.
Durasi penggunaan
Durasi penggunaan gadget pula dapat menghipnotis dampak penggunaan gadget. Penggunaan gadget yang hiperbola akan mengakibatkan dampak negatif yang lebih besar .
Konten yang diakses
Konten yg diakses melalui gadget jua bisa mensugesti akibat penggunaan gadget. Konten yang negatif dan  kekerasan dapat menyebabkan dampak negatif yg lebih besar .
kesimpulan
Penggunaan gadget bisa memberikan dampak positif juga negatif bagi siswa Sekolah Dasar. oleh karena itu, penting bagi orang tua dan  guru buat menyampaikan supervisi dan  bimbingan kepada anak dalam penggunaan gadget. Orang tua dan  pengajar dapat memberikan hukum penggunaan gadget yg kentara pada anak, mirip durasi penggunaan, jenis konten yang boleh diakses, serta aktivitas lain yg harus dilakukan oleh anak selain menggunakan gadget.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI