Mohon tunggu...
Maharani L.
Maharani L. Mohon Tunggu... Lainnya - Manusia Biasa

membaca ibarat menambang, semakin dalam, semakin banyak hal berharga yang didapati.

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Peran Sosial Ekonomi Mahasiswa dalam Menginisasi UMKM Berwawasan Teknologi

27 Oktober 2020   17:43 Diperbarui: 27 Oktober 2020   18:18 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Maret 2020 menjadi awal merebaknya Pandemi Covid-19 di Indonesia dengan diumumkannya dua orang warga Kota Depok yang positif terinfeksi. Pandemi Covid-19 yang terjadi secara masif menyebabkan negara-negara terdampak. Dilansir dari Tirto.id (11/09), Indonesia mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi selama dua kuartal pertama tahun 2020. 

Pada kuartal pertama tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebesar 2,97% dan mengalami penurunan signifikan, dibandingkan dengan kuartal terakhir tahun 2019 yaitu 5,05%. Indonesia mengumumkan penurunan pertumbuhan ekonomi parah pada kuartal kedua tahun 2020 yaitu minus 5,32%.

Penurunan pertumbuhan ekonomi juga dirasakan negara tetangga, khususnya negara ASEAN. Penurunan tersebut dipicu oleh pandemi Covid-19 yang semakin masif sehingga mengharuskan pemerintah untuk memberlakukan aturan PSBB di banyak wilayah di Indonesia. Pembatasan kegiatan dengan presensi fisik dan dihentikannya beberapa sektor pekerjaan membuat kegiatan ekonomi lesu dan menurunkan daya beli masyarakat secara keseluruhan. 

Akibat menurunnya aktivitas pasar barang dan jasa di Indonesia, para pelaku usaha baik skala besar maupun kecil dan menengah diharuskan memutar otak untuk mempertahankan badan usaha dengan berbagai cara beradaptasi. Tantangan yang harus dihadapi seluruh elemen bangsa haruslah melibatkan berbagai pihak dan komunitas sosialmasyarakat di Indonesia, termasuk mahasiswa dan pelaku usaha sebagai penggerak perekonomian.

Pandemi Covid-19 memunculkan rekognisi seluruh elemen masyarakat terkait urgensi dukungan penguasaan teknologi-akibat adanya pergeseran pola interaksi yang mereduksi aktivitas dengan presensi fisik. Peningkatan risiko dan tekanan eksternal secara inheren meningkatkan kebutuhan proteksi diri, untuk itu pembelajar terpaksa mengikuti pembelajaran dengan pendekatan daring. 

Di lain sisi, ancaman tidak hanya menimbulkan tantangan, tetapi memunculkan peluang baru dalam integrasi pembelajaran daring yang selama dua puluh tahun—meskipun sudah substantif—kurang memiliki daya tarik, khususnya dalam bidang pendidikan kewirausahaan (Liguori & Winkler, 2020). 

Mengutip Winkler (2014), Covid-19 menyebabkan transformasi trajektori dalam waktu singkat untuk mengadaptasikan pendekatan pedagogisnya dengan kondisi kontekstual baru guna meningkatkan praktik di pusat pekerjaan kita. 

Akhirnya, alat dan sumber daya baru— seperti sumber daya pembelajaran, simulasi, dan kurikulum pembelajaran berbasis daring— sebagai resolusi dari pandemi Covid-19 muncul (Liguori & Winkler, 2020) untuk menstimulasi bidang perekonomian melalui pendidikan kewirausahaan. Untuk itu, masifnya perubahan dalam keadaan ekstrim ini mampu meningkatkan urgensi penguasaan IPTEK dan implementasi kewirausahaan berwawasan teknologi. 

Berangkat dari apersepsi di atas, kita memahami urgensi peranan mahasiswa dalam beradaptasi di kondisi Pandemi Covid-19 melalui kreativitas dan inovasinya. Memahami kreativitas dalam perspektif teori psikoanalitis menuntun pada pemahaman bahwa kreativitas merupakan manifestasi inovatif dari upaya merespon tantangan sebagai mekanisme pertahanan untuk mengubah keadaan psikis tidak sehat—akibat tekanan eksternal—menjadi sehat—produktivitas kreatif (Munandar, 1995: 61).

Tanpa proyeksi kekuatan konfliktual melalui kemampuan “regress in the service of ego”, pribadi tersebut akan mengalami ancaman yang membahayakan kesehatan mentalnya—sejalan dengan himpunan teori yang dicetuskan Sigmund Freud, Ernest Kris, dan Carl Jung (Turner, 1977: 62-63). Memahaminya dengan perspektif sosiologis, kreativitas lebih menekankan pada dominannya faktor eksternal—konfigurasi sistem lingkungan sosial-budaya—yang menjadi simultanitas dari penemuan-penemuan besar. 

Untuk itu, mengutip Torrance (1965), kreativitas menjadi proses dari pengilhaman kesulitan, permasalahan, dan kesenjangan akan informasi, sebagai proses formulasi hipotesis untuk menguji posibilitas yang mampu menjadi resolusinya. Simpson (1982; Munandar, 1999:132) juga melihat kreativitas sebagai resultan dari tekanan eksternal kondusif yang membangkitkan inisiatif melalui dorongan internal. Merefleksikan kebudayaan “creativogenic” yang dicetuskan Silvano Arieti (1976), generasi milenial berperan penting dalam manajemen mekanisme pertahanannya—dari transisi pola kehidupan karena pandemi—dan mentransformasikannya dengan kreativitas guna mengolah informasi—menciptakan inisiatif baru dalam kerangka demokrasi berpikir yang kontributif bagi Indonesia di masa pandemi. 

Inisiatif di atas dapat dimanifestasikan melalui UMKM yang berperan penting dalam perekonomian suatu negara. Dengan jangkauan merakyat dan potensi pengembangan yang luas, UMKM mampu berkontribusi positif terhadap pertumbuhan perekonomian suatu negara. Kane (2010) menyatakan bahwa inovasi bisnis dan keberadaan UMKM akan memunculkan lapangan pekerjaan (job creation) yang mampu meningkatkan produktivitas masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi komunitas secara luas. Kondisi Indonesia dengan potensi SDM besar memungkinkan pemberdayaan masyarakat melalui bidang usaha kecil yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, UMKM di Indonesia mampu mengutilisasi potensi daerah secara optimal karena didukung oleh pengetahuan mendalam masyarakat setempat. 

Pandemi Covid-19, menuntut masyarakat menjadi inovatif menganalisis peluang usaha. Dengan maraknya PHK akibat tekanan ekonomi, pemberdayaan berbasis UMKM dinilai sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan lapangan pekerjaan yang progresif. Mahasiswa Indonesia, sebagai agen penggerak inovasi dan generasi muda yang dekat dengan potensi utilisasi kemajuan teknologi, harus memanfaatkan momentum ini sebagai sarana berinovasi dalam kemampuan entrepreneurship. Dengan keadaan seperti sekarang, bisnis berbasis produksi rumahan dan komoditas konsumen sangat berpotensi untuk dikembangkan. 

Dengan kondisi yang ada, mahasiswa sebagai inovator dan calon penerus bangsa dapat berperan aktif dalam dunia kewirausahaan berbasis pengetahuan teknologi dengan menginisiasi terbentuknya usaha baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau dengan mendukung pertumbuhan usaha kecil yang sudah ada. Melalui mekanisme pertahanan psikis dan upaya manajemen konflik serta tantangan, mahasiswa dituntut kreatif dan kompeten dalam mentransformasikan tekanan eksternal menjadi inisiatif kreatif. Dengan demikian, masyarakat dan pemerintah dapat bersinergi untuk bertahan di bawah tekanan ekonomi akibat Pandemi Covid-19 dan mampu membangitkan kembali pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Referensi

Alika, O. R. (2020, June 26). Ragam Strategi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19.

Arieti, S. (1976). Creativity: The magic synthesis.Basic Books. 

Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., . . Warsilah, H. (2020, April 04). Review and analysis of current responses to COVID19 in Indonesia: Period of January to March 2020.

Gusman, H., & Bhaskara, I. L. (2020, August 11). Bagaimana COVID-19 Mengubah Ekonomi Indonesia & ASEAN?

Kane, T. J. (2010). The Importance of Startups in Job Creation and Job Destruction. SSRN Electronic Journal.doi:10.2139/ssrn.1646934 

Kuckertz, A., Brändle, L., Gaudig, A., Hinderer, S., Reyes, C. A., Prochotta, A., . . . Berger, E. S. (2020). Startups in times of crisis – A rapid response to the COVID-19 pandemic. Journal of Business Venturing Insights, 13. doi:10.1016/j.jbvi.2020.e00169 

Liguori, E., & Winkler, C. (2020). From Offline to Online: Challenges and Opportunities for Entrepreneurship Education Following the COVID-19 Pandemic. Entrepreneurship Education And Pedagogy, 3(4), 346-351. doi: 10.1177/2515127420916738 

Munandar, U. (1995), Mengembangkan Kreativitas Anak Berbakat, jakarta, Depdikbud. 

Munandar, U. 1999. Kreativitas & Keberbakatan.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama 

Setiawan, S. R. (2020, August 05). Cara agar Koperasi dan UMKM Bangkit di Masa Pandemi Corona Halaman all.

Torrance, E.P. (1965), Rewarding Creative Behaviour,Englewood, Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall (67-68, 91-92, 100). 

Turner,J. (1977). Psychology for the Classroom. London: Routledge, https://doi.org/10.4324/9781315209357

Winkler, C. (2013). Toward a Dynamic Understanding of Entrepreneurship Education Research across the Campus – Social Cognition and Action Research. Entrepreneurship Research Journal,4(1). doi: 10.1515/erj-2013-0049

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun