Mohon tunggu...
Maharani AnnisaPasha
Maharani AnnisaPasha Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi Universitas Negeri Malang

Menyukai tulisan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menginspirasi Masa Depan: Melangkah Bersama Dalam Asistensi Mengajar Menuju Karir Guru yang Gemilang

9 Juni 2023   13:18 Diperbarui: 9 Juni 2023   13:23 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Praktek Mengajar di satuan pendidikan atau yang lebih umum dikenal dengan istilah Asistensi Mengajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk memberikan pembelajaran melalui bentuk asistensi pada satuan pendidikan formal di tingkat SMK. Kegiatan ini adalah salah satu kewajiban saya sebagai mahasiswa di prodi pendidikan yaitu tepatnya prodi Pendidikan Teknik Informatika dan dilaksanakan untuk memenuhi nilai matakuliah PPL atau Praktek Pengalaman Lapangan yang saat ini lebih dikenal dengan kegiatan Asistensi Mengajar (AM). 

Asistensi Mengajar sendiri memiliki tujuan sebagai berikut : a) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta membelajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi pendamping guru di sekolah. b) Membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai perkembangan IPTEK.

Tepat sudah 16 Minggu pertemuan saya bersama murid-murid di tempat saya mengajar. Pada saat proses pemilihan atau penempatan sekolah tempat mengajar masih menjadi hal yang berkesan bagi saya. Saya sangat menantikan jauh hari hal tersebut karena banyaknya rumor dan referensi pengalaman yang di dapat oleh kakak tingkat, mengingat akan lokasi penempatan sekolah yang dari awal tidak bisa diprediksi dengan jelas, beserta kuota tiap sekolah yang tidak banyak membuat saya merasa cukup terpreasure. 

Sebelum hari pemilihan penempatan, saya sudah memiliki rancangan dan target sekolah mana yang akan menjadi tujuan atau incaran saya. Saya pun bersyukur mendapatkan sekolah yang menjadi salah satu harapan atau sekolah incaran saya dengan aspek yang saya pertimbangkan salah satunya perihal jarak dan beberapa referensi dari kakak tingkat, yaitu tepatnya di SMK Negeri 12 Malang yang terletak di Kec.Blimbing, Kota Malang. 

Bersyukur pula saya mendapat lingkungan sekolah dan guru pamong yang sangat baik dan memberikan kebebasan pada saya untuk bereksplor mandiri di dalam proses pembelajaran. Selain itu, tidak lupa saya juga bersyukur bisa bertemu dan bekerja sama dengan tim, partner maupun mendapat teman-teman baru dari beberapa jurusan lain dengan berbagai macam background dan karakter. Hingga pada akhirnya saya menjadi banyak belajar akan berbagai perbedaan tersebut agar bisa menjadi sosok yang survive meskipun berada di lingkungan baru.

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Selama kurang lebih 16 minggu berada di SMK Negeri 12 Malang, tentunya banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan. Terlebih ketika ternyata saya harus memegang jurusan TJKT (Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi), tepatnya kelas X TJKT 2. Bagi saya hal tersebut merupakan sesuatu yang baru dan cukup menantang karena pada dasarnya passion saya ada pada jurusan RPL, namun dengan background kuliah di jurusan Pendidikan Teknik Informatika, saya menyadari bahwa saya memang dipersiapkan untuk dapat menguasi 2 jurusan di SMK tersebut. Selama menjalani proses kegiatan Asistensi Mengajar ini, saya bertemu dengan berbagai peserta didik yang unik dan memiliki karakter yang cukup berbeda dengan beberapa kelas lainnya. Dari mereka, saya jadi lebih banyak bersabar, memahami kebutuhan dan cara pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Dalam era digital ini, teknologi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Sebagai guru dalam bidang teknologi, saya memiliki kesempatan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan. Dalam hal ini, saya telah memanfaatkan teknologi dalam membuat berbagai media pembelajaran, modul ajar hingga game pembelajaran. Beberapa materi pembelajaran yang pernah saya sampaikan berkaitan dengan K3LH, Technoprenurship, Alat Ukur Pada Jaringan, Jenis Technology Trend Masa Kini, Topologi Jaringan, Perangkat Jaringan, IP Address, hingga praktikum Access Point.

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Pertama-tama, saya percaya bahwa menjadi guru di bidang teknologi memerlukan pengetahuan yang mendalam tentang berbagai teknologi terbaru dan tren industri. Saya harus selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan memperbarui pengetahuan saya secara teratur. Saya harus memastikan bahwa saya selalu dapat memberikan informasi yang up-to-date dan relevan kepada siswa. Selain itu, sebagai guru teknologi, saya juga harus dapat merancang dan mengembangkan media yang cocok dengan perkembangan teknologi terbaru. 

Saya harus mampu menggabungkan teknologi yang inovatif dalam pengajaran sehari-hari dan membuat siswa merasa tertarik untuk belajar. Saya juga harus dapat menyesuaikan metode pengajaran saya dengan gaya belajar individu siswa dan memotivasi mereka untuk memperoleh keterampilan teknologi yang diperlukan. Sebagai seorang guru teknologi, saya juga harus menjadi contoh dan teladan bagi siswa dalam penggunaan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab. 

Saya harus mendorong siswa untuk menggunakan teknologi secara positif dan produktif, serta mengajarkan mereka cara mengatasi risiko yang terkait dengan penggunaan teknologi. Saya juga harus memastikan bahwa siswa memahami pentingnya etika dan privasi dalam penggunaan teknologi. Selain itu, sebagai guru teknologi, saya juga harus bersikap fleksibel dan mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi. Saya harus mampu menyesuaikan pengajaran saya dengan teknologi yang baru dan terus berkembang, serta mengajarkan siswa untuk menjadi fleksibel dan terbuka terhadap perubahan.

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Sebagai seorang guru SMK, saya memiliki pengalaman yang sangat berharga dalam mengajar di kelas. Saya telah mengajar di Kelas 10 TJKT dan telah belajar banyak dari setiap pengalaman tersebut. Saya belajar bahwa mengajar di SMK memerlukan keterampilan khusus. Siswa SMK memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda, dan sebagai guru, saya perlu mampu mengidentifikasi kebutuhan individual setiap siswa dan menyesuaikan metode pengajaran saya. Saya juga harus dapat memberikan motivasi dan dukungan untuk membantu siswa meraih potensi maksimal mereka. Selain itu, saya belajar bahwa menjadi guru SMK juga memerlukan persiapan yang matang. 

Saya harus memiliki pengetahuan yang cukup dan up-to-date dalam bidang yang saya ajar, serta menyusun rencana pelajaran yang jelas dan terstruktur. Saya juga harus mempersiapkan materi yang menarik dan relevan agar siswa tidak mudah bosan dan tetap tertarik dalam belajar. Selama mengajar di SMK, saya juga belajar bahwa komunikasi yang efektif sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif. Saya harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan siswa, rekan kerja, dan guru pamong untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Saya juga harus mampu mendengarkan dan merespons masukan dari semua pihak untuk meningkatkan kualitas pengajaran saya.

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Selain itu, kami juga mengadakan program kerja berupa kegiatan yang direalisasikan dalam bentuk Outdoor Learning berbasis Seminar yang dilakukan dengan jumlah kuota tertentu. Khalayak sasaran pengabdian masyarakat kali ini dengan pengenalan Internet of Things (IoT) yang diberikan kepada siswa/i SMKN 12 Malang khususnya kelas X Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. 

Pengenalan materi diberikan dengan pemberian materi, kemudian dilanjutkan dengan praktek alat sensor sederhana dan implementasinya. Dalam hal ini metode ceramah, praktek, diskusi, dan tanya jawab digunakan pada kegiatan tersebut. Secara keseluruhan, pengalaman mengajar menjadi guru SMK telah menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya telah belajar banyak tentang keterampilan, persiapan, dan komunikasi yang diperlukan untuk menjadi guru yang efektif di SMK. Saya berharap dapat terus belajar dan meningkatkan kualitas pengajaran saya agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masa depan generasi muda kita. Secara keseluruhan, pengalaman mengajar menjadi guru SMK telah menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya telah belajar banyak tentang keterampilan, persiapan, dan komunikasi yang diperlukan untuk menjadi guru yang efektif di SMK. Saya berharap dapat terus belajar dan meningkatkan kualitas pengajaran saya agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masa depan generasi muda kita.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun