Mohon tunggu...
Darma Agung
Darma Agung Mohon Tunggu... -

Just trying to be a better me. Lebih lengkap, silahkan mampir di mahadarmaworld.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Asyiknya main Google Latitude

4 Januari 2011   05:25 Diperbarui: 26 Juni 2015   09:59 1063
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah main Google Map? Google Map adalah aplikasi layanan peta yang disediakan oleh Google. Saya tidak akan membahas tentang Google Map (Gmap) tapi saya akan menuliskan tentang Google Latitude yang menjadi bagian dari Google Map.Saya menggunakan layanan GoogleMap/Latitude sebelumnya didasarkan iseng, kemudian lama kelamaan menjadi kebutuhan. Kebetulan saya adalah orang yang suka travelling, dan ini cukup membantu dalam menentukan posisi kita dan arah tujuan yang akan ditempuh.

Saya cerita sedikit, waktu itu saya dan orangtua akan melamar calon istri saya yang rumahnya ada di Cilacap sementara kami (saya dan orangtua) ada di Jogja. Dikarenakan masih awam dalam perjalanan jalur tersebut, saya instal aplikasi Google Map di handphone saya. Dari aplikasi Google Map, saya aktifkan "My Location", yang gunanya menentukan posisi saya berada. Posisi ini cukup presisi meskipun tanpa bantuan GPS, karena menggunakan bantuan triangulasi sinyal BTS dari provider. Setelah itu, saya pilih "Get Directions", untuk kemudian menentukan posisi awal dan tujuan. Tidak lupa saya aktifkan layanan Latitude dengan klik "Join Latitude", menggunakan akun Google. Calon istri saya juga mengaktifkan layanan yang sama dengan prosedur yang sama. Jika layanan sudah aktif semua,  add akun rekan kita yang akan di"pantau"posisinya, dalam hal ini saya add akun istri saya, nantinya di aplikasi Google Map akan tampak posisi saya dan istri saya, tambahkan pula foto atau avatar supaya seperti ilustrasi di bawah ini.

Setelah layanan aktif, saya memulai perjalanan dengan bantuan panduan dari Google Map, sementara calon istri saya tinggal memantau saya sudah sampai mana dengan melihat icon saya seperti ilustrasi dibawah ini.

Aplikasi ini bermanfaat bagi kita yang sedang dalam perjalanan atau suka travelling. Selain untuk panduan, bermanfaat sekali untuk pengawasan dan menginformasikan keberadaan kita. Ketika saya menggunakan layanan ini, mungkin tidak tampak sebagai sebuah kebutuhan, namun saya berpikir, jika seandainya kita dalam posisi darurat dan di tempat yang sangat awam bagi kita, dan kita tidak bisa mendeskripsikan keberadaan kita dimana, atau saudara anda, rekan anda butuh bantuan, dan susah menjelaskan posisinya? Nah disini pentingnya Google Latitude. Dengan luasnya jaringan sosial media, Google Latitude sangat membantu jika anda butuh pertolongan, dsb. Jangan khawatir dengan kerahasiaan posisi anda, karena kita bisa menon-aktifkan layanan ini, sehingga tidak diketahui user lain, atau kita bisa memilih pada siapa posisi kita bisa diketahui keberadaannya.

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, dikatakan bahwa Google Latitude dapat juga digunakan untuk  chat via Google Buzz. mengirim SMS, email bahkan menelpon mereka, namun saya sendiri belum pernah mencobanya. Google Latitude tersedia untuk 27 negara, dan bisa didapatkan dengan mendownload Google Map via http://m.google.com/map. Google Map bisa di-instal untuk beragam mobile OS, bisa Java, Windows Mobile (Winmo), Symbian, Blackberry, maupun Android.

Jangan lupa sediakan pulsa yang cukup untuk layanan internetnya. Cukup mudah dan bermanfaat bukan?

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun