Mohon tunggu...
Mutia Ramadhani
Mutia Ramadhani Mohon Tunggu... Freelancer - Mutia Ramadhani

Istri dan ibu tiga anak, Maetami dan Twins Mainaka. Seorang full-time mom, penulis, novelis, bloger, dan content writer di Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Lima Cara Manfaatkan Kekuatan Komunitas dengan Menjadi Sobat IndiHome

4 Desember 2021   15:27 Diperbarui: 18 Desember 2021   07:28 778
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Syarat dan ketentuan perolehan poin Sobat IndiHome

Ada kekuatan dalam jumlah. Pandemi Covid-19 memang berdampak signifikan pada kelangsungan berbagai profesi di Indonesia. Namun, jumlah pekerja kreatif yang bekerja di berbagai platform online medio dua tahun terakhir meningkat signifikan.

Konten kreator menjadi ceruk pendapatan baru bagi banyak orang. Data SociaBuzz, salah satu influencer marketing platform menunjukkan terjadi peningkatan jumlah pendaftaran konten kreator hingga tiga kali lipat tanpa promosi khusus selama pandemi, dari rata-rata 2.552 user baru per bulan menjadi 7.730 user baru per bulan.

Pertumbuhan terbanyak berasal dari segmen Gen Z (51 persen) dan milenial (45 persen). Konten kreator masa kini memanfaatkan banyak platform, khususnya YouTube, TikTok, Instagram, website, dan weblog atau blog.

Berikut lima cara kekuatan komunitas dapat mendukung kerja konten kreator.

1. Meningkatkan interaksi dalam konten

Tidak peduli seberapa bagus produk dan layanan yang ditawarkan, seorang konten kreator tetap membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dalam konten-kontennya. Oleh sebabnya banyak blogger membentuk komunitas blogger.

Ada banyak komunitas blogger, seperti Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger, Warung Blogger, dan Blogger Crony yang menjadi wadah bagi blogger seperti saya untuk berinteraksi. Sebagian besar mereka juga membuka whatsapp group untuk berkomunikasi berbagi pemikiran, saran, dan tanggapan.

Komunikasi dengan sesama rekan blogger akan meningkatkan pengalaman. Sebuah komunitas dapat meningkatkan loyalitas merek dan memotivasi pelanggan.

2. Mempertahankan engagement

Semakin banyak interaksi dan sambutan dalam konten kita, semakin meningkat engagement konten dan engagement konten kreator itu sendiri.

Ini tentu saja membantu mempertahankan subscriber atau visitor dari konten-konten kita. Komunitas juga membantu menunjukkan nilai-nilai inti dari konten kita, sehingga turut memberi solusi terbaik untuk pelanggan.

3. Memberi ide-ide baru

Komunitas menjadi sumber umpan balik terbaik untuk mempertahankan kualitas konten yang dihasilkan. Anggota komunitas bisa saling berbagi wawasan sehingga mendatang kan banyak ide untuk konten-konten berikutnya.

Semakin banyak anggota komunitas, artinya semakin banyak kepala, semakin banyak ide, semakin banyak wawasan, semakin banyak pendekatan untuk mengembangkan konten-konten inovatif.

4. Meningkatkan pertumbuhan organik

Kita hidup di era ekonomi kreatif di mana orang-orang siap mengonsumsi konten yang dibuat oleh rekan-rekan mereka. Oleh sebabnya penting untuk menempatkan komunitas sebagai pusat pembuatan konten.

Dalam hal ini kita mendapat nilai tertinggi pertumbuhan konten yang organik dari sesama komunitas. Karena ada komunitas, kita bisa lebih fokus menskalakan konten kita seunik mungkin. Tentu saja ini bukan cuma membantu kita mempromosikan merek dan brand yang bekerja sama dengan kita, tetapi juga memberi nilai tinggi dan meningkatkan margin bisnis.

5. Menggenjot loyalitas merek

Anggota komunitas adalah pelanggan yang menjadi penggemar setia. Mereka adalah duta dari konten-konten kita yang siap menyebar komentar positif tentang konten.

Pendekatan berbasis komunitas mungkin masih baru bagi sebagian konten kreator. Namun, jika kita berhasil memahami cara menjadikan komunitas sebagai bagian integral dari konten-konten yang kita produksi, maka komunitas berkontribusi menjadi lumbung ide terbaik.

Mari Gabung Jadi Sobat IndiHome

IndiHome semakin luas menjangkau komunitas untuk menjadi Sobat IndiHome. Kalian pasti sudah tahu ada banyak komunitas binaan IndiHome di berbagai daerah, dari Sabang sampai Merauke.

Kalian punya komunitas? Yuk, gabung menjadi Sobat IndiHome bersama lebih dari 49 ribu orang lainnya. Jika dibandingkan total 272 juta penduduk Indonesia, peluang kalian atau komunitas kalian diterima menjadi Sobat IndiHome sangat besar loh.

Komunitas kalian atau kalian secara pribadi bisa menjadi agen digital IndiHome dan mendapatkan banyak keistimewaan. Fitur komunitas ini bisa digunakan oleh komunitas baru atau komunitas yang sudah ada, tetapi berbeda area coverage-nya.

Contohnya nih, ada Komunitas Blogger Medan, Komunitas Blogger Surabaya, Komunitas Esport Medan, Komunitas Esport Surabaya, dan sebagainya. Komunitas yang mendaftar ini harus mendapatkan approval alias persetujuan dari Liaison Officer Digital (LOD) Telkom Regional setempat.

Buat kalian yang mungkin belum punya komunitas, tetapi ingin join jadi Sobat IndiHome secara personal, tetap bisa kok. Silakan bergabung dalam komunitas yang telah terdaftar pada sistem.

Syarat pertama tentu saja registrasi dulu melalui website atau aplikasi Sobat IndiHome yang bisa diunduh melalui AppStore atau PlayStore.

Sobat IndiHome yang mendaftarkan komunitasnya dan disetujui LOD Regional akan mendapat 10 poin reward dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Minimal multilevel berada di level Elite atau Supreme.
  • Minimal memiliki 10 pelanggan IndiHome aktif tiap bulannya.
  • Minimal jumlah pelanggan yang berhenti berlangganan dibandingkan total sales selama 2021 minimal lima persen.
  • Sobat IndiHome yang mengajukan create komunitas akan otomatis menjadi ketua dari komunitas tersebut.
  • Jika ketua komunitas keluar dari komunitas tersebut, maka wajib menunjuk ketua selanjutnya, yaitu anggota dari komunitas tersebut.

Sobat IndiHome yang secara pribadi join ke komunitas tertentu akan mendapatkan lima poin reward dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Minimal memiliki dua pelanggan IndiHome aktif dalam periode 2021.
  • Poin hanya bisa didapatkan satu kali saat tergabung dalam komunitas.
  • Masing-masing Sobat IndiHome hanya boleh mengikuti satu komunitas.

Sudah banyak loh yang mendapatkan passive income dengan menjadi Sobat IndiHome. Penghasilan mereka pun fantastis, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulan.

Syarat dan ketentuan perolehan poin Sobat IndiHome
Syarat dan ketentuan perolehan poin Sobat IndiHome

Bisa menarik satu pelanggan baru saja, Sobat IndiHome akan mendapat fee setara Rp 150 ribu. Modalnya cuma berbagi referral code saja. Harapannya kehadiran Sobat IndiHome memperluas penetrasi IndiHome ke daerah-daerah yang belum tersentuh di Indonesia.

Apa sih keuntungan mendaftar sebagai pelanggan IndiHome lewat channel Sobat IndiHome dengan channel lainnya?

Keuntungannya adalah channel Sobat IndiHome memberikan harga lebih murah untuk paket lebih tinggi ke pelanggan baru. Coba deh lihat gambar di bawah ini.

Fee Sobat IndiHome
Fee Sobat IndiHome

Banyak Kejutan Program Akhir Tahun

Jelang akhir tahun 2021, IndiHome hadir dengan harga istimewa, mulai dari Rp 275 ribu. Kita bisa bebas memilih kecepatan internet hingga 100 Mbps. Ingat, batasnya cuma sampai 31 Desember 2021 loh.

Pelanggan IndiHome paket 3P, 2P (internet + phone), 2P (internet + tv) yang melakukan registrasi melalui channel digital IndiHome bisa mendapatkan banyak benefit sebagai berikut.

  • Cashback LinkAja sebesar Rp 100 ribu.
  • Bonus Open Channel Minipack Upgrade Essential selama tiga bulan, khusus paket IndiHome 3P dan 2P (internet + tv).
  • Bonus merchandise suka-suka untuk seribu pelanggan pertama. Pelanggan tidak dikenakan biaya tambahan untuk pengiriman hadiah.
  • Kesempatan mengikuti Progam Kejutan Bulanan IndiHome 2021, untuk periode Desember 2021 dengan hadiah berupa dana pendidikan Rp 5 juta untuk 100 pelanggan yang beruntung.

Channel digital IndiHome tuh apa saja?

myIndiHome Customer, Growth Hacking, e-Commerce, Web in indihome.co.id, Kiosk myIndiHome, Inhouse Landing Page, channel Sosmed, 147, Sobat IndiHome.

Sobat IndiHome mendorong kita atau komunitas kita lebih berdaya jual. Kita bisa menciptakan peluang usaha dengan menjadi bagian channel digital IndiHome.

Bersama IndiHome kita berelaborasi dan berkolaborasi meningkatkan skill dan pengetahuan, menciptakan crowded dari kegiatan komunitas secara offline dan online. Layaknya simbiosis mutualisme, keberadaan kita sebagai Sobat IndiHome juga berkontribusi meningkatkan loyalitas pelanggan dan brand awareness IndiHome. Menarik kan?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun