Hari itu, saya menghadiri acara bertajuk "Inovasi Maketing Online Bersama JNE" di Hotel Atria Malang (28/10/2018). Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Kompasiana Malang, bekerja sama dengan JNE Malang.
Sekitar 50 peserta hadir di acara yang berlangsung di ruang unik, Private Bar. Sebelum acara dimulai sekitar pukul 18.30 Wib, seluruh peserta berkesempatan menikmati jamuan makan malam di resto Hotel Atria Malang yang berkesan mewah.
1. Jualan di Medsos Hingga Jadi Pemenang "JNE Race to Moscow 2018"
Narasumber yang satu ini, Niken Paramita, pernah menjadi pemenang "JNE Race to Moscow 2018. Berkat hoki dan kepiawaiannya dalam berjualan di media sosial, ia berhasil mengumpulkan sejumlah poin dan berhak mendapatkan reward istimewa itu.
Perempuan itu mengaku, "Saya berangkat ke Moscow dan pulang ke rumah dengan selamat, semua fasilitas dijamin oleh JNE".
Di acara tersebut, Niken Paramita berbagi pengalaman seputar pemasaran produk fashion lewat media sosial andalannya, Instagram (IG).
"Anak-anak zaman now suka bermain media sosial di dunia maya, seperti facebook atau IG. Saya pakai IG bukan untuk main-main, tapi fokus untuk jualan", tuturnya sambil tersenyum.
2. Teknik Menulis itu Perlu
Narasumber lainnya adalah Ikrom Zain dan Selamet Hariadi. Keduanya mewakili Komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang).
Mas Ikrom menyampaikan materi tentang "Tips Menulis Kreatif di Kompasiana". Sementara Mas Hariadi, melengkapinya dengan menyampaikan materi seputar "Optimasi Konten Menarik di Media Sosial".
Tentang tata bahasa misalnya, dia menjelaskan, "menulis ya ada aturannya, meski tidak jadi patokan utama". Salah satunya, adalah memperhatikan aspek kohesi dan koherensi, yakni keterpaduan makna antar paragraf. Kemudan ia memberi contoh-contohnya.
3. JNE Loyalty Card (JLC)
Sarifah Nazriah, Public Relation JNE Malang, mempresentasikan seputar pemanfaatan JNE Loyalty Card (JLC). Narasumber ini menyampaikan dengan jelas bagaimana cara menjadi member JLC dan manfaatnya. Menurutnya, ada dua manfaat setelah menjadi memberi JLC.
Pertama, setiap mengirim paket melalui counter-counter JNE, akan memperoleh 1 poin senilai Rp 25.000,00. Poin transaksi pertama didapatkan setelah nilai transaksinya mencapai Rp 250.000,00. Kedua, setiap poin yang dikumpulkan, dapat ditukarkan dengan hadiah menarik.
Presentasinya mendapat respon hangat dari para peserta. Mereka tampak antusias bertanya bagaimana strategi mengumpulkan poin JLC hingga berhak mendapatkan bonus menarik, seperti yang pernah diterima oleh Niken Paramita.
4. Hadiah dan Motivasi Penutup yang Bernilai
Sebelum acara berakhir sekitar pukul 21.10 Wib, peserta mendapatkan pertanyaan menantang dari keempat narasumber. Bagi mereka yang berhasil menjawab, berhak mendapatkan hadiah menarik dari JNE dan Smartfren Community Malang.
Saya tak hafal siapa saja yang mendapatkan hadiah itu, yang saya hafal hanya seorang, yaitu Iwan Nugroho. Kompasianer senior ini berhasil menjawab pertanyaan Mas Ikrom tentang makna kohesi dan koherensi.
Hal menarik lainnya, adalah ketika Iwan Nugroho berkenan hadir sekaligus memberi closing statement. Menurutnya, menulis itu dapat membantu pekerjaan kita. Pada bagian akhir statemennya, dia memberi motivasi dengan kalimat ajakan yang meyakinkan, Â "kalau karir ingin maju, maka menulislah!
Itulah empat hal menarik versi saya, setelah mengikuti acara komunitas dengan topik, "Inovasi Marketing Online Bersama JNE". Bagaimana menurut Anda?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H