Konsep “Pendidikan Sebagai Gerakan Semesta” merujuk pada pengertian bahwa pendidikan itu merupakan tangung jawab semua pihak. Tanpa keterlibatan para pihak, maka gerakan yang bertujuan untuk mengembalikan kesadaran masyarakat akan urgensi nilai-nilai dan karakter Pancasila sulit tercapai. Padahal, manusia berkarakter adalah determinan penting bagi kemajuan literasi pendidikan, sains, teknologi, dan budaya bangsa.
Siapakah agen-agen kunci keberhasilan gerakan literasi itu? Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, menyebutnya berada di “Tri Pusat Pendidikan”. Mereka itu ialah keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Ki Hajar Dewantara telah meletakkan prinsip dasar Patrap Triloka sebagai panduan bertindak bagi setiap agen pendidikan, khususnya para pihak yang terkait dengan tugas kependidikan, seperti orang tua, guru dan pengawas sekolah. Salah satu prinsip Patrap Triloka adalah Tut Wuri Handayani, yang secara harfiah berarti dari belakang memberi dukungan.
Melalui Tut WuriHandayani, peserta didik dibiasakan hanya bergantung pada disiplin kebatinannya sendiri (motivasi internal), bukan karena paksaan pihak lain (motivasi eksternal). Suasana sekolah sengaja diciptakan seperti rumah kedua yang menarik bagi anak-anak. Jika mendapati kesulitan, seperti keluarga, anak-anak dapat menemui si “ibu” atau si “ayah” tercinta untuk dimintai nasehatnya. Implikasinya, bantuan langsung hanya diberikan manakala peserta didik benar-benar membutuhkannya. Jika suasana pendidikan benar-benar seperti ini, maka kondisi sekolah berasa “ngademake”. Pergi ke sekolah ibarat pergi ke tempat yang menyenangkan, bukan pergi ke tempat yang menakutkan.
Prinsip “Patrap Triloka” yang diperkenalkan oleh Ki Hajar Dewantara, kiranya masih relevan dengan konteks kekinian. Kita tak harus jauh-jauh mengimpor konsep pendidikan asing yang belum tentu cocok dengan kepribadian bangsa kita. Patrap Pitraloka mengandung prinsip dasar etika relasi antar pelaku dalam dunia pendidikan. Konsep yang dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara tersebut, sesungguhnya merupakan cermin kearifan lokal. Setelah Beliau mempelajari ide-ide sejumlah tokoh Barat seperti Froebel dan Montessori, serta pergerakan pendidikan di India, pendidikan Santiniketanoleh keluarga Tagore (Debendranath Tagore dan Rabindranath Tagore), dan lain sebagainya, Ki Hajar merumuskan sistem pendidikan yang sesuai dengan karakter bangsa kita sendiri.
Dengan demikian, Pemerintah mesti memposisikan diri sebagai fasilitator yang bijak, sehingga setiap agen pembelajaran mampu memahami dan mengoptimalkan perannya. Disinilah letak arti penting gagasan pendidikan sebagai gerakan semesta. Bahwa keluarga, sekolah, dan masyarakat dengan pemerintah sebagai fasilitatornya, bergerak secara sinergis untuk kemajuan bangsa Indonesia lewat jalur pendidikan dan kebudayaan.
Mengkondisikan Mei Sebagai Bulan Pendidikan dan Kebudayaan
Masalahnya adalah bagaimana mengkondisikan semua pihak untuk dapat terlibat dalam “Pendidikan Sebagai Gerakan Semesta?” Apa bentuk kegiatan yang relevan dengan kekhasan budaya Indonesia? Bagaimana program riilnya di rumah, sekolah dan masyarakat?
Untuk itulah, Kemendikbud mengajak serta masyarakat untuk mengembangkan beragam inisiatif penting guna meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Salah satu program yang sedang dan telah dilaksanakan adalah mencanangkan Bulan Mei 2016 sebagai “Bulan Pendidikan dan Kebudayaan”. Temanya adalah “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita”. Berdasarkan rundown kegiatan, acara puncak peringatan Hardiknas direncanakan berlangsung esok (29/5) di Jakarta.
Mengacu pada SK Mendikbud No. 19180/MPK.A/MS/2016 (sumber), peringatan Hardiknas sengaja didesain bukan sekedar memperingati hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Selain kegiatan upacara bendera, ziarah ke makam Ki Hajar Dewantara, ada gerakan bersama yang dikemas dalam program “Bulan Pendidikan dan Kebudayaan”. Setidaknya, selama bulan Mei ada empat sub tema yang menjadi fokus kegiatan gerakan bersama yang melibatkan semua unsur masyarakat. Pada Mei Minggu ke-3 misalnya, ada kegiatan dengan sub tema “Anak adalah Bintang". Contoh kegiatannya seperti menampilkan karya anak, suara anak, atau petualangan anak.