Pembukaan
Negara kita pernah dihangatkan dengan issue kasus penipuan oleh PT. First Anugerah Karya Wisata  (First Travel) terhadap calon peserta umroh yang mendaftarkan dirinya melalui perusahaan travel tersebut. Ironisnya korban penipuan yang dilakukannya mencapai jumlah yang fantastis yaitu 35.000 jamaah dan ditaksir kerugian para peserta umroh mencapai sekitar Rp. 500 milyar. Sontak peristiwa ini menjadi perhatian khalayak banyak.
Sebenarnya kasus seperti ini bukan yang pertama kali terjadi tapi telah  berulangkali. Hanya saja untuk kasus First Travel menjadi perhatian yang cukup serius dan massif karena jumlah korban dan kerugian yang fantastis, bahkan kejadian seperti ini terus berulang hingga hari ini di berbagai daerah di Indonesia.
Pada kesempatan kali ini, Penulis, tidak membahas tentang persoalan teknis dan pidana penipuan yang dilakukan oleh PT Anugerah Karya Wisata tapi membahas tentang mengapa saat ini perusahaan travel yang menyediakan layanan umroh menjamur di Indonesia dan mengapa umat Islam begitu mudah tertipu oleh pelayanan tersebut?. Penulis mengangkat tentang hal ini karena berpendapat bahwa ada unsur sosiologis keagamaan yang selama ini kurang menjadi perhatian para pihak.
Pembahasan
Umat Islam di Indonesia dikarenakan bentukan sosiologis sejarah kebangsaan mengganggap bahwa melakukan ibadah Haji bukan hanya menjadi sekedar perintah agama akan tetapi juga menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan dan mendapatkan pengakuan sosial. Gelar Haji yang disandang seseorang mendapatkan persepsi sosial yang positif dan mendapatkan apresiasi sosial dalam bentuk penghormatan sebagai manusia yang memiliki "kesucian spiritual" sehingga layak dijadikan sebagai patron dalam kehidupan bermasyarakat.Â
Tingginya apresiasi terhadap mereka yang menyandang gelar Haji menjadikan ibadah ritual Haji sebagai sesuatu yang mesti dilaksanakan meskipun, kadangkala, dilakukan dengan pengorbanan yang tidak rasional.
Suasana sosiologis keagamaan umat Islam yang sedemikian, disatu sisi, merupakan keberhasilan misi dakwah bagi umat, namun di sisi lain juga dapat menjadikan ibadah Haji sebagai pembentuk suasana esoterik baru; yaitu Haji merupakan sisi kebatinan tertinggi dalam beragama hingga mampu membunuh sisi makna sosial dari ibadah Haji.Â
Sehingga berHaji juga mampu menjadi pembentuk kecenderungan gaya hidup  bagi umat. Kecenderungan ibadah haji bermetamorfose menjadi gaya hidup ini berlangsung tidak dengan serta merta akan tetapi berjalan dengan skema rekayasa sosial yang semakin reifikatif. Sehingga, dengan demikian, Haji juga menjadi incaran para pihak demi sebuah keuntungan rupiah.
Selanjutnya, selain didukung oleh fenomena tersebut, kemajuan perekonomian negara ini membuat peminat Haji semakin membludak hingga daftar tunggu mencapai hitungan belasan bahkan puluhan tahun. Namun, keinginan untuk memijakkan kaki di tanah suci bagi umat tetap menggebu-gebu, sehingga ibadah umroh menjadi alternatif ibadah pengganti Haji.
Para pemodal melihat fenomena seperti ini sebagai peluang untuk meraup keuntungan besar, maka ibarat jamur di musim hujan, perusahaan penyedia fasilitas layanan haji dan umroh tumbuh subur, tentu saja disertai dengan segala metode untuk menarik minat jamaah agar bergabung ke pelayanan mereka. Salah satu dari perusahaan tersebut bernama PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel).