Mohon tunggu...
M Abd Rahim
M Abd Rahim Mohon Tunggu... Guru - Khoirun Nas Anfa'uhum Linnnas

Penulis Novel Islami, Welcome Back to School. Penulis Kumpulan Puisi, Jiwa-Jiwa Penggerak. Belajar Menulis untuk Terus Bisa Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3.1.J.1. Blog Rangkuman Koneksi antar Materi Modul 3.1, Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

24 Oktober 2024   17:16 Diperbarui: 24 Oktober 2024   17:17 394
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ki Hajar Dewantara mengajarkan kita bahwa setiap murid adalah individu unik dengan potensi yang berbeda-beda. Sebagai pendidik, tugas kita bukan hanya memindahkan ilmu, melainkan menuntun mereka untuk menemukan dan mengembangkan bakat alaminya. Seperti seorang tukang kebun yang merawat setiap tanaman dengan cara yang sesuai, kita harus memberikan perhatian khusus pada setiap murid agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang seutuhnya.

Prinsip ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tutwuri handayani menjadi pedoman bagi seorang pendidik sejati. Kita harus menjadi teladan yang baik, memberikan motivasi yang kuat, dan selalu siap membantu murid-murid kita. Dengan demikian, kita tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai luhur dan menginspirasi mereka untuk meraih prestasi terbaik

Pendidikan bukan hanya tentang menghafal rumus atau teori, tetapi juga tentang mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan komunikatif. Setiap murid memiliki potensi yang tak terbatas. Tugas kita sebagai pendidik adalah membantu mereka mengasah potensi tersebut agar mereka dapat berkontribusi secara positif bagi masyarakat.

Filosofi Ki Hajar Dewantara yang berpusat pada murid sejalan dengan peran guru sebagai pemimpin pembelajaran. Guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi, namun juga menjadi fasilitator bagi siswa untuk aktif membangun pengetahuannya. Nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif yang dimiliki guru menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan menyenangkan.

Guru juga berperan sebagai penggerak kolaborasi. Dengan melibatkan seluruh komponen sekolah, mulai dari siswa, sesama guru, hingga orang tua, guru dapat menciptakan ekosistem sekolah yang positif. Kolaborasi ini penting untuk mewujudkan budaya belajar yang berpusat pada siswa dan berorientasi pada hasil.

Sebagai manajer pembelajaran, guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam membentuk karakter siswa. Melalui penerapan segitiga restitusi, yaitu menanamkan nilai-nilai kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan menyelesaikan masalah, guru dapat mencetak generasi muda yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Ketika seorang guru memahami dan mengimplementasikan filosofi Ki Hajar Dewantara, maka ia tidak hanya sekedar mengajar, tetapi juga menjadi pembimbing bagi siswanya. Nilai-nilai seperti mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif yang dimiliki guru akan tertanam pada siswa. Hal ini akan membentuk karakter siswa yang kuat, kreatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Lebih dari itu, guru yang berperan sebagai pemimpin pembelajaran, penggerak kolaborasi, dan coach bagi sesama guru, akan menciptakan ekosistem sekolah yang positif. Dalam lingkungan seperti ini, siswa akan merasa aman, termotivasi, dan memiliki kesempatan untuk berkembang secara optimal

Baca juga: Kebijakan

Guru adalah jantung dari sebuah sekolah. Visi yang ia miliki akan menjadi nyawa yang menghidupkan setiap aktivitas pembelajaran. Guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menjadi fasilitator bagi siswa untuk menemukan potensi diri mereka. Dengan semangat penggerak, guru akan terus berupaya menciptakan inovasi dalam pembelajaran agar siswa tetap termotivasi dan relevan dengan perkembangan zaman.

Untuk mewujudkan sekolah yang bermutu, kita membutuhkan kolaborasi yang kuat dari semua pihak. Guru, orang tua, siswa, dan komunitas harus bersatu padu dalam membangun lingkungan belajar yang positif. Dengan semangat inkuiri partisipatif, kita akan terus belajar dan memperbaiki diri. Mari kita bersama-sama menciptakan generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Dunia saat ini menuntut kita untuk terus beradaptasi. Anak-anak kita perlu memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Mereka juga harus memiliki kecerdasan emosional yang tinggi agar mampu berinteraksi dengan orang lain dan menjaga lingkungan. Sebagai pendidik, kita memiliki tanggung jawab besar untuk mempersiapkan mereka menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun