umkm GO digital busnies, Di bagi menjadi 10 kelompok oleh dosen kami dan saya mendapat kelompok yang meneliti dan memajukan UMKM Semanak Coffe.
Mahasiswa UMY di beri tugas oleh Dosen Bisnis Digital yang bertujuan untuk memajukanSemanak coffe Berdiri sejak 2020 dengan jumlah karyawan 5 orang, dinamakan Semanak diambil dari Bahasa jawa yang artinya ramah, hangat, akrab. Dengan artian ramah akrab, hangat dengan para consumen. Buka pukul 11 siang , yang dimana pada pukul 11 siang tempat ini langsung ramai , karena berada di tengah wisata jogja dimana kebanyakan Turis berkujung pada tempat ini Yang ber-alamat kan Jl.Rotowijayan No.12,Kadipaten , Kecamatan Kraton , Kota Yogyakarta DIY , Berawal dari hobi , kemudia melakukan perencanaan yang matang melakukan dengan analisis SWOT, pemilihan tempat, pemilihan biji kopi yang berkualitas, menentukan menu, perekrutan karyawan, konsep, menentukan harga jualdan pemasaraÂ
kami mahasiswa UMY membantu agar Coffe semanak go digital dengan cara
1. Â Pendampingan pembuatkan sosial media (IG/FB/Tiktok/WA Bisnis, dll)Â
2. Pendampingan pengelolaan sosial media \
3. Pendampingan cara meningkatkan SEO UMKM Pendampingan meningkatkan SEO UMKM dengan dilakukannya oleh konten creator untuk pengenalan tempat tersebutÂ
4. Pendampingan pembuatan timeline konten
5. Pendampingan pembuatkan kontenÂ
6. Pendampingan pembuatan copywriting Sudah terlaksana dengan pihak admin dari pihak UMKM Caffe tersebutÂ
7. Pendampingan pendaftaran ke marketplace Sudah terlaksana dan masih dalam proses untuk ke up dalam social mediaÂ
8. Pendampingan operasional di marketplace Sudah terlaksana dengan berlangsungnya dengan pendaftarannya marketplace
 9. Pendampingan pembuatan brand identity (logo, makna logo, typografi, label, kemasan, dll) Untuk pendapingan tersendiri sudah dilakukan dan dengan aplikasi canva dengan cara desain grafis yang sangat unik
mengidentifikasi masalah yang ada di semanak coffe
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang sangat penting didalam bidang ekonomi terutama dari aspek tenaga kerja. UMKM adalah bentuk usaha yang dikelola oleh orang atau sekelompok orang dengan sejumlah modal tertentu dan mendirikan usaha dengan tujuan mendapatkan laba. Masalah yang masih sering dihadapi UMKM adalah permasalahan dalam pemasaran produknya dikarenakan lokasi Semanak coffe yang berada ditengah-tengah wisata menjadikan target pemasaran utamanya yaitu wisatawan asing jarang sekali pembeli dari gerombolan mahasiswa ataupun warga desa setempat, Semanak coffe pernah memiliki WA bisnis yang memudian di non aktifkan kembali dikarenakan wa bisnis tidaklah akurat pembeli atau wisatawan biasanya datang hanya untuk memesan makanan dan minumannya yang kemudian setelah makanannya habis akan pergi begitu saja dan begitu seterusnyaÂ
Salah satu strategi promosi media sosial yang tepat yaitu dengan mengembangkan akun instagram untuk umkm, hal ini dikarenakan sosial media satu ini kerap sekali digunakan sebagai media promosi di internet yang digunakan oleh berbagai pengusaha kecil yang tengah berkembang. Dengan demikian permasalahan berikutnya adalah akun Instagram, Semanak coffe memiliki Instagram yang bisa dibilang sudah baik, beberapa informasi penting lain sudah tertera diprofil Instagram yang berhubungan dengan kategori bisnis, waktu buka toko, dan tutup toko, serta informasi kontak yang bisa dihubungi apabila konsumen ingin melakukan reservasi tempat, dan juga sudah banyaknya video rills namun setelah kami selidiki video tersebut adalah video lama dikarenakan terjadinya pandemi dan penyebaran Corona Virus yang ditetapkan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat sehingga mengharuskan semanak coffe melakukan pemberhentian pekerja, yang menjadikan akun Instagram tersebut terlalaikan sehingga sekarang ini jarang melakukan upload story maupun video pada akun Instagram Semanak coffe Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H