Mohon tunggu...
M Rizqi Tiana Apriliansyah
M Rizqi Tiana Apriliansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - profesi saya manajer Marketing di peerusahaan UMI RZT

Saya M Rizqi Tiana A masih berstatus mahasiswa di universitas Muhammadiyah Yogyakarta tetapi saya memiliki jabatan di perusahaan ibu saya sendiri yaitu perusahaan UMI RZT yaitu perusahaan Distributor yang memiliki barang atau stok dari umkm Tasikmalaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Terhadap UMKM Semanak Coffee

5 Juli 2023   16:00 Diperbarui: 5 Juli 2023   16:07 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
INSTAGRAM SEMANAK COFFE

Mahasiswa UMY di beri tugas oleh Dosen Bisnis Digital yang bertujuan untuk memajukan umkm GO digital busnies, Di bagi menjadi 10 kelompok oleh dosen kami dan saya mendapat kelompok yang meneliti dan memajukan UMKM Semanak Coffe.

Semanak coffe Berdiri sejak 2020 dengan jumlah karyawan 5 orang, dinamakan Semanak diambil dari Bahasa jawa yang artinya ramah, hangat, akrab. Dengan artian ramah akrab, hangat dengan para consumen. Buka pukul 11 siang , yang dimana pada pukul 11 siang tempat ini langsung ramai , karena berada di tengah wisata jogja dimana kebanyakan Turis berkujung pada tempat ini Yang ber-alamat kan Jl.Rotowijayan No.12,Kadipaten , Kecamatan Kraton , Kota Yogyakarta DIY , Berawal dari hobi , kemudia melakukan perencanaan yang matang melakukan dengan analisis SWOT, pemilihan tempat, pemilihan biji kopi yang berkualitas, menentukan menu, perekrutan karyawan, konsep, menentukan harga jualdan pemasara 

kami mahasiswa UMY membantu agar Coffe semanak go digital dengan cara

1.  Pendampingan pembuatkan sosial media (IG/FB/Tiktok/WA Bisnis, dll) 

2. Pendampingan pengelolaan sosial media \

3. Pendampingan cara meningkatkan SEO UMKM Pendampingan meningkatkan SEO UMKM dengan dilakukannya oleh konten creator untuk pengenalan tempat tersebut 

4. Pendampingan pembuatan timeline konten

5. Pendampingan pembuatkan konten 

6. Pendampingan pembuatan copywriting Sudah terlaksana dengan pihak admin dari pihak UMKM Caffe tersebut 

7. Pendampingan pendaftaran ke marketplace Sudah terlaksana dan masih dalam proses untuk ke up dalam social media 

8. Pendampingan operasional di marketplace Sudah terlaksana dengan berlangsungnya dengan pendaftarannya marketplace

 9. Pendampingan pembuatan brand identity (logo, makna logo, typografi, label, kemasan, dll) Untuk pendapingan tersendiri sudah dilakukan dan dengan aplikasi canva dengan cara desain grafis yang sangat unik

mengidentifikasi masalah yang ada di semanak coffe

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang sangat penting didalam bidang ekonomi terutama dari aspek tenaga kerja. UMKM adalah bentuk usaha yang dikelola oleh orang atau sekelompok orang dengan sejumlah modal tertentu dan mendirikan usaha dengan tujuan mendapatkan laba. Masalah yang masih sering dihadapi UMKM adalah permasalahan dalam pemasaran produknya dikarenakan lokasi Semanak coffe yang berada ditengah-tengah wisata menjadikan target pemasaran utamanya yaitu wisatawan asing jarang sekali pembeli dari gerombolan mahasiswa ataupun warga desa setempat, Semanak coffe pernah memiliki WA bisnis yang memudian di non aktifkan kembali dikarenakan wa bisnis tidaklah akurat pembeli atau wisatawan biasanya datang hanya untuk memesan makanan dan minumannya yang kemudian setelah makanannya habis akan pergi begitu saja dan begitu seterusnya 

Salah satu strategi promosi media sosial yang tepat yaitu dengan mengembangkan akun instagram untuk umkm, hal ini dikarenakan sosial media satu ini kerap sekali digunakan sebagai media promosi di internet yang digunakan oleh berbagai pengusaha kecil yang tengah berkembang. Dengan demikian permasalahan berikutnya adalah akun Instagram, Semanak coffe memiliki Instagram yang bisa dibilang sudah baik, beberapa informasi penting lain sudah tertera diprofil Instagram yang berhubungan dengan kategori bisnis, waktu buka toko, dan tutup toko, serta informasi kontak yang bisa dihubungi apabila konsumen ingin melakukan reservasi tempat, dan juga sudah banyaknya video rills namun setelah kami selidiki video tersebut adalah video lama dikarenakan terjadinya pandemi dan penyebaran Corona Virus yang ditetapkan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat sehingga mengharuskan semanak coffe melakukan pemberhentian pekerja, yang menjadikan akun Instagram tersebut terlalaikan sehingga sekarang ini jarang melakukan upload story maupun video pada akun Instagram Semanak coffe  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun