Mohon tunggu...
M Abdurohman
M Abdurohman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa paskasarjana Universitas Islam Nusantara

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memperbaiki Moralitas Pendidikan Masa Kini

29 November 2023   01:30 Diperbarui: 29 November 2023   01:35 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Memperbaiki Moralitas Pendidikan Masa Kini

  • Pendahuluan

      Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk moralitas dan karakter individu. Namun, di tengah arus perubahan sosial, teknologi, dan globalisasi, tantangan moralitas pendidikan muncul sebagai panggilan untuk melakukan perbaikan signifikan. Artikel ini akan mengeksplorasi langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk memperbaiki moralitas pendidikan di masa kini, menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter unggul.

      Sebenarnya, moralitas masyarakat Indonesia tidak perlu di ragukan lagi. Terlebih, moralitas masyarakat pedesaan, kampung-kampung dan juga budaya sopan-santun yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita.

      Namun, dengan berkembangnya teknologi dan kemajuan zaman. Sebagian masyarakat kita cenderung lebih menganut gaya hidup orang barat daripada harus mengadah warisan gaya hidup nenek moyang, yang padahal jelas-jelas budaya nenek moyang lebih beradab dan beretika daripada budaya barat.

  • Akar Masalah

Dalam membangun sebuah Pendidikan karakter supaya lebih bermoral kita perlu memperbaiki beberapa hal;

  • Faktor Orang Tua atau Wali Murid

      Dalam dunia dewasa kita ini, kita sering menjumpai wali murid-wali murid yang menyalah artikan kata "kasih saying". Sebut saja tidak sedikit seorang guru yang menegur murid secara fisik (padahal pelan) yang di penjara akibat laporan dari wali murid. Wali murid yang harusnya mendukung guru justru menjadi musuh utama dari guru itu sendiri.

  • Faktor Murid

Dengan semakin banyaknya wali murid yang menyalah artikan kata "kasih sayang". Timbullah kwalitas murid yang suka melaporkan kejelekkan guru terhadap orang tuanya. Bahkan, tidak jarang pula murid yang "mengadu domba" antara guru dan orang tuanya.

  • Faktor Guru

      Demi menunjang kwalitas sebuah Pendidikan, kita perlu memperbaiki kwalitas seorang guru. Namun tidak memungkiri bila di negeri kita, jasa guru belum juga diapresiasi berlebih oleh pemerintah. Sehingga tidak jarang ada kasus seorang guru mengancam murid-muridnya yang tidak membeli dagangannya nanti murid tersebut akan mendapat nilai jelek. Ada juga di era sekarang ini seorang guru yang justru membikin konten sewaktu jam KBM (Kegiatan belajar mengajar) sedang berlangsung, dampaknya guru lebih berfokus terhadap kontennya daripada KBMnya.

  • Solusi Masalah

Dalam menyelesaikan masalah yang problematik ini. Kita perlu Soliditas dari ketiga objek Pendidikan itu sendiri; Guru, Murid dan Orang tua/Wali murid. Juga kita perlu memenuhi nilai-nilai Pendidikan. Antara lain:

  • Refleksi Nilai-Nilai Inti

      Langkah pertama dalam memperbaiki moralitas pendidikan adalah melibatkan refleksi mendalam terhadap nilai-nilai inti yang ingin ditanamkan dalam generasi muda. Penting untuk mengidentifikasi nilai-nilai moral yang universal dan relevan untuk konteks sosial dan budaya setempat.


  • Integrasi Moralitas dalam Kurikulum

Perbaikan moralitas pendidikan dapat dimulai dengan mengintegrasikan unsur-unsur moralitas dalam kurikulum. Mata pelajaran yang mendukung pembentukan karakter, etika, dan tanggung jawab sosial dapat diperkaya dengan konten-konten yang merangsang diskusi moral dan refleksi diri.


  • Pendidikan Karakter Sebagai Mata Pelajaran Terpisah

Pendidikan karakter dapat diberikan sebagai mata pelajaran terpisah dengan tujuan khusus untuk mengajarkan nilai-nilai moral, kepemimpinan, dan keterampilan interpersonal. Ini memberikan perhatian khusus terhadap pembentukan karakter sebagai landasan utama pendidikan.


  • Pelibatan Orang Tua dan Keluarga

Peran orang tua dan keluarga sangat penting dalam membentuk moralitas anak-anak. Sekolah dapat membangun kemitraan dengan orang tua untuk menciptakan dukungan konsisten antara rumah dan lingkungan sekolah, memastikan pesan moral diterapkan secara konsisten.


  • Model Perilaku Positif oleh Guru

Guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai model peran moral. Mereka harus menunjukkan perilaku positif, integritas, dan etika dalam setiap interaksi dengan siswa. Guru yang menjadi teladan moral dapat memberikan dampak yang mendalam pada pembentukan karakter siswa.


  • Menggunakan Teknologi dengan Bijak

Di era digital ini, teknologi memiliki peran signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Penting untuk mengajarkan siswa tentang penggunaan teknologi yang bijak, etis, dan bertanggung jawab. Ini melibatkan literasi digital dan pemahaman etika dalam menggunakan media sosial dan sumber daya daring.


  • Program Ekstrakurikuler Moralitas

Program ekstrakurikuler yang mendukung perkembangan moralitas, seperti klub kebajikan, kegiatan sukarela, atau proyek sosial, dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengaplikasikan nilai-nilai moral dalam tindakan nyata.


  • Pengembangan Empati dan Keterampilan Sosial

Mempertajam keterampilan sosial dan membentuk rasa empati melalui aktivitas pembelajaran yang melibatkan kolaborasi, diskusi, dan proyek kelompok dapat membantu membentuk pribadi yang peduli dan bertanggung jawab.


  • Sistem Penghargaan untuk Perilaku Moral

Pembentukan karakter dapat didukung dengan menerapkan sistem penghargaan untuk perilaku moral yang baik. Ini memberikan insentif positif dan memberikan pengakuan terhadap siswa yang menunjukkan nilai-nilai moral dalam tindakan mereka.


  • Evaluasi Terus-Menerus dan Penyesuaian

Sistem evaluasi yang terus-menerus harus diterapkan untuk mengukur perkembangan moralitas siswa. Data ini dapat digunakan untuk melakukan penyesuaian dalam strategi pendidikan moralitas yang diimplementasikan.

  • Penutup: Membangun Generasi Berkarakter Unggul

      Mempertahankan dan memperbaiki moralitas pendidikan di masa kini bukanlah tugas yang mudah, tetapi sangat penting untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter unggul. Dengan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang memberdayakan siswa untuk menjadi individu yang bermoral, tangguh, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun