Mohon tunggu...
Lysha Anindya
Lysha Anindya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Public Relations Undergraduate Student

I'm interested in Graphic Design and Content Writing.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Simak Beberapa Strategi Digital Marketing ala Kimia Farma!

28 Oktober 2022   21:00 Diperbarui: 28 Oktober 2022   21:09 778
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Postingan Instagram @citamin.id

Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University menyelenggarakan seminar bersama Kimia Farma "Digital Marketing Strategies and Tactics in Pharmacy Industry" yang diselenggarakan pada Kamis siang (27/10). Pada kesempatan ini, mereka menghadirkan narasumber Mohammad Reiza, B.Sc. M.Sc. MDM (Social Media Management Specialist dan Digital Marketing Division PT Kimia Farma, Tbk).

Acara berlangsung di gedung Fablab lantai 2 President University pada pukul 13.30 - 16.30 WIB yang dipandu oleh Harya Yudha Permana, salah satu mahasiswa dari Ilmu Komunikasi President University sebagai Master of Ceremony dan Adi Soumena, juga salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi President University yang menjadi moderator pada seminar ini.

Seminar ini diawali dengan sambutan hangat Bapak Mohammad Shihab selaku dosen mata kuliah Public Relations Strategic. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan Kimia Farma merupakan salah satu perusahaan industri farmasi yang ternama di Indonesia dan berharap dengan adanya seminar ini, para mahasiswa dapat mengambil ilmu strategi apa saja yang dimiliki oleh tim Digital Marketing Kimia Farma.

Pada pembukaan materi, Mohammad Reiza menjelaskan betapa berpengaruhnya teknologi dan perkembangan zaman pada pola pikir publik saat ini. Public Relations sekarang juga sudah mulai beralih ke digital platform dikarenakan adanya faktor perubahan zaman dan teknologi serta pandemi yang kian memuncak pada 2 tahun silam.

Dengan adanya teknologi baru, semua hal terlihat lebih praktis dan mudah untuk dijangkau. Misalnya, seperti yang sudah terjadi sebelumnya, balita yang mengalami keluhan kesehatan akan dibawa untuk diperiksa ke klinik atau apotek terdekat. Berbeda dengan sekarang, orang-orang bisa langsung menghubungi dokter via aplikasi online dan pengobatan yang ringan dapat dilakukan secara daring.

Dilansir dari Globalwebindex.com, masyarakat Indonesia kini menghabiskan waktunya rata-rata selama 8 jam sehari dalam menggunakan internet dan lebih dari 3 jam untuk bermain media sosial selama sehari. Hal ini membuahkan kesempatan bagi Public Relations untuk dapat melakukan pemasaran produk melalui media sosial.

Lalu, apa saja tips yang harus dimiliki Digital Marketing saat ini? Simak beberapa tips yang dipaparkan oleh tim Digital Marketing dari Kimia Farma dibawah ini!

Memperbanyak Konten dengan Short Video

Penggunaan pemasaran short video kini memudahkan suatu produk untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Seperti yang kita ketahui, banyak platform media sosial kini memberikan fitur lebih berupa video pendek seperti Youtube Short, Instagram Reels atau Story, TikTok, dan masih banyak lagi. 

Fitur itu banyak digemari oleh masyarakat Indonesia yang kesadaran membacanya masih cukup rendah. Oleh karena itu, kita dapat menggunakannya sebagai video marketing yang berisi edukatif, informatif, dan menghibur untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk kita.

 

Mengikuti Tren yang Ada di Masyarakat

Salah satu pengaruh dari tren yang kini beredar di kalangan masyarakat adalah adanya algoritma media sosial yang berubah mengikuti kebutuhan masyarakat masa kini. 

Dengan mengikuti tren yang beredar, kita dapat memanfaatkannya dengan cara membuat konten yang sesuai tren dan juga hal itu dapat meningkatkan koneksi bersama audiens atau konsumen kita. Misalnya, Citamin dari Kimia Farma yang membuat campaign "Nonton Gratis Film Black Adam Bareng Citamin."

Postingan Instagram @citamin.id
Postingan Instagram @citamin.id

Berkolaborasi dengan Perusahaan atau KOL (Key Opinion Leader)

Dengan mengadakan kolaborasi bersama perusahaan lain ataupun KOL (Key Opinion Leader) yang lebih sering dikenal masyarakat sebagai influencer yang sedang terkenal di kalangan masyarakat, hal ini dapat meningkatkan awareness masyarakat untuk kedua belah pihak. 

Misalnya, BTS x MCD, hal ini membuat antusias masyarakat tinggi sehingga memberikan sisi positif untuk kedua belah pihak. Tetapi, bukan berarti semua hal yang sedang terkenal di kalangan masyarakat bisa memberi dampak positif kepada produk kita. 

Mungkin hal itu bisa berdampak dengan antusias masyarakat, tetapi belum tentu akan berdampak terhadap produk kita. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memilih dan melakukan research lebih dalam terhadap perusahaan atau KOL yang ingin diajak untuk kolaborasi.

 Nah, kira-kira diatas adalah tips Digital Marketing ala Kimia Farma yang disampaikan oleh Mohammad Reiza pada Seminar "Digital Marketing Strategies and Tactics in Pharmacy Industry" Kamis (27/10). Tips diatas bisa kalian pakai untuk meningkatkan pemasaran produk kalian melalui platform media sosial. Tetapi perlu kalian ingat juga, bahwa tidak semua solusi bisa digunakan untuk semua masalah.

"One solution may work for this part, but not for the other part.", ujar Mohammad Reiza, Kamis (27/10).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun