Mohon tunggu...
Lyra Amanda Putri
Lyra Amanda Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University

Saya menggeluti bidang event planner, event organizer, dan public relation. Pelajaran yang saya dapat serta pengalaman yang saya miliki sebagai volunteer dan organisasi berhasil menemukan minat saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Analisis Potensi dan Tantangan di Dunia Pendidikan Indonesia

18 Februari 2024   11:49 Diperbarui: 18 Februari 2024   11:58 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu media sosial yang ramai digunakan oleh netizen, yaitu Facebook, telah melakukan perubahan nama menjadi Meta. CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platform Inc., diumumkan pada (29/10/2021). Proyek metaverse muncul dari gagasan Mark Zuckerberg yang melihat arah perkembangan internet di masa depan. Beliau beranggapan dunia virtual merupakan masa depan dari internet dan media sosial dengan penggabungan antara realita dan virtual.

Penjelasan Metaverse sendiri sulit untuk dijelaskan karena masih belum terealisasikan. Secara singkat, Mark Zuckerberg berpandangan bahwa Metaverse akan menjadi dunia internet yang dapat dimasuki dengan cerminan diri atau biasa disebut avatar, seolah-olah melihat, layar. Hal tersebut karena metaverse memiliki basis teknologi berupa Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Kata metaverse bukan sesuatu hal yang baru didengar, pertama kali diungkapkan oleh Neal Stephenson dalam novelnya yang berjudul Snow Crash pada tahun 1992. Istilah metaverse mengacu pada dunia virtual 3D yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi layaknya di dunia nyata. Teknologi ini sudah banyak digunakan dalam pembuatan film, game, dan robot pada saat ini.

Secara sederhana, metaverse adalah dunia virtual dimana orang-orang dapat bekerja, berinteraksi, melakukan perjalanan virtual dengan menggunakan headset virtual reality, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone, dan atau perangkat lainnya. Artinya, dengan adanya metaverse ini orang-orang akan lebih sering menggunakan teknologi untuk melakukan aktivitasnya.

Di Indonesia sendiri pengembangan metaverse melalui PT WIR Asia Tbk (WIR Group). Perusahaan ini bergerak pada teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI). Proses pengembangan ini melibatkan beberapa pihak, salah satunya WIR Group menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti sebagai langkah awal untuk pengembangan metaverse (Ikhwan & Murtadi, 2022).

Pengembangan metaverse dalam proses pembelajaran mengusung konsep virtual yang lebih interaktif melalui online atau daring. Metaverse memberikan pengalaman yang sama ketika proses pembelajaran secara langsung. Hal ini karena metaverse dapat memasukkan dunia nyata ke dalam dunia virtual bahkan diciptakan lebih menarik.

Implementasi Metaverse dalam Pendidikan 

Implementasi penggunaan metaverse dalam bidang pendidikan dilihat Augmented Reality dan Virtual Reality sebagai media pembelajaran. Augmented Reality mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time yang akan menampilkan objek virtual 3D ke dunia nyata. AR mampu menghasilkan objek maya yang dapat disentuh, dilihat dan dirasakan melalui dunia nyata. Sedangkan VR memanfaatkan grafik, suara, dan objek tiga dimensi lainnya yang dapat menghasilkan simulasi imaji. 

Implementasi teknologi AR dan VR dalam pembelajaran memberikan beberapa potensi yaitu, proses pembelajaran menjadi lebih menarik, memberikan pengalaman pembelajaran yang unik, serta meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Metaverse mampu menyediakan lingkungan yang sebelumnya belum pernah dilihat dan dikunjungi, contohnya siswa dapat mempelajari sejarah dengan periode waktu yang berbeda atau bahkan memasuki laboratorium berbahaya (Hirsh-Pasek, et al., 2022).

Teknologi metaverse masih dalam tahap pengembangan dan pengenalan, namun metaverse sangat berpeluang untuk menjadi solusi media pembelajaran interaktif karena dapat meningkatkan proses berpikir kritis. Siswa dapat memecahkan masalah nyata, mengikuti kegiatan dan menunjukan hasil karyanya tidak hanya di sekolah, namun di lingkup yang lebih luas dengan menggunakan internet dan media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun