Mohon tunggu...
Lwrnsia Viviane
Lwrnsia Viviane Mohon Tunggu... Lainnya - Viviane

Laurensia Viviane

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apasih Perbedaan Media Digital dengan Analog Media?

14 September 2020   05:38 Diperbarui: 14 September 2020   06:04 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: Caroll (2010)

Perbedaan digital dengan analog terlihat dari penggunaan medianya. Jika media analog dengan koran, tabloid dan lainnya sedangkan media digital dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang yaitu salah satunya menggunakan website, blog dan sebagainya. Selain itu perbedaan terlihat dari pembaca media digital lebih berfokus pada tulisan sedangkan pembaca media analog lebih berfokus pada gambar. Kemudahan menulis di media digital yaitu dengan mudahnya untuk mengedit suatu tulisan. 

Terdapat peran penting penulis online dalam media digital:

Komunikator pesan: penulis berperan penting dalam menyampaikan pesan secara provokatif, pintar, lucu menarik namun mendalam

Penyelenggara informasi: penulis harus mengetahui dan memutuskan informasi apa yang paling penting  dan apa yang tidak cukup penting. Sehingga dapat membantu pembaca dalam mendapat informasi

Penerjemah: pesan yang diberikan harus tepat

Kredibilitas 

Ketiga peran penting penulis online yang dijelaskan diatas seperti komunikator, penyelenggara dan penerjemah bergantung pada kredibilitas penulis. Bagaimana kredibilitas dibangun dan dipertahankan secara online.  Kepercayaan didasarkan pada anggapan bahwa media berita menyajikan berita dan peristiwa yang akurat tidak bias dan lengkap. (Meyer 1988)

Orang-orang yang mencari infromasi secara online menganggap bahwa apa yang mereka temukan di Web lebih dapat dipercaya daripada yang ditemukan di media tradisional. Semakin banyak pengguna yang membaca di Web, maka akan semakin tinggi penilaian kredibilitas mereka. 

Mayoritas pembaca blog mencari informasi untuk mendukung pandangan mereka dan menganggap infromasi yang mereka terima dari blog sebagai infromasi yang kredibel.

Bias 

Bias juga berkaitan dengan kredibilitas yaitu dengan adanya perspektif penulis dalam blog.

Identifikasi

Identifikasi merupakan konsep komunikasi yang membantu pembaca dalam memahami bagaimana blog dapat menghasilkan kepercayaan dari pembaca. Blog merupakan ranah bagi para jurnalisme dalam menghasilkan lebih banyak pembaca atau audiens dengan menawarkan lebih banyak ekspresi.

Transparansi 

Transparansi merupakan bentuk kesiapan mereka untuk mengakui kesalahan dan mempertimbangkan informasi baru yang masuk kedalam postingan mereka. Lembaga tradisional juga mulai menyadari pentingnya transparansi yang lebih besar lagi.

Akuntabilitas 

Akuntabilitas merupakan salah satu yang harus dilakukan dalam jurnalisme yang mengharuskan organisasi berita menjelaskan diri mereka atau lebih jelas mengenai interaksi bagaimana mereka beroprasi dan seperti apa layanan yang diberikan untuk kepentingan publik.

Meningkatkan kredibilitas 

Terdapat beberapa elemen yang dapat memberikan kepercayaan pengguna pada webnya atau situs mereka, yaitu :

  • Navigasi yang mudah digunakan
  • Desain situs yang menarik dan ramah bagi pengguna
  • Grafik yang berkualitas tinggi
  • Tulisan yang bagus
  • Informasi kontak yang lengkap dan kemudahan akses di setiap halaman
  • Pentautan di luar ke situs web lain yang relevan

Proyek kredibilitas Web lab menemukan bahwa berbagai keputusan desain mulai dari visual hingga arsitektur sangat mempengaruhi pengunjung. Seperti komunikator manusia, web juga mendapat nilai plus berdasarkan penampilannya. Beberapa temuan yaitu:

  • Kesan pertama secara online sangat penting karena orang menentukan kredibilitas sebuah situs berdasarkan seberapa profesional situs mereka, sehingga pastikan tidak ada salah ketik
  • Memiliki nama organisasi di URL
  • Desainer juga harus memastikan ada perbedaan yang terlihat antara infromasi dan iklan.
  • Semua harus bekerja yang artinya tidak ada tautan yang rusak

Faktor situs yang kredibel :

  • Terbukti memang berguna bagi pembaca
  • Memberikan tanggapan yang cepa tatas komentar yang diberikan pembaca
  • Terdapat daftar alamat fisik organisasi
  • Selalu dibaharui sejak kunjungan terakhir pembaca
  • Memberikan nomor telpon, email kontak 
  • Terlihat dirancang secara profesional
  •  Memberikan informasi yang komprehensif
  • Ada daftar penulis di setiap artikel
  • Memiliki artikel yang mencantumkan kutipan dan referensi
  • Ditautkan ke situs lain yang menurut anda kredibel
  • Adanya kebijakan privasi
  • Fitur desain yang sesuai dengan materi yang diberikan
  • Memiliki fitus yang digunakan oleh pembaca untuk mencari infromasi
  • Direkomendasikan oleh media berita seperti surat kabar
  • Memasang iklan radio, papan reklame atau media lain
  • Berisi opsi dan ulasan pengguna
  • Muncul di halaman pertama pencarian
  • Mengakui bahwa anda pernah mengunjungi situs tersebut sebelumnya
  • Menampilkan penghargaan dan dimenangkan
  • Memiliki URL yang berakhiran "org"
  • Memiliki iklan yang sesuai dengan tpoik yang dibaca

Menurut penelitian Stanford, kredibilitas berkurang di sebuah situs jika:

  • Iklan dan konten yang diberikan sulit dibedakan
  • Jarang ada konten baru
  • Mengotomatiskan ilan pop-up
  • Sulit dinavigasi
  • Ada tautan ke situs yang menurut anda tidak kredibel
  • Memiliki tautan yang tidak berfungsi
  • Adanya kesalahan ketik
  • Menggunakan nama domain yang tidak cocok dengan nama perusahaan
  • Mewakili perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan atau hukum
  • Adanya banyak iklan di setiap halaman
  • Membutuhkan langganan berbayar untuk mendapatkan akses
  • Memiliki tujuan komersial
  • Mengharuskan anda untuk mendaftar atau masuk di situs tersebut

Keterbacaan dan kemampuan memindai 

Ketidaknyamanan membaca melalui computer menjelaskan mengapa pengguna Web memindai konten dari pada membaca kata demi kata. Pemindai membutuhkan petunjuk arah dan sorotan. Untuk mempermudah pembaca maka konten harus dibentuk sedemikian rupa seperti menggunakan heading, deckhead, subhead, hyperlink, list, dan font sehingga dapat membantu pembaca Web karena teks yang panjang tidak akan terbaca. Pembaca online hanya ingin membaca sebanyak yang mereka perlukan saja, lapisan infoemasi ini dapat mencakup:

  • Judul, subjudul
  • Pengantar satu kalimat
  • Paragraf ringkasan singkat
  • Visual, foto dan grafik
  • Klip audio atau video
  • Tautan yang terkait
  • Cerita terkait

Nielsen dalam Caroll (2010) merekomendasikan beberapa karakteristik halaman untuk meningkatkan kemampuan memindai:

  • Sorot kata kunci yang ada dalam konten
  • Tautkan hypertext
  • Variasi jenis huruf
  • Gunakanan warna
  • Berikan poin-poin
  • Paragraph dengan masing-masing satu gagasan
  • Infromasi yang diberikan bergaya seperti piramida terbalik

Headlines

 Judul yang dominan sangat menarik perhatian pembaca saat memasuki halaman Web. Berbeda dengan foto, di media cetak foto menjadi titik masuk ideal dalam menarik pembaca

Headlines and decks 

Jika judul dicetak tebal dan disajikan dalam ukuran yang sama dengan deka tau uraian penjelasan dibawahnya, maka kedua teks akan terbaca oleh pembaca. Namun jika head lebih besar, dan teks uraian dibawahnya terpisah, maka pembaca akan melewatkan uraian tersebut.. berikut contoh yang memungkinkan akan terbaca

sumber: Caroll (2010)
sumber: Caroll (2010)

Connecting 

Sebagai penulis Web, mereka tidak hanya menyajikan narasi bagi pembaca, namun mereka membangun ruang. Karena itu setiap halaman situs harus menunjukkan atau menampilkan link atau rute untuk kembali ke beranda yang terlihat bahwa halaman tersebut juga terhubung atau terdapat situs yang lebih besar (beranda).Penulis juga harus mentatutkan ke konten terkait agar pembaca dapat membaca cerita berikutnya.

WWGD: What Would Google Do?

Semakin banyak kata kunci yang dapat diberikan oleh penulis Web, semakin banyak tempat yang dapat diraih oleh pembaca. Kata kunci memberikan kunci algoritma Google untuk menemukan infromasi yang dicari. Terdapat alat kata kunci seperti Google AdWords, Wordtracker.com , atau discovery.com.

Berpikir Interaktif, Menulis Internasional 

Penulis Web harus memanfaatkan Web sebagai ajak interaktif dan dibuat dengan mempertimbangkan target audiens internasional karena pengunjuk Web bisa datang dari mana saja.

Using List

Menggunakan list merupakan cara bagi penulis Web untuk menekankan suatu infromasi atau membantu pembaca mengikuti urutan tertentu, seperti hyperlink. Terdapat beberapa pedoman umum dalam membuat daftar seperti, sajikan item lists secara konsisten baik dalam tata bahasa, bentu kata, struktur, font, buatlah lists kurang lebih 6 hingga 8 item serta berhati-hatilah dengan tanda baca.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun