Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) melalui salah satu programnya mencetuskan adanya program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Kampus merdeka ini adalah kebijakan menteri pendidikan dan kebudayaan yakni bapak Nadiem Makarim melalui program Kampus merdeka memiliki tujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia pekerjaan. Melalui kampus merdeka ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari dan memilih mata kuliah yang akan diambil.
Hal ini didukung dan diikuti oleh beberapa instansi atau perguruan tinggi yang ada di indonesia sebagai program merdeka belajar untuk  menggali dan mengembangkan potensinya secara luas dan terbuka melalui kegiatan dan pembelajaran inovatif menggunakan teknologi informasi dan kemajuan teknologi lainnya. Sehingga melalui kampus merdeka ini dilakukannya konversi mata kuliah dalam mata kuliah yang dikontrak di perguruan tinggi.
Kampus merdeka ini mempunyai beberapa program yaitu kampus mengajar, magang, studi independent, pertukaran mahasiswa merdeka, wirausaha merdeka, bangkit, dan program lainnya. salah satunya yang penulis ikuti merupakan kegiatan kampus merdeka program Studi Independent ini adalah salah satu bagian dari program kampus merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas diluar kelas perkuliahan, program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang dicari juga oleh dunia usaha dunia industri.Â
Pada tanggal 18 Agustus 2022, saya berkesempatan mengikuti kegiatan studi tematik pada perusahaan NF computer di bidang akademi  digital marketing. NF Computer ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri teknologi. Aktivitas ini meliputi pembelajaran individu dan project akhir dalam bentuk tim. Pada pembelajaran individu, setiap peserta akan mengikuti kelas dalam bentuk online meeting. Peserta dapat berkonsultasi dengan expert terkait materi yang dipelajarinya. Selain itu, setiap peserta akan memiliki pembimbing proyek dan dapat berkonsultasi jika peserta menemui kesulitan non-akademik dalam mengikuti pembelajaran maupun ketika mengerjakan proyek.Â
Cakupan pembelajaran yang dilakukan adalah Customer Relationship Management, Web Design For Digital Marketing, Pengembangan produk, Kewirausahaan, Canvas model bisnis dan rencana bisnis, Konten marketing dan keyword research, Search Engine Marketing or advertising, Email marketing, Social media marketing, Strategi Digital marketing, Multimedia untuk Digital marketing, Â Search Engine Optimization dan web analitik, e-commerce dan marketplace, public relation dan publikasi online, grafic design untuk Digital marketing dan lain sebagainya. Pembelajaran dilakukan secara daring selama dari tanggal 18 agustus 2022 sampai dengan 31 desember 2022. Kegiatan pembelajaran ini masih berlangsung, banyak hal yang dipelajari dalam digital marketing ini dimulai dengan pemahaman awal atau dasar hingga ilmu praktikal yang dapat digunakan sebagai soft skill akademik digital marketing.Â
Pertemuan minggu ke -17 pada tanggal , kami melakukan final project sebagai implementasi bentuk hasil penerapan kegiatan pembelajaran kami selama 16 minggu bersama NF Computer. Final project ini terdiri dari beberapa grup. Kelompok saya membuat final project dengan tema Pemasaran produk hijab segiempat dan pashmina flovys hijab.Â
Untuk menyelesaikan kegiatan final project ini kami melakukan pembagian penugasan, pembagian final project ini disesuaikan dengan kegiatan yang pernah dilakukan dan dipelajari, kami memuat 5 media pemasaran digital yaitu pemanfaatan website sebagai media digital marketing, pemanfaatan konten SEO untuk branding produk, pemanfaatan akun media sosial instagram sebagai promosi dan branding produk, pemanfaatan akun media sosial facebook sebagai branding produk, dan pemanfaatan marketplace sebagai branding dan penjualan produk. Salah satunya media yang dikelola oleh saya sendiri yaitu pemanfaatan akun marketplace.
Berikut adalah pengelolaan marketplace, kegunaan dari marketplace dalam pemasaran digital ini sebagai branding pemasaran produk hijab kepada para pengguna akun marketplace yang dimana dibantu dengan adanya fitur short video sebagai pembuatan ide konten promosi. Dalam hal ini menggunakan marketplace juga dapat menjadi satu pilihan kami untuk membranding produk pemasaran hijab flovys dengan adanya insight dan tinjauan produk dapat menjadi proses analisi kami mengenai toko dan produk yang kami pasarkan. Marketplace ini juga dapat membantu kelompok final project kami dalam melakukan branding produk atau usaha bisnis kami dengan berhasil mengelola 16 akun pengikut baru selama 4 minggu proses pemasaran berlangsung. Kegiatan promosi pemanfaatan media digital marketing yang kami gunakan tentunya dengan melakukan share kepada grup internal dan eksternal dari akademik digital marketing.
Kegiatan studi independent ini memiliki banyak manfaat yang dapat dimiliki oleh berbagai kalangan mahasiswa di indonesia. manfaat ini menjadi satu keahlian yang didapatkan di lintas kategori prodi yang dapat menampung peminatan terhadap hal-hal yang ingin dipelajari. Cakupan kategori kampus merdeka ini sangatlah luas, dan dapat diikuti berdasarkan skill yang ingin dimiliki dan juga pengalaman baru yang bermanfaat. Kampus merdeka studi independen batch 3 ini banyak memberikan kesan baik dan pengalaman yang bermanfaat untuk saya sendiri. Akhir dari kegiatan kami memiliki wawasan yang cukup dan pengalaman yang cukup dibekali soft skill dari tempat kami belajar yaitu NF Computer. Terimakasih Kampus Merdeka, Terimakasih Studi Independen Batch 3, Terimakasih NF Computer telah memberikan kesempatan dan peluang untuk mahasiswa/i di Indonesia terus mengasah kemampuan yang harus dimiliki di era digital ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H