KKNMOTIF - 01 Desember 2021. 12:00 WIB
KARAWANG - Acara KKN, yang merupakan kepanjangan dari Kuliah Kerja Nyata adalah salah satu program tahunan rutin yang diselenggarakan oleh setiap kampus atau perguruan tinggi di Indonesia. Tak terkecuali kampus Universitas Singaperbangsa Karawang. Terdapat  judul yang beragam untuk program KKN di tahun 2021 ini.Â
Salah satunya KKN Motif atau Monopoli Kognitif. Diantara banyaknya judul yang ada, mahasiswa dibebaskan untuk memilih judul sesuai dengan minatnya masing-masing. KKN Motif dibimbing langsung oleh salah satu dosen dari program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), beliau adalah Ibu Nancy Riana, S.Pd., M.Pd.
- Apa, sih Monopoli Kognitif itu?
Monopoli Kognitif adalah suatu permainan yang sejenis, dengan monopoli pada umumnya. Permainan Monopoli Kogntif juga menggunakan dadu dan bidak dalam permainannya.Â
Bedanya dengan monopoli biasa adalah, petak-petak yang tersedia di dalam monopoli biasa, diganti dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kognitif anak. Seperti mengenal penjumlahan, pengurangan, nama hewan, mengenal buah-buahan, dan lain-lain.Â
Para mahasiswa peserta KKN, dibebaskan untuk berkreasi dalam membuat media. Asalkan tetap berkiblat pada tema utama yaitu, Monopoli Kognitif. Media Monopoli Kognitif, diharapkan dapat menjadi inovasi dalam pembuatan media pembelajaran untuk guru TK/PAUD lainnya. Â Â
- Permasalahan yang Ada di Sekolah Mitra KKN
"Karena masih dalam masa pandemik seperti ini, permasalahan yang paling utama dirasakan oleh setiap sekolah adalah lebih kepada kognitif siswa", ujar Nancy Riana selaku dosen pembimbing lapangan tim KKN MOTIF.
Ibu Nancy juga menambahkan, berdasarkan permasalahan mitra tersebut sekolah mitra membutuhkan sebuah media yang dapat merangsang perkembangan kognitif anak. Baik dalam berpikir kritis, berpikir simbolik, atau belajar mengenal gambar, serta menghitung angka.
Setelah mengetahui kebutuhan sekolah mitra, maka tim KKN membuat dua media yaitu Warna Pintar dan Monopoli Pintar, yang dimana kedua media tersebut dapat merangsang perkembangan kognitif siswa.
"Warna Pintar adalah permainan sejenis ular tangga yang menggunakan dadu dan bidak. Dalam permainan warna pintar terdapat 100 kotak dengan masing-masing memiliki warna dan pertanyaan yang berbeda", ujar Yerika selaku anggota tim KKN sosialiasi MOTIF.
"Monopoli Pintar ini merupakan permainan monopoli yang tidak jauh beda seperti monopoli pada umumnya, hanya saja sedikit berbeda dalam konsep dan aturan permainannya. Tujuan dari media permainan monopoli pintar ini, untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan bantuan media yang dimana anak dapat bermain sambil belajar untuk mengasah kemampuan kognitifnya", ujar Rahma Pratiwi selaku anggota tim KKN sosialisasi MOTIF.
Â
Setelah media berhasil dirancang, tim KKN pun melaksanakan webinar yang dihadiri oleh para guru dari TK/PAUD se Desa Bengle.
Apresiasi pun disampaikan oleh Ibu Uar Wartini selaku kepala TK Az-Zahra 2, "Materi yang disampaikan bagus", ujarnya setelah mengikuti serangkaian acara webinar. Kemudian Ibu Raden Nurcahyani S.Pd. dari TK Mahabbah juga berharap agar lebih banyak lagi dilakukan acara sosialisasi seperti ini untuk menambah wawasan para Guru lainnya.
Setelah kegiatan webinar selesai, tim KKN Motif beserta Ibu Nancy Riana selaku dosen pembimbing lapangan pun memberikan apresiasi kepada TK Az-Zahra 2, yang diwakili oleh Ibu Uar Wartini. Apresiasi yang diberikan, berupa penyerahan plakat sebagai tanda kenang-kenangan.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H