RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Pengertian Psikologi Pendidikan
Secara harfiah atau etimologis, psikologi pendidikan berasal dari kata "psyche"  yang  berarti  jiwa  dan  "logos"  yang  berarti  ilmu.  Psikologi pendidikan sebagai bagian integral dari disiplin ilmu psikologi berupaya menggunakan konsep atau pronsip-prinsip psikologis dalam memecahkan masalah dalam dunia pendidikan.
Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Ruang lingkup psikologi pendidikan menurut Soerjabrata berada dalam peninjauan secara statis, kajian psikologi tentang siswa dalam dunia pendidikan mencakup tentang gejala jiwa dan tingkah laku umum. Sedangakan dalam peninjauan dinamis, psikologi mencakup kajian psikologi  tentang  individu  siswa  dalam  proses  pendidikan,  yakni perubahan tingkah laku.
Tujuan mempelajari Psikologi Pendiidkan
Dengan adanya psikologi pendidikan diharapkan Peserta  didik  memperoleh  keterampilan  tertentu  seperti  keterampilan dalam berkomunikasi, meningkatkan  proses  pembelajaran  yang  lebih berkualitas, berkembangnya kognitif, afektif dan skill sebagai hasil dari proses pendidikan.
Kompetensi Guru
Menurut  UU  No.  14  Tahun  2005,  Guru  merupakan  pendidik profesional dengan tugas utama mendiidk, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.Â
Sedangkan kompetensi diartikan sebagai seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dikuasai oleh guru dan dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.Â