Pengertian Motivasi
Dalam belajar setiap peserta didik memerlukan prestasi untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. Motivasi merupakan sesuatu yang dapat mendorong seseorang untuk mengerjakan sesuatu. Jika pengertian motivasi dikaitkan dengan aspek pendidikan/pembelajaran seseorang, maka dapat dirumuskan sebagai kemauan peseta  didik  untuk  mengerjakan  tugas-tugasnya agar  tujuan  pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Teori Motivasi Dalam Belajar
Heckhausen, Motivasi dalam belajar merupakan sutau dorongan yang terdapat dalam diri perserta didik yang selalu berusaha atau berjuang untuk mengingkatkan atau memelihara kemampuan setinggi mungkin dalam semua aktivitas dengan menggunakan standar keunggulan, yaitu ;Standar keunggulan diri, standar keunggulan tugas, Standar keunggulan siswa lain.Â
Sedangkan Atkinson mengemukakan bahwa diantara kebutuhan hidup manusia terdapat kebutuhan untuk berprestasi, yaitu dorongan untuk mengatasi hambatan, melatih kekuatan, dan berusaha untuk melakukan seuatu pekerjaan yang sulit dengan cara yang baik dan secepat mungkin.Â
Semakin besar harapan seseorang terhadap suatu objek dan makin tinggi nilai objek itu bagi orang tersebut, maka semakin besar pula motivasinya.
Peranan Motivasi Dalam Belajar
a. Menentukan penguatan belajar
Motivasi dapat berperan dalam penguatan belajar apabila peserta didik dihadapkan pada suatu masalah yang memerlukan pemecahan, dan hanya dapat dipecahkan berkat pengalaman yang telah dilaluinya.
b. Memperluas tujuan belajar
Dengan motivasi yang tinggi peserta didik akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajari itu dapat dimanfaatkan bagi kehidupannya sehari-hari. Contohnya peserta didik akan termotivasi belajar bahasa inggris karena tujuan belajar bahasa inggris itu bisa menambah kekayaan bahasa dan dapat digunakan untuk berkomunikasi secara internasional.
c. Menentukan ketekunan belajar
Dengan motivasi Yang tinggi peserta didik akan berusaha mempelajari pelajaran dengan baik dan tekun, dan berharap memperoleh nilai yang baik. Dengan demikian, akan terlihat bahwa motivasi yang tinggi dapat menyebabkan peserta didik untuk tekun belajar.
d. Mengontrol tingkah laku.
Hal ini dapat diketahui mengapa seseorang menyenangi suatu objek begitu juga sebaliknya. Dengan demikian peserta didik Yng memiliki motivasi yang tinggi akan mengontrol tingkah lakunya dari apa yang menyebabkan dirinya gagal.
Adapun ciri ciri peserta didik yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi yaitu bertanggung-jawab, memilih tujuan realistis yang lebih menantang dan memili resiko yang besar, mandiri, bekerja keras dan bersaing untuk mengungguli orang lain, Mampu menangguhkan pemuasan keinginannya demi masa depan yang lebih baik.
Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah : mencipatakan suasana kompetensi yang tinggi, menetapkan standar keunggulan (standard of excellence), mengembangkan sikap belajar yang baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H