Perkenalkan saya Lusy Rahmawati mahasiswa universitas Nahdlatul ulama Surabaya. Saya dari fakultas ekonomi bisnis Dan teknologi digital dengan prodi S1 manajemen. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang cara memanage waktu.
Manajemen waktu adalah hal yang paling penting. Karena kebanyakan orang-orang sukses adalah orang yang mampu memanage dirinya dari hal yang paling dasar yaitu manajemen waktu. Kata pepatah " WAKTU ADALAH UANG " Maksudnya dalam melakukan sesuatu hendaklah menghargai waktu karena waktu yang terbuang tidak dapat kembali. Manajemen waktu mengajarkan untuk dapat disiplin terhadap waktu.
Memiliki manajemen waktu yang baik merupakan hal yang sangat penting, dengan memanage waktu yang baik, kita bisa melaksanakan berbagai macam tugas atau kegiatan dengan baik dan teratur. Akan tetapi 24 jam 1 hari itu sangat cepat dan saya merasa belum melakukan tugas-tugas dengan baik.
Terkadang saya sering lalai dalam memanfaatkan waktu sehingga saya merasa setres dikejar deadline dan kecewa, merasa tidak berarti karena menghabiskan waktu begitu saja tanpa melakukan apapun mengabaikan tugas dan aktivitas yang seharusnya dikerjakan.
Menurut pengalaman saya, memanage waktu sangat diperlukan. Sebagai mahasiswa saya perlu mengasah softskill dibidang lain dan belajar dengan teman lain yang lebih pintar. Saya memiliki kegiatan utama yaitu kuliah. Kuliah bukan hanya datang belajar dan pulang. Tetapi ada tugas yang diberikan dosen dan harus dikerjakan dalam tenggat waktu yang diberikan. Saya memiliki jam kuliah yang bervariasi kadang pagi, siang, sore tergantung jadwalnya. Belum lagi mengerjakan tugas dari dosen. Ditambah lagi dengan berfikir untuk menambah pemasukan atau menghemat uang. Jadi harus benar-benar mampu untu memanage waktu.
Dari pengalaman tersebut saya perlu memahami bagaimana cara mengatur dan mengelola waktu yang baik secara efektif dan efisien dengan cara menerapkan manajemen waktu yang baik.
Menginjak tahun ajaran baru seperti tahun kemarin, saya harus bisa beradaptasi. Saya kira kuliah itu enak tidak seperti sekolah dari pagi sampai siang. Tetapi setelah dialami kuliah lebih menguras banyak waktu dan tenaga, apalagi saya kuliah di luar kota sudah pasti jauh dari orang tua.Â
Yang sebelumnya saya tinggal bersama orang tua sekarang saya tinggal sendiri dikos dan ini butuh adaptasi yang banyak dan kemandirian. Awalnya sulit tapi lama-lama saya mulai terbiasa. Saya juga harus bisa membagi waktu untuk kuliah, mengerjakan tugas, berorganisasi dan tugas lainnya pokonya harus bisa lebih mandiri. Tetapi adaptasi juga harus mempertimbangkan kemampuan tenaga kita. Jangan sampai dengan banyaknya kegiatan justru kesehatan kita terganggu dan jatuh sakit karena tidak ada waktu untuk istirahat. Kalau bisa kita harus menyeimbangkan antara kegiatan dan istirahat pola makan juga harus tetap dijaga.
Saya biasany memanage waktu dengan hal berikut :Â
1. Membuat jadwalÂ
 Jadi sebelum saya melakukan aktivitas saya memikirkan hal apa saja yang akan saya lakukan hari ini.
2. Membagi waktuÂ
Misal, jam 5 saya harus bangun untuk sholat shubuh lanjut memasak, sarapan pagi dan siyap-siyap untuk berangkat kuliah kalau ada kelas pagi setelah kuliah bisa istirahat sebentar sambil makan siang dan malamnya bisa digunakan untuk belajar.
3. Memprioritaskan yang utama
Misal, saya besok UTS jadi saya harus mempersiapkan UTS dengan cara belajar.
4. Tidak menunda pekerjaanÂ
Rasa malas sering menghatui sehingga apa yang saya rencanakan dari awal tidak sesuai ekspektasi. Karena rasa malas yang lebih besar daripada niat saya hehehe. Benturan waktu bisa terjadi saat saya sering membiarkan pekerjaan menumpuk. Karena dengan banyaknya tugas kuliah tidak akan bisa dikerjakan dengan waktu semalam kalaupun bisa pasti hasilnya tidak maksimal.
5. Konsisten
Seperti saya mau mengerjakan tugas tetapi teman saya mengajak untuk keluar refreshing, maka saya harus bisa menolak agar tugas saya cepat selesai.
6. Mengevaluasi hasil
Apakah saya sudah melaksanakan semua apa yang sudah saya jadwalkan?? Kalau Masi ada yang kurang saya harus bisa memperbaikinya.
Itulah cara saya dalam memanage waktu. Kalau dikoreksi masih banyak kurangnya, tetapi saya akan berusaha belajar agar bisa mengatur waktu atau memanage waktu dengan baik.
Ketika  saya lelah saya butuh tidur sejenak lalu bangun dalam keadaan fresh untuk mengerjakan tugas. Disela-sela waktu luang seperti hari libur biasanya saya melakukan kegiatan untuk menyenangkan diri seperti menonton film, membaca novel, dan mendengarkan musik.
Karena memanage waktu bukan hanya sekedar membagi waktu untuk kegiatan saja tapi dibutuhkan waktu untuk diri sendiri juga. Kesehatan mental juga tidak kalah penting bagi saya. Terkadang muncul pikiran negatif seperti pesimis dan selalu menyerah diawal padahal saya belum pernah mencobanya. Sehingga saya menyempatkan untuk mengambil waktu tenang agar melakukan tugas lain dengan Baik. Dan berkomitmen dalam diri agar selalu dalam kondisi baik dan tidak panik dalam melakukan hal yang lain.
Saya pernah membaca cara memanage waktu dengan efektif yaitu :
1. Meningkatkan kemampuan komunikasi
2. Belajar selalu fokus
3. Membuat perencanaan atau membuat jadwal kegiatan
4. Memprioritaskan kegiatan tertentu
5. Berani mengambil keputusan
6. Mencari kata-kata untuk memotivasi diri
7. Menyusun skala prioritas
8. Memanfaatkan tols time manajemen
9. Berhenti menunda-nunda pekerjaan
10. Mencari waktu luang untuk bersantaiÂ
Kesimpulannya, kita harus sebisa mungkin memanage waktu agar kegiatan yang Sudah kita rencanakan berjalan dengan baik. Kita seorang mahasiswa harus punya pandangan untuk maju dan sukses. Nah itu dimulai dari memanajemen waktu dengan baik.
Nama : Lusy Rahmawati
Nim : 3230022056
Prodi : S1 Manajemen
Universitas Nahdlatul ulama Surabaya
Tugas UTS Bahasa IndonesiaÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H