Mohon tunggu...
Lusy Mariana Pasaribu
Lusy Mariana Pasaribu Mohon Tunggu... Dosen - Ada beberapa hal yang dapat tersampaikan tentang apa yang dirasa dan dipikirkan

Memerdekakan hati sendiri itu penting!

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Jika Bertahanku Itu adalah Sakitmu

11 Maret 2021   00:00 Diperbarui: 11 Maret 2021   00:01 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tiga, empat, dan tujuh Maret adalah rentetan waktu di mana kita berjeda, berjarak dan meninggalkan. Tak ada lagi kesediaan untuk menerima. Tak ada lagi percakapan yang berenergi.

Jika bertahanku itu adalah sakitmu, aku ikhlas kamu pergi. Aku yang memaksakan diri. Aku yang egois jika meletakkan kebahagiaanku padamu.

Bukan pula hanya berpura-pura membiarkanmu pergi. Jika tidak denganku, kamu tidak tersiksa dan bisa merasakan bahagia. Biarlah aku yang menahan rasa sakit ini, aku harus bebaskan dirimu. Kamu tidak harus bertanggung jawab atas keterbatasanku.

Lukaku tak akan lebih dalam. Aku hanya memilih diam dan menepi. Jika setelah tidak denganmu, mencintai dan dicintai bukan menjadi bagianku, aku akan mempersiapkan diri untuk itu.

Aku tak akan bertahan dalam keegoisan. Menahanmu untuk bersamaku. Jika bertahanku itu adalah sakitmu, lebih baik duniaku tanpa kamu. Aku tak ingin menjadi beban hidup untukmu.

Aku pasrah.
Karena cinta dan mencintai bukan melulu tentang kepemilikan.

***
Rantauprapat, 10 Maret 2021
Lusy Mariana Pasaribu

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun