LK 3.1 Menyusun Best Practices
Â
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN SEDERHANA DI TK GIOVANNI DESA KUPANG BARU
Â
Â
 OLEH :
Â
Â
THRESINA LUSIANTI, S.Pd
NIM : 121172320857
Â
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
TK Giovanni
Lingkup Pendidikan
PAUD
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan minat belajar anak saat pembelajaran dikelas
Penulis
Thresina Lusianti
Tanggal
25 Nopember 2023
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
- Kondisi latar belakang masalah
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah  Berdasarkan hasil observasi yang ada pada kelompok B usia 5-6 Tahun dari 11 anak sebagian besar menunjukkan bahwa anak kurang aktif dan mudah bosan saat pembelajaran berlangsung. Hal ini terjadi karena adanya faktor penyebabnya yakni guru yang belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan hanya menggunakan buku dan metode ceramah ketika menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga anak-anak merasa cepat bosan dan tidak terlibat aktif saat pembelajaran. Informasi yang diberikan hanya berfokus pada langkah-langkah pengerjaan lembar  kerja anak sehingga tujuan pembelajaran yang dilakukan hanya terbatas pada penyelesaian lembar kerja sesuai dengan instruksi yang diberikan guru. Untuk itu guru mencari metode pembelajaran yang inovatif untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode ekperimen sederhana.
- Mengapa praktik ini penting dibagikan
Praktik ini penting untuk dibagikan karena penerapan metode pembelajaran yang inovatif akan membuat minat belajar anak meningkat. Praktik ini juga perlu saya bagikan karena ingin melakukan perubahan ke pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didik seperti, menggunakan metode eksperimenn sederhana dapat membuat anak terlibat  aktif dalam pembelajaran, anak mampu mengekspresikan setiap keingintahuan dan pengalamannya langsung saat melakukan percobaan sendiri. Menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dan di harapkan bisa memotivasi diri saya dan menstimulus anak untuk untuk perkembangan pada aspek lainnya. Dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada teman sejawat di sekolah untuk melakukan model pembelajaran yang lebih inovatif, memberikan contoh serta bahan referensi pada teman sejawat lainnya untuk melakukan pembelajaran yang lebih inovatif.
- Apa peran anda dalam praktik ini
Peran saya pada praktik ini yakni sebagai pendidik yang perlu menyelesaikan masalah ini. Karena permasalahan ini terjadi di kelas saya. Dalam praktik ini peran saya sebagai guru adalah :
- Melalukan diskusi dengan dosen dan guru pamong
- Melakukan pencarian kajian literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang saya identifikasi
- Wawancara dengan teman sejawat, kepala sekolah dan Pengawas TK
- Membuat perencanaan perangkat pembelajaran
- Menentukan media pembelajaran apa yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan agar permasalahan diatas bisa diselesaikan yaitu dengan metode pembelajaran eksperimen sederhana.
- Menyiapkan perangkat pembelajaran, media, alat dan bahan pembelajaran yang sesuai dengan aspek yang ingin dikembangkan,
- Menyiapkan LKPD
- Melakukan Evalusi
- Melaksanakan Aksi Proses Pembelajaran yang sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah di buat
- Melakukan refleksi setelah selesai melaksanakan kegiatan praktik pembelajaran.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
- Apa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut
- Pengelolaan waktu yang belum terkoordinir dan tidak tersusun dengan baik.
- Guru belum cakap dalam menyampaikan materi dengan tepat.
- Pengaturan ruangan kelas yang kurang tepat.
- Ada anak yang belum berani menjawab pertanyaan guru, masih malu-malu.
- LKPD kurang menarik bagi anak.
- Â
- Siapa saja yang terlibat
Proses pelaksanaan kegiatan ini melibatkan peserta didik, teman sejawat, kepala sekolah, pasangan ( suami ) , serta orang tua murid yang memberikan motivasi dan bersedia membantu dalam proses kegiatan. Dosen, guru pamong dan teman mahasiswa yang selalu memberikan masukan-masukan pada perangkat pembelajaran ataupun kegiatan yang akan dilaksankan.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
- Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan
- Langkah yang saya lakukan dalam menghadapi tantangan ini adalah :
- Guru dapat mengatur  waktu dengan baik agar saat kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan RPP yang dirancang.
- Guru harus melatih diri dalam berkomunikasi dengan baik dengan peserta didik, sehingga dapat menyampaiakan materi dengan jelas dan mudah dimengerti oleh peserta didik
- Guru hendaknya mengatur ruang kelas dengan menarik dan tidak terfokus hanya pada satu posisi. Sehingga anak dapat bebas bergerak secara aktif.
- Guru harus memberi motivasi positif pada anak yang masih malu, dan alangkah baiknya jika guru selalu memberi apresiasi pada anak walaupun hanya dengan kata-kata pujian.
- Guru hendaknya membuat LKPD yang lebih kreatif sehingga anak lebih tertarik.
- Strategi yang digunakan
- Strategi yang digunakan dalam kegiatan praktik ini yakni dengan memilih metode pembelajaran yang menarik yaitu dengan menerapakan metode eksperimen sederhana.
- Bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat
- Membuat RPP
- Menyiapkan alat dan bahan pembelajaran
- Melaksanakan pembelajaran
- Melakukan penilaian
Yang terlibat dalam proses ini yakni saya sebagai pendidik, teman sejawat dan anak didik.
- Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
- Suber daya yang dibutuhkan yakni
- Kuota internet dalam mempelajari pembuatan rancangan pembelajaran.
- Alat dan bahan untuk eksperimen.
- Sumber daya manusia yakni teman sejawat dibutuhkan untuk mendukung praktik ini.
Â
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
- Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan
- Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan yakni anak didik antusias, terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran dan teman teman pendidik jadi termotivasi untuk selalu menstimulasi perkembangan anak dengan berbagai metode dan media pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai.
- Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif
- Dari proses pembelajaran sampai pada penilaian saya meyakini bahwa hasilnya sudah efektif dalam meningkatkan minat belajar anak. Walaupun guru kurang efektif dalam pemanfaatan waktu pembelajan dengan baik.
- .
- Mengapa
- Dari hasil pengamatan unjuk kerja dan penilian ceklist sudah sangat baik. Diperoleh hasil yang menunjukan ada penimgkatan minat belajar anak ,anak sangat aktif dan antusias saat belajar,seperti yang menjadi tujuan pembelajaran.
- Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan
- Respon orang lain pada praktik ini positif dan mengapresiasi. Misalnya,dari rekan sejawat yang ikut terlibat dalam proses pembelajaran ingin belajar cara membuat RPP yang tepat dan ingin belajar merancang pembelajaran yang inovatif seperti yang saya buat walaupun hanya sederhana. Rekan sejawat tersebut ingin mengimplementasikan pembelajaran yang inovatif dikelas dimana dia mengajar. Dari orang tua peserta didik juga memberi apreasi kepada guru karena melihat anaknya sangat aktif saat kegiatan pembelajaran.
- Apa yang menjadi faktor keberhasilan
Melalui metode yang kita gunakan apakah membuat anak tertarik atau tidak, serta memberikan rasa penasaran kepada anak apa yang akan dilakukan oleh guru. Kemudian kegiatan atau permainan yang kita siapkan apakah membuat anak bosan atau menyenangkan. Dengan begitu anak dengan sendirinya ingin melakukan permainan tersebut tanpa ada dorongan atau paksaan dari orang lain. Dan terlihat jelas ketika pembelajaran inovatif berlangsung anak-anak sangat antusias dan senang saat melakukan eksperimen sederhana. Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen sederhana adalah untuk pertama kali dilaksanakan ditempat saya mengajar.
- .
- Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut yaitu untuk meningkatkan minat belajar  anak, kemudian menentukan perencanaan yang matang untuk menumbuhkan rasa keingintahuan anak pada macam-macam eksperimen serta penggunaan metode dan media yang tepat sehingga tercapai
tujuan yang  kita harapkan. Guru harus selalu kreatif dalam menggali ide untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran. Jangan pernah putus asa dalam setiap tantangan yang dihadapi guru dan selalu semangat dalam menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H