Mohon tunggu...
Lulut Istuning Banowati
Lulut Istuning Banowati Mohon Tunggu... Guru - Guru BK SMKN 3 Jombang

Berusaha menjadi manusia yang lebih baik dengan berusaha yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR

24 Januari 2023   12:54 Diperbarui: 24 Januari 2023   13:11 530
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Cerita praktik baik (Best Practice) menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi aksi dan dampak)  terkait pengalaman mengatasi permasalahan siswa dalam layanan Bimbingan Klasikal dengan tujuan siswa mampu memahami pentingnya manajemen waktu serta mampu membuat jadwal kegiatan sehari-hari dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan displin.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

Berdasar DCM pada 35 siswa kelas X DPIB 1 menyatakan 60% atau 21 siswa sering merasa mengantuk. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, para siswa tersebut menyatakan bahwa mereka sering mengantuk di kelas saat jam pelajaran. Pernyataan yang sering muncul adalah disebabkan karena kurang tidur, diantaranya adalah disebabkan mereka tidur hingga larut malam karena mengerjakan tugas-tugas sekolah atau berkegiatan lainnya. Dalam hal ini menunjukkan bahwa siswa belum mampu memahami dan menerapkan pengelolaan / manajemen waktu yang baik.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan :

Menerapkan layanan bimbingan klasikal dengan tehnik PBL, diskusi kelompok sangat penting untuk memberikan pemahaman akan manajemen waktu pada peserta didik, dan hal ini mungkin juga dialami oleh peserta didik bapak/ibu guru bimbingan dan konseling lain di sekolah masing-masing. Oleh karena itu, harapan saya selain ini menjadi motivasi dan solusi untuk saya pribadi, juga ingin membagikan praktik baik ini agar bisa dijadikan motivasi juga referensi bagi rekan-rekan guru yang mengalami hal sama. Sehingga memberikan dampak positif pada kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan ke depannya.

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini yaitu :

Sebagai seorang guru bimbingan dan konseling bertanggung jawab untuk bisa melakukan layanan bimbingan dan konseling secara efektif sehingga tujuan dari layanan bimbingan klasikal dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun cara agar tujuan tersebut tercapai yakni dengan mengimplementasikan model layanan yang tepat dan inovatif sesuai dengan indikator dan tujuan layanan, juga menggunakan metode layanan yang sesuai.

Tantangan untuk mencapai tujuan adalah :

  • Selama ini pendidik cenderung menggunakan metode caramah dalam proses bimbingan
  • Guru bimbingan dan konseling merasa kesulitan dalam membuat media inovatif dan kreatif dalam pembelajaran

Pihak yang terlibat adalah :

  • Peserta didik sebagai sentral dalam proses layanan bimbingan klasikal
  • Teman sejawat yaitu Guru BK, Wali kelas, Guru Mapel, Kepala program keahlian yang memberikan dukungan, saran dan solusi sehingga kegiatan layanan berjalan dengan baik
  • Kepala sekolah sebagai pucuk pimpinan di sekolah yang selalu mensupport dan membimbing setiap kegiatan

Langkah-langkah/ strategi yang dilakukan dalam menghadapi tantangan adalah :

  • Langkah-langkah yang saya lakukan mulai dari mencari tahu penyebab masalah serta akar penyebab masalah sering mengantuk di kelas pada peserta didik, kemudian menentukan solusi pemberian layanan dengan mencari dan menentukan teknik yang sesuai, selanjutnya menyusun perangkat pemberian layanan, mulai dari RPL, bahan ajar/materi, LKPD, rubrik evaluasi, dan rencana tindak lanjut. Selanjutnya pemberian layanan dilaksanakan sesuai dengan RPL yang telah dibuat dengan penyajian video-video motivasi serta menggunakan metode dinamika kelompok agar suasana kelas lebih hidup dan materi lebih bisa tersampaikan dengan baik.
  • Strategi yang guru bimbingan dan konseling lakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik agar pemahaman peserta didik terkait layanan bimbingan tidak membosankan yaitu menggunakan media power point yang kreatif untuk menarik perhatian peserta didik untuk membaca, juga menggunakan video pembelajaran yang ditampilkan dengan menggunakan proyektor agar lebih menarik perhatian peserta didik.


Yang terlibat dalam proses adalah :

  • Guru bimbingan dan konseling, peserta didik dan teman sejawat
  • Sumber daya / materi yang diperlukan :
  • Media alat tulis, lembar LKPD,lembar hasil proses dan lembar hasil evaluasi, gadget, kamera perekam, LCD, pengeras suara, clip on, naskah layanan

Materi :

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan yaitu :

  • Peserta didik sudah mampu secara berkelompok untuk berdiskusi menyelesaikan suatu masalah
  • Peserta didik menjadi lebih terbiasa dalam proses layanan bimbingan dan konseling
  • Peserta didik dapat menyampaikan pendapatnya dan permasalahan yang dialamai hingga terbantu mengentaskan permasalahan meski belum sempurna


Keefektifan hasil :

  • Hasilnya efektif, karena dari hasil pendapat peserta didik pada google form menunjukkan bahwa peserta didik sangat antusias saat proses layanan berlangsung mulai dari awal hingga akhir sehingga tujuan layanan bisa tercapai.
  • Layanan klasikal dengan tema "Manajemen Waktu" yang telah dilakukan hasilnya sangat efektif. Terlihat dari evaluasi hasil yang di isi oleh peserta didik setelah layanan dilaksanakan, menunjukkan bahwa peserta didik merasa termotivasi, lebih memahami bagaiamana mengatur waktu dengan baik, mendapat pengetahuan baru dan merasa senang karena mampu mengatasi permasalahannya dalam mengelola waktu

Respon orang lain terkait strategi yang dilakukan :

  • Peserta didik merasa senang dan terbantu dengan adanya layanan klasikal yang telah diberikan oleh guru bimbingan dan konseling
  • Peserta didik sangat antusias dalam mengikuti layanan terlihat jelas saat awal tahapan, dalam diskusi kelompok, hingga akhir tahapan
  • Teman sejawat serta guru mapel memberikan masukan yang positif yaitu dengan adanya layanan klasikal ini peserta didik lebih mempunyai gambaran tentang bagaimana mengelola waktu dengan baik.
  • Kepala Sekolah sebagai atasan sangat mensupport untuk lebih sering dilaksanakannya layanan bimbingan bagi peserta didik dengan tema yang berbeda dan sesuai bagi yang dibutuhkan untuk perkembangan peserta didik.

Faktor keberhasilan :

  • Faktor keberhasilan dari kegiatan layanan bimbingan klasikal ini dilihat dari jawaban siswa pada google form  adalah siswa mendapatkan pemahaman tentang pentingnya mengatur waktu dengan baik, hal ini menunjukkan bahwa layanan dan materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
  • Peserta didik juga bekerja sama dengan sangat baik sehingga layanan berjalan dengan lancar. Dari hasil evaluasi, peserta didik menyatakan bahwa sangat puas akan layanan dan materi yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dan berharap semakin sering mendapatkan layanan bimbingan dengan materi-materi yang lain.


Pembelajaran dari keseluruhan proses :

  • Sebagai  guru bimbingan dan konseling harus lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan indikator materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan menarik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun