Mohon tunggu...
Luluk Isnawati
Luluk Isnawati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menyukai tantangan dan hal-hal baru yang dapat meningkatkan kompetensi diri dan memperbaiki karakter

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Mengintegrasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah

25 Januari 2025   19:25 Diperbarui: 25 Januari 2025   19:19 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Alur Peta Konten Integrasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran

Mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama di madrasah merupakan upaya untuk mengembangkan pikiran, pandangan, dan sikap peserta didik agar dapat menerima dan terbuka terhadap keragaman Indonesia (baik agama, budaya, suku, bahasa, dan keragaman lainnya) serta menghindari konflik atau prasangka subyektif karena kategori sosial (stereotipe) seperti gender, warna kulit, dan faktor disabilitas.

Peta Konten Integrasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran:

Pendidik dapat mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama di madrasah dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran akidah akhlak di madrasah tsanawiyah, pendidik dapat mengintegrasikan sub-sub indikator moderasi beragama dalam proses pembelajaran akidah akhlak.

Capaian Pembelajaran Akidah Akhlak Fase D

Berikut Capaian Pembelajaran (CP) pada Fase D berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 3302 Tahun 2024:

Pada akhir fase D (Kelas VII, VIII, dan IX Madrasah Tsanawiyah), pada elemen akidah, peserta didik diarahkan memperkuat akidah Islam melalui pemahaman Ahlus Sunnah wal Jama'ah pada materi akidah Islam, rukun iman, sifat-sifat Allah Swt. dan al-Asma' al-Husna. Pada elemen akhlak, peserta didik mampu memahami akhlak terpuji (mahmudah) dan akhlak tercela (madzmumah) agar dapat menjauhkan diri dari perilaku tercela dan membiasakan diri dengan perilaku mulia dalam kehidupan sehari-hari. Elemen adab mengarahkan peserta didik memahami adab dalam hubungannya dengan Allah Swt. (hablum minallah), sesama manusia (hablum minannas), dan makhluk lainnya sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Elemen kisah keteladanan menitikberatkan pada pemahaman terhadap kisah nabi dan rasul dan para sahabat rasul sebagai teladan.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Akidah

Memahami akidah Islam (iman, islam, ihsan), al-Asma' al-Husna (al-Bashith, al-Gani, ar-Ra'uf, al-Barr, al-Fattah, al-'Adl, al-Wakil, at-Thawwab, al-Lathif, al-Qohhar), dan enam rukun iman.

Akhlak

Memahami akhlak terpuji (taubat, taat, istiqamah, ikhlas, ikhtiar, tawakal, qana'ah, sabar, syukur, husnuzhan, tawadlu', tasamuh, ta'awun, berilmu, kreatif, produktif, dan inovatif), dan cara menghindari akhlak tercela (riya, nifak, putus asa, ananiyah, dendam, ghadhab, khalwat dan ikhtilath). 

 

Adab

Memahami adab shalat, zikir, membaca Al-Qur'an, berdoa, adab kepada orang tua, guru, saudara, teman, tetangga, adab berjalan, berpakaian, dan adab bersosial media.

Kisah Keteladanan

Memahami keteladanan kisah Nabi Yunus a.s., Nabi Ayub a.s., Nabi

Dawud a.s., Nabi Sulaiman a.s., dan Khulafaurrasyidin. 

 

Indikator Moderasi Beragama

Indikator (Konten)

Sub Indikator (Sub Konten)

Komitmen Kebangsaan

Menghargai dan menjiwai identitas nasional;

Menghargai dan menindaklanjuti perjuangan para pahlawan;

Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan; dan

Berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan integrasi nasional.

Toleransi

dan

Anti Kekerasan

Menghargai dan mengapresiasi perbedaan agama, ras, suku, budaya, dan golongan;

Terbuka dan mengapresiasi kesetaraan gender;

Mengusung spirit perubahan secara baik; dan

Tidak menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan

Akomodatif & Inklusif

Komitmen untuk mempertahankan kearifan lokal (local wisdom);

Komitmen untuk menyempurnakan diri dengan mengadopsi ide-ide baru yang positif;

Terbuka dan apresiatif terhadap amaliyah keagamaan yang berbeda; dan

Terbuka dan apresiatif terhadap fenomena globalisasi/ glokalisasi.

Menentukan CP Sasaran Moderasi Beragama dan Materi Pelajaran

Menentukan CP sasaran moderasi beragama cukup dilakukan dengan memilih satu atau dua CP sasaran dalam tiap elemen. Amatilah contoh tabel berikut:

Elemen

Capaian Pembelajaran

CP Sasaran Moderasi Beragama 

dan Materi Pelajaran

Akidah

Memahami akidah Islam (iman, Islam, ihsan), al-Asma' al-Husna (al-Bashith, al-Gani, ar-Ra'uf, al-Barr, al-Fattah, al-'Adl, al-Wakil, at-Thawwab, al-Lathif, al-Qohhar), dan enam rukun iman.

Memahami akidah Islam (ihsan)

Memahami al-Asma' al-Husna (al-'Adl)

Keterangan: (ihsan) dan (al-'Adl) adalah materi yang dipilih pada elemen akidah

Akhlak

Memahami akhlak terpuji (taubat, taat, istiqamah, ikhlas, ikhtiar, tawakal, qana'ah, sabar, syukur, husnuzhan, tawadlu', tasamuh, ta'awun, berilmu, kreatif, produktif, dan inovatif), dan cara menghindari akhlak tercela (riya, nifak, putus asa, ananiyah, dendam, ghadhab, khalwat dan ikhtilath). 

Memahami akhlak terpuji (Taubat)

Memahami akhlak terpuji (Inovatif)

Keterangan: (Taubat) dan (Inovatif) adalah materi yang dipilih pada elemen akhlak

Adab

Memahami adab shalat, zikir, membaca Al-Qur'an, berdoa, adab kepada orang tua, guru, saudara, teman, tetangga, adab berjalan, berpakaian, dan adab bersosial media.

Memahami adab zikir

Memahami adab bersosial media

Keterangan: adab zikir dan adab berdoa adalah materi yang dipilih pada elemen adab

Kisah Keteladanan

Memahami keteladanan kisah Nabi Yunus a.s., Nabi Ayub a.s., Nabi Dawud a.s., Nabi Sulaiman a.s., dan Khulafaurrasyidin. 

Memahami keteladanan Khulafaurrasyidin (Umar Ibnu Khattab).

Keterangan: Keteladanan Umar bin Khattab adalah materi yang dipilih pada elemen kisah keteladanan

Mengaitkan Materi Pelajaran dengan 4 Indikator Moderasi Beragama

Keterkaitan Materi Pelajaran dengan Indikator Moderasi Beragama dapat dicermati pada contoh tabel berikut:

Elemen

CP Sasaran Moderasi Beragama 

dan Materi Pelajaran

Indikator Moderasi Beragama

dan Sub Indikator

Akidah

Memahami akidah Islam (ihsan)

Memahami al-Asma' al-Husna (al-'Adl)

Komitmen Kebangasaan: Menghargai dan menindaklanjuti perjuangan para pahlawan

Toleransi dan Anti Kekerasan: Terbuka dan mengapresiasi kesetaraan gender

Akhlak

Memahami akhlak terpuji (Taubat)

Memahami akhlak terpuji (Inovatif)

Toleransi dan Anti Kekerasan: Tidak menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan

Akomodatif-Inklusif: Komitmen untuk menyempurnakan diri dengan mengadopsi ide-ide baru yang positif

Adab

Memahami adab zikir

Memahami adab bersosial media

Akomodatif-Inklusif: Terbuka dan apresiatif terhadap amaliyah keagamaan yang berbeda

Komitmen Kebangsaan: Berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan integrasi nasional.

Kisah Keteladanan

Memahami keteladanan Khulafaurrasyidin (Umar Ibnu Khattab).

Akomodatif-Inklusif: Komitmen untuk menyempurnakan diri dengan mengadopsi ide-ide baru yang positif

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun