Mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama di madrasah merupakan upaya untuk mengembangkan pikiran, pandangan, dan sikap peserta didik agar dapat menerima dan terbuka terhadap keragaman Indonesia (baik agama, budaya, suku, bahasa, dan keragaman lainnya) serta menghindari konflik atau prasangka subyektif karena kategori sosial (stereotipe) seperti gender, warna kulit, dan faktor disabilitas.
Peta Konten Integrasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran:
Pendidik dapat mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama di madrasah dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran akidah akhlak di madrasah tsanawiyah, pendidik dapat mengintegrasikan sub-sub indikator moderasi beragama dalam proses pembelajaran akidah akhlak.
Capaian Pembelajaran Akidah Akhlak Fase D
Berikut Capaian Pembelajaran (CP) pada Fase D berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 3302 Tahun 2024:
Pada akhir fase D (Kelas VII, VIII, dan IX Madrasah Tsanawiyah), pada elemen akidah, peserta didik diarahkan memperkuat akidah Islam melalui pemahaman Ahlus Sunnah wal Jama'ah pada materi akidah Islam, rukun iman, sifat-sifat Allah Swt. dan al-Asma' al-Husna. Pada elemen akhlak, peserta didik mampu memahami akhlak terpuji (mahmudah) dan akhlak tercela (madzmumah) agar dapat menjauhkan diri dari perilaku tercela dan membiasakan diri dengan perilaku mulia dalam kehidupan sehari-hari. Elemen adab mengarahkan peserta didik memahami adab dalam hubungannya dengan Allah Swt. (hablum minallah), sesama manusia (hablum minannas), dan makhluk lainnya sehingga terbentuk pribadi yang cerdas, berkarakter, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Elemen kisah keteladanan menitikberatkan pada pemahaman terhadap kisah nabi dan rasul dan para sahabat rasul sebagai teladan.
Elemen
Capaian Pembelajaran
Akidah
Memahami akidah Islam (iman, islam, ihsan), al-Asma' al-Husna (al-Bashith, al-Gani, ar-Ra'uf, al-Barr, al-Fattah, al-'Adl, al-Wakil, at-Thawwab, al-Lathif, al-Qohhar), dan enam rukun iman.
Akhlak
Memahami akhlak terpuji (taubat, taat, istiqamah, ikhlas, ikhtiar, tawakal, qana'ah, sabar, syukur, husnuzhan, tawadlu', tasamuh, ta'awun, berilmu, kreatif, produktif, dan inovatif), dan cara menghindari akhlak tercela (riya, nifak, putus asa, ananiyah, dendam, ghadhab, khalwat dan ikhtilath).Â
Â
Memahami adab shalat, zikir, membaca Al-Qur'an, berdoa, adab kepada orang tua, guru, saudara, teman, tetangga, adab berjalan, berpakaian, dan adab bersosial media.
Kisah Keteladanan
Memahami keteladanan kisah Nabi Yunus a.s., Nabi Ayub a.s., Nabi
Dawud a.s., Nabi Sulaiman a.s., dan Khulafaurrasyidin.Â
Â
Indikator Moderasi Beragama
Indikator (Konten)
Sub Indikator (Sub Konten)
Komitmen Kebangsaan
Menghargai dan menjiwai identitas nasional;
Menghargai dan menindaklanjuti perjuangan para pahlawan;
Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan; dan
Berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan integrasi nasional.
Toleransi
dan
Anti Kekerasan
Menghargai dan mengapresiasi perbedaan agama, ras, suku, budaya, dan golongan;
Terbuka dan mengapresiasi kesetaraan gender;
Mengusung spirit perubahan secara baik; dan
Tidak menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan
Akomodatif & Inklusif
Komitmen untuk mempertahankan kearifan lokal (local wisdom);
Komitmen untuk menyempurnakan diri dengan mengadopsi ide-ide baru yang positif;
Terbuka dan apresiatif terhadap amaliyah keagamaan yang berbeda; dan
Terbuka dan apresiatif terhadap fenomena globalisasi/ glokalisasi.
Menentukan CP Sasaran Moderasi Beragama dan Materi Pelajaran
Menentukan CP sasaran moderasi beragama cukup dilakukan dengan memilih satu atau dua CP sasaran dalam tiap elemen. Amatilah contoh tabel berikut:
Elemen
Capaian Pembelajaran
CP Sasaran Moderasi BeragamaÂ
dan Materi Pelajaran
Akidah
Memahami akidah Islam (iman, Islam, ihsan), al-Asma' al-Husna (al-Bashith, al-Gani, ar-Ra'uf, al-Barr, al-Fattah, al-'Adl, al-Wakil, at-Thawwab, al-Lathif, al-Qohhar), dan enam rukun iman.
Memahami akidah Islam (ihsan)
Memahami al-Asma' al-Husna (al-'Adl)
Keterangan: (ihsan) dan (al-'Adl) adalah materi yang dipilih pada elemen akidah
Akhlak
Memahami akhlak terpuji (taubat, taat, istiqamah, ikhlas, ikhtiar, tawakal, qana'ah, sabar, syukur, husnuzhan, tawadlu', tasamuh, ta'awun, berilmu, kreatif, produktif, dan inovatif), dan cara menghindari akhlak tercela (riya, nifak, putus asa, ananiyah, dendam, ghadhab, khalwat dan ikhtilath).Â
Memahami akhlak terpuji (Taubat)
Memahami akhlak terpuji (Inovatif)
Keterangan: (Taubat) dan (Inovatif) adalah materi yang dipilih pada elemen akhlak
Adab
Memahami adab shalat, zikir, membaca Al-Qur'an, berdoa, adab kepada orang tua, guru, saudara, teman, tetangga, adab berjalan, berpakaian, dan adab bersosial media.
Memahami adab zikir
Memahami adab bersosial media
Keterangan: adab zikir dan adab berdoa adalah materi yang dipilih pada elemen adab
Kisah Keteladanan
Memahami keteladanan kisah Nabi Yunus a.s., Nabi Ayub a.s., Nabi Dawud a.s., Nabi Sulaiman a.s., dan Khulafaurrasyidin.Â
Memahami keteladanan Khulafaurrasyidin (Umar Ibnu Khattab).
Keterangan: Keteladanan Umar bin Khattab adalah materi yang dipilih pada elemen kisah keteladanan
Mengaitkan Materi Pelajaran dengan 4 Indikator Moderasi Beragama
Keterkaitan Materi Pelajaran dengan Indikator Moderasi Beragama dapat dicermati pada contoh tabel berikut:
Elemen
CP Sasaran Moderasi BeragamaÂ
dan Materi Pelajaran
Indikator Moderasi Beragama
dan Sub Indikator
Akidah
Memahami akidah Islam (ihsan)
Memahami al-Asma' al-Husna (al-'Adl)
Komitmen Kebangasaan: Menghargai dan menindaklanjuti perjuangan para pahlawan
Toleransi dan Anti Kekerasan: Terbuka dan mengapresiasi kesetaraan gender
Akhlak
Memahami akhlak terpuji (Taubat)
Memahami akhlak terpuji (Inovatif)
Toleransi dan Anti Kekerasan: Tidak menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan
Akomodatif-Inklusif: Komitmen untuk menyempurnakan diri dengan mengadopsi ide-ide baru yang positif
Adab
Memahami adab zikir
Memahami adab bersosial media
Akomodatif-Inklusif: Terbuka dan apresiatif terhadap amaliyah keagamaan yang berbeda
Komitmen Kebangsaan: Berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan integrasi nasional.
Kisah Keteladanan
Memahami keteladanan Khulafaurrasyidin (Umar Ibnu Khattab).
Akomodatif-Inklusif: Komitmen untuk menyempurnakan diri dengan mengadopsi ide-ide baru yang positif
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI