Mohon tunggu...
Lulu Aulia Ramadhani
Lulu Aulia Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jurusan Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi hubungan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dinamika Pelayanan Online Live Antrian pada RS Sari Asih Serang: Kepuasan Bagi Pelanggan

6 Juni 2024   11:25 Diperbarui: 6 Juni 2024   11:46 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Serang,Banten — Perkembang pada era digitalisasi semakin gencar di lakukan oleh setiap perusahaan untuk mengoptimalkan pada permasalahan yang sering terjadi seperti “antrian yang membludak”. Hal ini, dikarenakan sebuah bentuk implementasi perusahaan pada bidang pelayanan kesehatan untuk profesionalitas dan komitmen dalam melayani serta mempermudah pasien.

Oleh karena itu, pelayanan kesehatan seperti Rs Sari Asih melakukan inovasi baru yaitu menghadirkan sistem “live antrian” pada website resmi mereka yang dimana dapat di akses oleh pasien yang sudah mendaftar nomer antrian di rumah sakit. Tujuan artikel ini adalah untuk mengekaji manfaat, tantangan, dan implementasi pelayanan “live antrian” fasilitasi pada website dalam sudut pandang kepuasan para pelanggan dari Rs Sari Asih Serang.

Rs Sari Asih cabang serang merupakan rumah sakit swasta yang terbesar di Kota Serang,Banten dengan pelayanan yang terbaiknya sesuai dengan taglinenya “melayani dengan kasih sayang”. Citra yang ingin dibangun atau kepribadian PR untuk membuat karakter internal di mata publik?

“Ingin dianggap sebagai Humas yang menyelamatkan kebaikan dengan segala fasilitas yang dilakukan sehingga publik mampu terfasilitasi. Tentunya dengan niat, memberikan kabar gembira atau good news sebagai bentuk penyelesaian permasalahan.” Ujar Kabid Humas Rs Sari Asih Serang.

Pelayanan kesehatan yang optimal dalam hal kepuasan para pelanggan di Rs sari Asih Serang merupakan salah indikator penting untuk mengetahui kualitas di mata masyarakat. Hal ini, terjadi ketika antrian panjang dan menunggu waktu yang lama sering sekali menajdi kendala dalam memberikan pelayanan yang memadai. Dengan hal ini, pasien tidak perlu merasa khawatir untuk berpergian sejenak.

Manfaat ini merupakan sala satu dari sistem pelayanan kesehatan dari Rs sari asih serang “Live antrian” untuk meningkatan kepuasan para pelanggan antara lain memberikan kemudahan dan fleksibilitas kepada pasien dalam mengatur jam berkunjung di rumah sakit, mengurangi waktu tunggu pasien di tempat.

sariasihgroup.com
sariasihgroup.com
Tantangan bagi seorang humas Rs sari Asih serang pada permasalahan yang dihadapi dalam perusahaan yaitu karywan dan pasien, seperti dari kesenjangan kemampuan berteknologi di antara pasien terutama pada kalangan lanjut usia dan perubahan proses kerja staff medis serta administrasi dalam berhadapan pada sistem pelayanan online tersebut.

Sehingga bentuk implementasi pada pelayanan “live antrian” untuk kepuasan para pelanggan merupakan sebuah hal yang dapat dipengaruhi dari kemampuan, tindakan, tanggung jawab, sikap dan fasilitas pelayanan kesehatan rs sari asih serang untuk menjalin hubungan humas atau staff medis dalam berkomunikasi yang baik dengan para pasien. Hal ini, mungkin juga dapat berdampak positif dan negatif pada keamanan sistem data pasien di website. Oleh karena itu, Rumah Sakit Sari Asih serang perlu mengelola sistem pelayanan online ini dengan baik dan akurat.

Inilah sistem pelayanan online “Live Antrian” di Rs Sari Asih Serang.
apakah penggunaan sistem ini dalam berkomunikasi dengan pasien berfungsi efektif dan efesien dalam mengurangi dampak antrian panjang di rumah sakit sehingga menurunkan kepuasan bagi pelanggan

SUMBER

Rahmaniar. A (2021), Strategi Marketing Humas Rumah Sakit Sari Asih Ciledug dalam Meningkatkan Pelayanan Pasien Penggunaan BPJS. Universitas Prof DR Moestopo Jakarta (Beragama).

Saputra. M.G, Nurdiana. F, Nuriyati, Mahfiroh. A. P (2020), Hubungan pendaftran online dan offline dengan kepuasan pasien. JOCH VOL1 No1 Jurnal.umla.ac.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun