Mohon tunggu...
Lukman Sulistyo
Lukman Sulistyo Mohon Tunggu... karyawan swasta -

.....

Selanjutnya

Tutup

Money

Marketing Hemat Ala Kompasiana

29 November 2011   06:42 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:03 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_152422" align="alignleft" width="160" caption="Klik Gambar Untuk Download Applikasi"][/caption] Sebagai sebuah media grup kompas memiliki banyak varian media untuk memanjakan konsumennya dengan sajian berita yang aktual. Bahkan para pembaca yang tadinya hanya konsumen berita bisa ikut menjadi reporter berita. Media Kompas Grup akhirnya berkembang pesat tidak hanya hadir sebagai koran Kompas tetapi menjelma menjadi blog Kompasiana. Di mana para pembaca bisa memberikan Opini atau Reportase langsung kepada publik. Tidak sampai di situ, blog Kompasiana berkembang ke beberapa varian blog lainnya yakni Fiksiana dan Freez. Di dalam Fiksiana pembaca bisa memberikan tulisan terkait kisah-kisah fiksi. Baik yang isinya fiksi betulan sampai kritik sosial-politik yang dikemas dalam kisah-kisah fiksi. Freez merupakan media sosial tempat para pembaca yang ingin menampilkan tulisannya kemudian redaktur Freez memilih yang layak untuk ditampilkan di halaman Freez di sisipan koran Kompas. Memperbanyak varian media adalah metode marketing yang saat ini sangat banyak dilakukan oleh perusahaan media. Dan Kompas Grup adalah salah satunya. Konsumen berita akhirnya semakin banyak pilihan untuk menyimak berita baik itu berita yang berasal dari awak media atau sesama pembaca yang berbagi tulisan. Tak ketinggalan Kompas Grup pun menghadirkan siaran televisi yang diberi nama Kompas TV. Sebuah varian akhir yang semakin melengkapi sumber informasi bagi konsumen berita. Pola marketing yang belakangan marak di Kompasiana adalah adanya perlombaan yang dikemas Kompasiana untuk melibatkan pembaca secara lebih masif. Diantara perlombaan yang ada lomba membuat Aplikasi Nokia adalah strategi jitu. Secara tidak langsung konsumen berita Kompas melakukan upaya-upaya marketing untuk semakin memperbanyak download aplikasi untuk memenangkan Nokia N9 yang disediakan bagi pemenang lomba. Biaya yang dihabiskan untuk menggaet pembaca baru hanya senilai tiga kali harga Nokia N9. Namun gempitanya menyebar kemana-mana. [luk/29-11-11]

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun