PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK
ANGKATAN 7 KABUPATEN KLUNGKUNG
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
Hai kompasiana saya Luh putu wijayanti
Guru di SMK Negeri 1 klungkung
Kreativitas hanyalah menghubungkan berbagai hal. Ketika Anda bertanya kepada orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasa sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu. Sesuatu itu tampaknya jelas bagi mereka setelah beberapa saat. Itu karena mereka dapat mengkoneksikan pengalaman yang mereka miliki dan mensintesis hal-hal baru.”
-Steve Jobs-
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.
1. Perasaan Saya Setelah mempelajari modul ini?
Sangat senang dan bahagia memperoleh ilmu yang baru, yaitu pengelolaan program yang berdampak pada murid. Harapannya, pembelajaran dan program sekolah yang telah disusun mampu mewujudkan Student Agency (Kepemimpinan murid).
2. Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?
Modul 3.3 merupakan modul yang memeberikan praktek baik terhadap pengelolaan program yang berdampak positif pada murid, dimana hal tersebut memiliki keberpihakan terhadap murid yang nantinya akan mendorong kebermaknaan ataupun komitmen dengan cara mengimplementasikan kepemimpinan murid secara langsung.kepemimpinan murid merupakan pemberian kesempatan terhadap murid dalam mengambil peran aktif dalam pembelajaran yang dilakukan disekolah. Dalam kepemimpinan murid terdapat tiga aspek yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah: Suara (Voice), pilihan (choice), dan kepemilikian murid (ownership) . Pengelolaan yang berpihak pada murid perlu adanya pemetaan aset disekolah yang dapat mendukung program tersebut berjalan dengan baik melalui analisis 7 aset atau kekuatan sekolah melalui tahapan BAGJA.