Mohon tunggu...
Luh Putu Wijayanti
Luh Putu Wijayanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Long Life education

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

28 Mei 2023   23:12 Diperbarui: 28 Mei 2023   23:46 10206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan video profil sekolah

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF  PADA MURID

Halo....kompasiana salam bahagia,

Kembali berjumpa dengan saya Luh Putu Wijayanti

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 _Kabupaten Klungkung

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

Program Yang Akan dikembangkan

"DEFIKA"

(viDEografy dan photograFI onesKA)

LATAR BELAKANG

DEFIKA merupakan ekstrakulilurer yang ada disekolah SMK Negeri 1 Klungkung, ekstra ini berdiri pada tahun 2018 bermula dari 5orang siswa multimedia menemui saya dan berbincang-bincang tentang perkembangan videografi dan photografi. Saya sebagai pembimbing mengajukan ide kreatif siswa ke waka kesiswaan dan kepala sekolah, akhirnya sekolah mengeluarkan SK (Surat Keputusan) dan defika menjadi ekstrakulikuker di SMK Negeri 1 Klungkung.

Selama ini DEFIKA sudah memiliki anggota lebih dari 50orang dengan semua jenjang, serta semua jurusan yang ada disekolah kami. Ekstra ini dilakukan 2 minggu sekali dengan pemaparan materi dari pembimbing, rekan sejawat yang memahami videografi dan photografi, Dunia usaha yang kita ajak kerja sama selama PKL (Peraktik Kerja Lapangan) serta anak-anak alumni SMK Negeri 1 Klungkung. DEFIKA mengambil kegiatan dokumentasi sekolah dan bekerjasama dengan pihak osis bidang dokumentasi serta ekstra ini mengikuti berbagai lomba baik antar kabupaten maupun provinsi. DEFIKA juga membuat karya-karya dokumentasi sekolah yang diupload pada sosial media.

Dalam ekstra defika tidak hanya siswa yang pintar video dan photo saja tetapi siswa yang mampu membuat naskah cerita, kreatif lagu dan koreografi itu berhak gabung mengikuti ekstra ini.

TUJUAN

Sebagai penguatan mapel Teknik Pengambilan Gambar

Agar siswa mampu bersosial serta berbagai peraktek baik  dengan jurusan yang berbeda

Agar siswa mampu mengelola kreatifitas dengan baik.

ALASAN PEMILIHAN PROGRAM

Disekolah sering adanya kegiatan dokumentasi dan siswa banyak yang mampu dalam bidang ini, jadi saya memanfaatkan sumber daya yang ada untuk kemajuan sekolah. Selain itu banyak ada kegiatan lomba film atau video pendek jadi ekstra ini sebagai wadah untuk kreativitas siswa di dunia maya atau digital.

DESKRIPSI SINGKAT

DEFIKA adalah kegiatan ekstrakulikuler. Selain menjadi ekstra DEFIKA juga dapat menguatkan mapel bahasa indonesia serta Teknik pengambilan gambar, audio dan video. 

Ekstra DEFIKA ini dilakukan 2 minggu sekali, dalam kegiatannya siswa dikelompokkan sesuai minatnya. Hal ini agar siswa mengenal kemampuannya masing-masing dan untuk mempermudah pengerjaan dalam sebuah projek.

1. DASAR FILOSOFI KHD

"Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya. Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang."

2. POIN KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

KREATIF

Menumbuhkembangkan kreatifitas murid terhadap program yang di laksanakan, pada saat editing video dan photo serta menumbuhkan hal-hal yang belum pernah ada didunia digital.

Bernalar kritis
Menumkembangkan murid mengungkapkan ide/gagasan terhadap program ini dilaksanakan, dimulai dari menyusun rencana, melaksanakan, sampai mengevaluasi program ini.

MANDIRI

Secara individu murid mampu mengelola diri dengan bertanggungjawab terhadap tugas yang di embannya.

BERGOTONG ROYONG
Murid mampu berkolaborasi dengan pembimbing serta rekan sejawat untuk mengembangkan ide dan kreatifitasnya.


3. KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG DIKEMBANGKAN

Lingkungan yang mengembangkan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif,diharapkan kegiatan ini dapat mengembangkan siswa untuk melakukan hal-hal secara positif untuk dirinya sendiri serta memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya.

4. PRAKASA PERUBAHAN

"Menumbuhkembangkan karakter siswa yang mandiri, kreatif, bernalar kritis dan gotong royong melalui kegiatan "DEFIKA"

5. TAHAPAN PRAKARSA

Untuk memudahkan program ini dengan menggunakan tahapan BAGJA

B (Buat Pertanyaan)

Buat Pertanyaan Utama:

(1). Bagaimana cara menumbuhkembangkan berpikir kritis yang kreatif serta menuangkan ide/gagasan yang kreatif kepada dirinya,orang lain dan lingkungannya?

(2). Bagaimana cara menumbuhkan Videografi dan photografi setiap adanya kegiatan melalui program "DEFIKA"?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban:
1.Dialog bersama kepala sekolah serta rekan sejawat tentang bagaimana menumbuhkan kreatifitas siswa serta melakukan hal-hal positif dan kreatif yang berpengaruh kepada dirinya, orang lain dan lingkungannya.
2.Mengajak diskusi murid-murid kelas XI dan XII tentang bagaimana menumbuhkan pola pikir yang kritis dan kreatif serta melakukan hal-hal positif yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan lingkungannya.

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid
Melakukan sesi dialog dengan perwakilan siswa membahas tentang program yang berdampak positif serta ide yang kreatif  yang perlu mendapatkan perhatian dan menampung ide dan aspirasi mereka.

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan pada tahap ini:
(a). Murid

(b). Rekan Guru

(c). Kepala Sekolah

Waktu Yang Diperlukan :

1 (satu) Minggu

Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini :

Calon Guru Penggerak (CGP)

Guru produktif multimedia, Guru bahasa indonesia dan Guru yang memiliki keterampilan videografi dan photografi serta Wali kelas

A (Ambil Pelajaran)

Pertanyaan

(1) Kegiatan apa saja yang dapat mengembangkan pola pikir kritis, kreatifitas serta hal-hal positif di sekolah ?
(2) Apa yang dirasakan siswa jika dapat melakukan hal-hal yang positif bagi dirinya,orang lain dan sekelilingnya?
(3) Kegiatan sekolah apa yang dapat membantu menumbuhkan pola pikir kritis,kreatifitas serta hal-hal positif untuk dirinya,orang lain dan sekelilingnya?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :
(a). Mengidentifikasi kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan di sekolah bersama Kepala Sekolah dan rekan guru
(b). Survai melalui wali kelas dengan memberikan pertanyaan yang telah diidentifikasi sebelumnya dengan murid
(c).Dengan bantuan guru produktif dan wali kelas memotivasi murid dan menyampaikan manfaat kegiatan videografi dan photografi setiap ada kegiatan sekolah (untuk dokumentasi ataupun perlombaan film dan video pendek.

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid
Melakukan praktek langsung tentang videografi dan photografi setiap ada kegiatan(moment)ataupun perlombaan yang berkaitan dengan video dan photo yang menumbuhkembangkan kreatifitas positif dan kegiatan positif.


Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan pada tahap ini:

(a). Murid

(b). Guru produktif multimedia dan Guru yang memiliki keterampilan multimedia

(c). Wali Kelas

Waktu Yang Diperlukan :

1 (satu) Minggu

Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini :

Calon Guru Penggerak (CGP)

Guru produktif multimedia, Guru bahasa indonesia dan Guru yang memiliki keterampilan videografi dan photografi serta Wali kelas


G ( Gali Mimpi)

Buat pertanyaan
(1) Apa kebiasaan-kebiasaan baru yang kami bayangkan ketika kegiatan positif kreatifitas siswa dalam videografi dan photografi terwujud?
(2) Apa hal-hal baru yang kami lakukan setelah terwujudnya bernalar kritis,mandiri,kreatif dan gotong royong terwujud?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :
(1). Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan evaluasi mengenai pelaksanaan kegiatan ini sebelum dan sesudah Program" DEFIKA"terwujud
(2). Memajang harapan-harapan murid tersebut dikelasnya masing-masing

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid

(1). Berdialog dengan murid mengenai daftar harapan dan evaluasi tentang program ini

(2). Setiap murid ditugaskan untuk memberikan ide/gagasan harapan dengan terlaksananya program DEFIKA.


Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :

(a). Murid

(b). Wali kelas

(c). Kelas

Waktu Yang Diperlukan :
1 (satu) Minggu

Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini :

Guru produktif multimedia, Guru bahasa indonesia dan Guru yang memiliki keterampilan videografi dan photografi serta Wali kelas

J- Jabarkan Rencana

Buat pertanyaan

(1) Langkah pertama yang harus dilakukan seperti apa?
(2) Apa tindakan/usaha yang dapat mendukung agar program "DEFIKA" dapat mencapai kreatifitas siswa ?
(3) Bagaimana mengukur kemajuan dan keberhasilan program tersebut?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :
(1) Mendiskusikan rancangan program kegiatan yang terdiri dari wali kelas,perwakilan murid dan guru produktif multimedia
(2) Membentuk tim dari beberapa siswa dan guru
(3) Membuat catatan perkembangan dan evaluasi program


Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid

(1). Membentuk tim dan penanggungjawab bersama siswa
(2). Membuat jadwal yang bertugas dalam setiap kegiatan program "DEFIKA" bersama siswa
(3). Menentukan projek/kegiatan yang akan di ambil atau di dokumentasikan bersama siswa

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :
(a). Murid
(b). Wali Kelas dan guru produktif
(c) Kelas
(d) Guru yang memiliki keterampilan multimedia serta guru bahasa indonesia

Waktu Yang Diperlukan :
1 (satu) Minggu

Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini :

Calon Guru Penggerak (CGP)

Guru produktif multimedia, Guru bahasa indonesia dan Guru yang memiliki keterampilan videografi dan photografi 

A - Atur Eksekusi

Buat pertanyaan

(1)Siapa saja yang dilibatkan dalam kegiatan ini?

(2) Apa saja peran yang dibutuhkan dan siapa saja yang mengisi peran tersebut?

(3) Siapa yang bertanggungjawab agar program ini tetap berkelanjutan ?

(4)Kapan kegiatan ini akan dimulai?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :
(1) Menyusun Tim Pelaksana program " DEFIKA"dan tim pemantau
(2) Membuat daftar nama siswa yang bertugas pada setiap kegiatan yang di dokumentasikan
(3) Melakukan evaluasi program dalam dua minggu sekali


Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid
(1). Bersama murid guru memberikan kesempatan kepada murid untuk membagi tugas dan projek kegiatan  yang akan ditarjamahkan
(2) Setiap Kelompok melaporkan perkembangan kegiatan program DEFIKA



Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :

(a). Murid
(b).Wali Kelas dan Guru produktif serta guru bahasa indonesia
(C) Kelas

Waktu yang diperlukan :

1 (satu) minggu sekali

Penanggungjawab Kegiatan

Guru Produktif multimedia/CGP

Terima Kasih sudah meluangkan wakti untuk melihan potensi didepan matha.

Salam bahagia dan salam guru penggerak


Kegiatan Lomba film pendek
Kegiatan Lomba film pendek







HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun