Pengajaran bahasa Asing memerlukan tenaga ekstra untuk dilakukan. Karena bahasa yang disampaikan kurang dipakai atau mungkin hampir tidak pernah dipakai oleh siswa yang kita ajar dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga apabila hanya sekedar dikenalkan maka bukan tidak mungkin, akan segera juga terlupakan.Â
Oleh karenanya dalam melaksanakan pengajaran memerlukan berbagai macam strategi, supaya pengajaran berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
Kali ini yang ingin saya bagikan adalah pengalaman yang baru saja saya lakukan di tempat kerja. Saya mengajar Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini saya sedang mengajar siswa kelas XII Bahasa yang kabarnya nanti ketika penerapan kurikulum merdeka tidak ada lagi sebutan kelas peminatan seperti itu.Â
Tema yang dipelajari saat ini adalah tentang hobi dan kegiatan di waktu luang (Hobby und Aktivitaeten in der Freizeit). Untuk mengakhiri pembelajaran, saya menawarkan kepada siswa tentang penugasan apa yang mereka inginkan. Sebagian besar menjawab ingin membuat permainan sederhana menggunakan kartu.Â
Tetap saya sampaikan agar permainan tersebut bertujuan juga untuk melatih keterampilan bahasa Jerman siswa. Dan mereka pun menyetujuinya.
Untuk memunculkan inspirasi, saya tunjukkan kepada mereka beberapa jenis permainan kartu yang kami miliki, yaitu:
Â
Dari beberapa permainan tersebut akhirnya mereka mempunyai ide untuk memanfaatkan permainan yang sudah ada dengan diberikan sedikit modifikasi ataupun juga membuat permainan dan aturan baru tapi menggunakan media yang berbeda.
Hasilnya inilah beberapa permainan yang mereka hasilkan:
1. Remino (Remi dan Domino)
CARA MEMAINKAN:
- Membagi kartu ke 4 pemain, sisa 2 kartu,Â
- Lalu pilih satu kartu sisa, jadikan contohÂ
- Kemudian masing" orang mengumpulkan kartu yang berhubungan dengan kartu contoh tersebut
- Jika 2 kartu sisa sudah digunakan, maka orang yang terakhir mengumpulkan kartu bisa mengeluarkan kartu untuk dijadikan contoh yang nantinya disamakan dan disusun sesuai tema hobi
- Jika kartu sudah habis tersusun, maka akan melakukan undian (hompimpa), lalu yang terpilih akan memilih salah satu hobi yang telah tersusun dan membuat kalimat
2. Tepuk Hobby
CARA MEMAINKAN:
Permainan dilakukan dengan cara berpasang-pasangan, pasangan terdiri dari 2 orang.
Kemudian kartu dikocok
Para pemain dipersilahkan mengambil 1 kartuÂ
Lalu kartu diadu satu sama lain dengan cara menepukkan kartu satu sama lain
Jika salah satu dari kartu yang dipegang pemain tersebut jatuh dengan kondisi terbuka atau terlihat gambarnya maka pemilik kartu tersebut harus menebak artikel dan membuat kalimat dengan menggunakan gambar yang terlihat di kartu tersebut
Ketika pemain tersebut dapat membuat kalimat dengan benar, maka akan mendapatkan poin 1
Untuk kartu yang sudah di buat dengan kalimat maka kartu tersebut akan dikembalikan dan dikocok kembali
Pemain yang kalah akan bertanding dengan pemain yang lain
3. Kartu Flip
CARA MEMAINKAN:Â
Terdapat kartu bolak balik, bagian depan terdapat gambar yang berisi hobi kemudian belakang kartu terdapat nama-nama hobi
Beberapa kartu terdapat gambar (flip) yang tandanya kartu akan dibalik
Cara bermain: cara bermain mirip seperti permainan uno flip, jadi setiap anggota menaruh satu kartu di meja dan menjelaskan hobi apa yang ada di gambar tersebut
Jika terdapat kartu flip, peserta harus membalik kartunya dan menyebutkan nama hobi tersebut menggunakan bahasa jerman
4. SCHLANGEN UND LEITERN
CARA MEMAINKAN:
Pemain diikuti oleh 2-4 orang
Disediakan soal berbentuk kartu yang berkaitan dengan hobi dan Freizeit
Pemain mengambil dan menjawab soal saat sampai di kotak berlambangkan "?". Jika pemain dapat menjawab soal maka akan tetap di tempat, namu jika salah atau tidak bisa menjawab soal akan mundur 1 kotak
Ular dan Tangga :
- -Ular: Diberi kartu pertanyaan, bila benar tidak akan turun sesuai jalur (aman). Bila salah akan turun sesuai jalur ular.Â
- -Tangga: Diberi kartu pertanyaan, bila benar akan naik sesuai jalur tangga. Bila salah akan tetap di tempat.Â
Saat mendapati kolom kosong/frei, maka pemain tidak dikenakan pertanyaan
Pemain yang sampai di kotak 100 terlebih dahulu, akan menjadi pemenangnya.Â
5. TEBAK GAMBAR HOBI
CARA MEMAINKAN:
- Wasit membagikan kertas kunci jawaban untuk dihafalkan
- Pemain memilih judul olahraga yang telah dihafalkan
- Pemain melakukan hompimpah, yang menang akan memilih kartu sesuai dengan kartu judul olahraga
- Yang terbanyak akan memenangkan game
- Yang kalah akan menembak gambar dengan bahasa jerman beserta artikelnya yang akan dibagikan oleh wasit
6. Scrabble
CARA MEMAINKAN:
Setiap pemain yang mendapat giliran pertama pointnya dikali 2 untuk kata hobby yang telah disusun
Setiap pemain mengambil 8 huruf acak
Jika suku kata melewati (2x Word) kata yang disusun nilainya dikali 2Â
Jika suku huruf melewati (2x Letter) nilainya dikali 2
Jika suku kata melewati (3x Word) kata yang disusun nilainya dikali 3
Jika suku huruf melewati (trick) akan mengambil kartu trick
Setiap pemain diberi waktu 3 menit untuk menyusun
NB: SETIAP BALOK DIPOJOK ADA ANGKA YANG NANTI BUAT PENILAIAN
7. Block Stick
CARA MEMAINKAN:Â
- Anggota terdiri dari 4 kelompok, satu orang akan mendapatkan 8 balok
- Moderator akan memulai permainan dengan memberikan pertanyaan tentang hobby
- Peserta harus mengeluarkan balok stick  yang berhubungan dengan hobby yang disebutkan oleh moderatorÂ
- Peserta dikatakan menang apabila balok stick miliknya habis terlebih dahuluÂ
- Peserta yang kalah akan mendapatkan challenge seperti "bercerita dalam bahasa Jerman"
8. Stze verfassen KartenÂ
CARA MEMAINKAN:
Semua pemain wajib melempar 2 buah dadu.
Pemain yang mendapatkan angka dadu paling besar daripada yang lain, dia yang berhak memilih kartu gambar hobby sesuka dia.
Setelah dipilihnya salah satu hobby dari pemain tersebut, pemain yang lainnya berlomba-lomba menyusun kalimat dari berbagai macam kata-kata terpisah yang sudah tersedia.
Menyusun kalimat akan diberi waktu oleh si pemain yang memilihkan gambar hobby tadi selama 35 detik.
Peserta wajib berhenti menyusun kalimat apabila waktu yang ditentukan sudah habis.
Menang kalahnya permainan ini dilihat dari siapa yang kalimatnya paling tepat dan benar.
Hukuman yang diberikan berupa menirukan gaya orang melakukan hobby atau mendapat dare (tantangan).
Demikianlah beberapa permainan hasil kreativitas dari siswa siswa kelas XII Bahasa SMA N 1 Lawang. Jauh dari sempurna memang, akan tetapi pembelajaran sudah dilaksanakan menggunakan prinsip merdeka belajar. Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H