Mohon tunggu...
Luffi Hanifah
Luffi Hanifah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer | Digital Marketer

Inspiring Through Typewriter and Imagination 📝

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Cara Efektif Mengoptimalkan Penjualan di Era Sekarang

5 Oktober 2023   15:17 Diperbarui: 5 Oktober 2023   15:18 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era yang terus berkembang dengan pesat ini, kemampuan untuk meningkatkan penjualan menjadi kunci kesuksesan bagi banyak bisnis. Semua bisnis di bidang apapun pastinya ingin untuk meningkatkan penjualan. Beberapa ada yang mencoba mengubah strategi pemasaran, menyempurnakan situs web dan cara lainnya. Namun bagaimana jika pendekatan tersebut tidak harus melalui percobaan? Bagaimana jika Anda dapat menerapkan strategi penjualan efektif yang berfokus pada hal-hal mendasar dan memberikan solusi langsung? Yuk simak selengkapnya mengenai tujuh cara efektif untuk meraih pertumbuhan penjualan yang signifikan di era saat ini.

1. Menciptakan Strategi Penjualan Yang Solid

Menciptakan strategi penjualan yang solid sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Hal tersebut dikarenakan, akan memberikan arah dan fokus dalam mengamankan pendapatan jangka panjang penjualan Anda. Saat membuat strategi penjualan, jangan pernah melupakan prinsip dasar yaitu 5P yang berisi product, price, place, promotion, dan people.

a. Product

Anda perlu menganalisis produk Anda dan mengidentifikasi apa manfaatnya bagi target pembeli Anda, perbedaannya dengan kompetitor, dan bagaimana Anda dapat meningkatkan nilainya.

b. Price

Perlu diingat bahwa harga yang Anda tawarkan memainkan peran penting dalam menarik audiens. Anda perlu melakukan evaluasi pasar dan menyesuaikan harga Anda agar tetap kompetitif.

c. Place

Sangat penting untuk menemukan tempat yang tepat untuk menjual produk Anda. Anda perlu melakukan riset tentang di mana target audiens Anda kemungkinan besar akan berbelanja. Ini juga merupakan cara Anda menentukan saluran distribusi terbaik untuk menjangkau mereka.

d. Promotion

Memiliki produk hebat hanya bernilai jika seseorang mengetahui keberadaannya. Oleh karena itu, penting memilih media promosi yang tepat yang akan menghasilkan rujukan dan iklan dari mulut ke mulut (WOM) yang efektif tentang bisnis Anda.

e. People

Penting untuk Anda meneliti kebutuhan yang target pasar Anda butuhkan. Selain itu, penting juga untuk berinvestasi pada orang yang tepat, sama halnya dengan kesuksesan. 

2. Merencanakan Rencana Pemasaran Yang Komprehensif 

Dalam upaya meningkatkan penjualan, tentunya Anda memerlukan rencana pemasaran. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan observasi mengenai kebiasaan target pasar Anda serta lingkungan saat ini. Saat ini, semua aktivitas dilakukan secara digital sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan target pasar Anda di dunia digital. Hal tersebut menandakan bahwa Anda perlu memulai strategi pemasaran secara digital.

a. Media Sosial

Semua orang menggunakan media sosial saat ini sehingga media sosial menjadi alat sempurna untuk membangun eksistensi brand Anda. Anda dapat menjalin hubungan dengan audiens Anda dan tetap terhubung dengan mereka sambil mempromosikan produk Anda. Saat ini, banyak brand yang menggunakan media sosial populer seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan lainnya. Anda juga dapat memanfaatkan berbagai fitur yang sedang populer seperti live streaming, video tiktok, reels, dan lainnya. 

b. Paid Ads

Saat ini, Anda juga dapat menggunakan iklan berbayar di berbagai saluran yang tepat seperti media sosial, SEM (Search Engine Marketing), situs web, dan lainnya.

c. Email Marketing

Email marketing atau pemasaran email dapat dimanfaatkan untuk menawarkan ke audiens Anda berbagai tawaran serta info menarik seperti  promosi khusus, pengumuman produk, dan konten eksklusif. 

d. Content Marketing

Content marketing atau pemasaran konten adalah cara terbaik untuk menambah nilai pengalaman pelanggan Anda. Baik itu melalui laman website, ataupun vlog. Anda cukup mengidentifikasi kata kunci yang dicari pelanggan ideal Anda dan menawarkan brand Anda sebagai solusi di waktu yang tepat.

3. Menonjolkan Nilai USP (Unique Selling Point)

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, target pasar Anda memiliki banyak pilihan. Dengan menonjolkan USP atau nilai unik brand Anda, Anda dapat membuat produk atau layanan Anda lebih menarik dan berbeda dari yang lain. Hal ini membantu Anda mendapatkan perhatian pelanggan dan membuat produk Anda lebih mudah dikenali di pasaran. Untuk mendapatkan nilai unik Anda, Anda perlu melakukan riset kompetitor yang bergerak di bidang yang sama dan membandingkannya dengan brand Anda. Jika Anda menemukan nilai yang hanya dimiliki oleh brand Anda, Anda perlu menunjukkannya kepada target pasar Anda.

4. Memahami Customer Journey 

untuk memahami bagaimana mereka berpikir. Dimulai dengan mencari tahu  alasan apa yang membuat mereka ingin membeli. Setelah itu, mencari tahu berbagai alternatif pilihan yang biasa mereka beli untuk memuaskan keinginan mereka. Setelah menemukan beberapa list alternatif, penting untuk membandingkannya berdasarkan harga dan manfaat dan Anda perlu menyajikan fitur terbaik kepada calon pelanggan agar menaikkan peluang brand Anda terpilih. 

Lalu, penting juga untuk Anda membuat proses pembelian menjadi mudah untuk mendorong step akhir terjadinya pembelian. Setelah itu, penting juga bagi Anda untuk mengevaluasi pengalaman customer setelah membeli produk Anda. Dengan memahami customer journey, anda dapat meningkatkan pemahaman Anda pada customer Anda dan dapat merencanakan strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan Anda.

5. Mengikuti Pelatihan Penjualan (Sales Training)

Sebenarnya masih banyak cara efektif lainnya untuk meningkatkan penjualan dan Anda dapat mendapatkan keseluruhannya melalui pelatihan penjualan atau sales training.  Pelatihan penjualan akan membekali individu dengan keterampilan dan teknik yang diperlukan untuk menjadi penjual yang lebih efektif. Ini termasuk keterampilan komunikasi, negosiasi, presentasi, pemecahan masalah dan masih banyak skill lainnya.Pelatihan penjualan juga akan secara intensif diajarkan oleh ahli atau experts handal yang memiliki banyak pengalaman sehingga Anda akan belajar banyak hal. Tidak hanya secara teoritis tapi juga secara praktis.

Berikut adalah 5 cara efektif dalam meningkatkan penjualan di era saat ini. Hal terpenting adalah jangan pernah lelah untuk terus belajar dan mendapatkan informasi-informasi terbaru karena hal tersebut yang nantinya akan meningkatkan keterampilan Anda secara signifikan.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun