Mohon tunggu...
Eriska Febrianto
Eriska Febrianto Mohon Tunggu... -

Official : http://eriskafebrianto.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Resiko Menjalankan Usaha

19 Februari 2015   11:20 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:54 563
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Resiko Usaha.

A. MATERI PEMBELAJARAN:

1. Melakukan analisa data dengan menggunakan pendekatan statistika seperti peluang , regresi dan korelasi 2. Menyusun strategi sistematis untuk menjalankan usaha B.Macam-macamresiko Besarkecilresikodapatdiukurdenganmelihattingkatkerusakandari: a.Harta benda b.Berkurangnyaaset-asetyangdimilikiperusahaan c.Bertambahnyahutang ResikoKeuangandalamusahatergantungkepada: a. Besar kecilnya investasi b. Persaingan usaha c. Besar kecilnya prosentase penanaman investasi dari arus kas Macam-macamresiko a.Resikojiwasaatmenjalankanpekerjaan b.Resikohartakarenapencurian,kebakaran,manajementidaktepatdll c.Resikokerusakanharta krnpengepakansalah,kebanjirandll d.Resikopenggantiankepadapihaklainkarenaperusahaanatauprodukmerugikanpihaklain e.Resikokeuangan,mamputidaknyaperusahaanmemperhitungkanaruskas( cashflow) C.AnalisisResikoDalammenjalankanUsaha 1.Analisisaspekresikokeuangan Untukmeminimalisirkanterjadinyaresiko,perusahaanbisamelakukansbb: -Pembukuanyangteratur -Pengelolaankeuanganyangbaik -Mengikutiasuransidsb

CARAMENGHITUNGRESIKOKEUANGAN:

1.AnalisisSensitivitas Yaitudenganmenyusunestimasi cashflowdalam3posisi: -optimis( baik) -Wajar ( sedang) -Pesimis( buruk) Darihasilanalisissensitivitaskemudiandicarirange/jarakantaraestimasitersebut.Jikarangenyabesarmakaresiko jugalebihbesar Contoh: InvestasiA InvestasiB Investasi 50.000.000 50.000.000 Optimis(baik) 25% 27% Wajar(sedang) 22% 21% Pesimis( buruk) 19% 15% Jarak(range) 6% 12% DaritabeltersebutternyataproyekAlebihkecilresikonyadibandingproyekB Latihan: DaritabledibawahiniTentukanProyekyanglebihkecilresikonya: InvestasiA InvestasiB InvestasiC Investasi 65.000.000 65.000.000 65.000.000 Optimis ( baik) 28% 27% 25% Wajar(sedang) 23% 22% 21% Pesimis(buruk) 18% 17% 16% Jarak( range) 2.BEP ( Break Event Point)

BEP adl suatu tingkat penjualan yang dapat menutup biaya tetap dan variabel. BEP dikenal dengan titik impas atau pulang pokok Menurutsifatnyabiayaterdiridari a. Biaya tetap ( Fixed cost )Yaitu  biaya  yg  jumlah  nya  tetap,  tidak terpengaruh perubahan tingkat  kegiatan perusahaan dalam waktu  atau kapasitas tertentu Contoh : Sewa gedung, Gaji pegawai tetap, penyusutan peralatan dll b.Biaya Tidak tetap ( Variabel Cost ) Yaitu biaya yg jumlahnya berubah-ubah sesuai tingkat kegiatan perusahaan Misalnya : Biaya bahan baku gaji kary tidak tetap, biaya telp, bi transportasi dll FC RumusBEPQuantita   =  P-VC Contohsoal: SebuahperusahaanTasuntukmenghasilkanproduknya mempunyaibiayatetapsebesarRp500.000,- BiayavariabelRp100,-/unitdandijualdenganhargaRp200,-/unit Daridata tersebuthitunglahtitikimpasnya Jawab: Diketahui : FixCost Rp500.000,- VariabelCost   Rp10/u Price    Rp200,-/unit BEP=500.000 =    500.000 =  5.000UNIT 200-100   100 Latihan 1.Rencanapendirianusahaindustrykecilpembuatansepatusbb a.Sewatempatusaha Rp3.000.000,- /bulan b.PembelianperalatanRp10.000.000untukmasapakai2tahun c.GajikaryawantetapRp1.000.000/bulan d.BahanBakuRp30.000,- /pasangsepatu e.BahanpembantuRp20.000,- /pasangsepatu f.Harga jualsepatuRp70.000,-/pasangsepatu Berapa pasangsepatuharusdiproduksiselama1tahunagarusaha bisamencapaiBEP? Jawab: FixCost:…………………. =Rp………………../tahun …………………. =  Rp………………../tahun …………………..=Rp…./tahun JumlahFix cost          =Rp……/tahun Variabel cost:              Rp……………….. Rp............................... JumlahVariabel cost= Rp……………….. Price:Rp……………. RumusBEPQuantitas=……………  = ……………… ……- …….. 2.Rencanapendirianusahakecilkonveksi,kebutuhanbiayanyasbb: a.Sewatempatusaha Rp7.000.000,- /tahun b.PembelianperalatanRp12.000.000,- untukmasapakai2tahun c.GajikaryawantetapRp1.400.000,- /bulan d.BahanbakuRp25.000,- /potong e.PerlengkapanRp10.000,-/potong f.Harga jualRp55.000,-/potong

Hitungomzetpenjualanagarusahabisa mencapaiBEP

NPV ( NetPresentValue )

Adalahmetode yangsangatmemperhatikannilaiwaktuuang. Cara perhitungannyaadalahselisihantara nilaisekarangdari cashflowdaninvestasi NPVadalahselisihantarapresentvaluedariinvestasidengannilaisekarangdaripenerimaan-penerimaankasbersihdi masayangakandatang. Untukmenghitungnilaisekarangperluditentukantingkatbungayangrelevan. Keputusan investasi adalah sebagai berikut ini. NPV > 0 usulan investasi diterima NPV<0usulaninvestasiditolak Contoh: SebuahproyeksenilaiRp600.000.00,-selama4thmenghasilkancashflowsbb:Rp150jt,Rp200jt,Rp250jtdanRp 300jt Jikakeuntunganyangdiinginkan15%makaNPVnya adalah: ( Dariperhitungandibawahini hasil NPVadalahpositive atauPVcashflow>Investasi,artinyaproyeklayakdijalankan) *) persentase discountfaktorbisadilihatdalamtabelpresentValue Thn Cashflow Disc faktor*) R =15% PVof CashFlow 1 150,000,000 0.870 130,500,000 2 200,000,000 0.756 151,200,000 3 250,000,000 0.658 164,500,000 4 300,000,000 0.572 171,600,000 TotalPVofcashflow 617,800,000 PVofinvestmen 600,000,000 NPV 17,800,000 Latihansoal: SebuahproyeksenilaiRp40.000.00,-selama4thmenghasilkancashflowsbb:Rp5jt,Rp10jt, Rp15jtdanRp20jt Jikakeuntunganyangdiinginkan10%makaNPVnya adalah: ( Dariperhitungandibawahini hasil NPVadalahpositive atauPVcashflow>Investasi,artinyaproyeklayakdijalankan) *) persentase discountfaktorbisadilihatdalamtabel presentValue Thn Cashflow Discfaktor*) PVof R=10% CashFlow 1 2 3 4 TotalPVofcashflow PVofinvestmen NPV

3. AnalisisPeluang

Yaituuntukmenganalisaseberapabesarpangsapasaryangdapatdikuasaisehinggadpt memperkirakanpenjualan perusahaanpadamasaakandatang. Rumus Y=a +bx Y=a +bx ∑Y a=  _____ n ∑ XY b = ______ ∑ X Keterangan : Y = variabel yg akan diramalkan a = konstanta b = besarnya perubahan Y untuk satu perubahan x n = tahun ke n ∑ X > 0 Contoh: PerusahaanPROSPECTakanmelakukananalisispenjualanproduknyapada4tahunmendatang.Untukmelakukan analisispeluangdiperlukandata tahunyanglalu( 1999–2005) Berikutdatapenjualanberturut-turutdaritahun1999–2005dalamsatuanunityaitu50.000,50.000,55.000,60.000, 60.000,65.000dan60.000 UntukdapatmelakukananalisispenjualanPTProspect,pertama-tamadihitungdenganpersamaantrendsbb:

ANALISATRENDPTPROSPECT

Tahun Penjualan(Y) X XY X2 1999 25,000 -3 -75,000 9 2000 35,000 -2 -70,000 4 2001 55,000 -1 -55,000 1 2002 55,000 0 0 - 2003 60,000 1 60,000 1 2004 60,000 2 120,000 4 2005 60,000 3 180,000 9 2006 - 4 - - 2007 - 5 - - 2008 - 6 - - 2009 - 7 - - Total 350,000 160,000 28 ∑Y a= ______ n 350.000 a= ________    =50.000 7 ∑ XY b=________ ∑X 160.000 b=                =5.714, 28 28 GarisperamalanY=a +bX Y=50.000+5.714,28X Jadibesarnyaperamalanestimasi4thnmendatang Penjualantahun2006=Y=50.000+5.714,28(4) =72.857,12 Penjualantahun2007=Y=50.000+5.714,28(5) =78.571.4 Penjualantahun2008=Y=50.000+5.714,28(6) =84.285,68 Penjualantahun2009=Y=50.000+5.714,28(7) =89.999,96 4.AnalisisRegresi Analisayangdipergunakanuntukmencaripengaruhsatuvariabeldenganvariabellainnya 5.AnalisisKorelasi Analisayangdipergunakanuntukmencarihubunganantara variabeldependendgvariabelindependen. 6.MetodePaybackPeriode Metodeuntukmengukurlamanyadaninvestasiygsudahditanamdgcaramembandingkanmasapaybackperiodedg lamanyakembalianinvestasi. Paybackperiodinginmelihatseberapalamainvestasibisakembali.Semakinpendekjangkawaktukembalinya investasisemakinbaiksuatuinvestasi . Kelemahandarimetodepaybackperiod adalah: (1)Tidakmemperhitungkannilaiwaktuuang,dan(2)Tidakmemperhitungkanalirankassesudah periodepayback. PaybackPeriode= Investasix1tahun Cashflow Contoh: SuatuproyekmembutuhkandanainvestasiRp60.000.000,-dansetiaptahunnyamenghasilkancashflowsebesarRp 30.000.000,- Makapaybackperiode nyaadalah: PaybackPeriode=60.000.000 x1tahun=2tahun 30.000.000 Jika cash flownya tidak sama setiap tahun , maka perhitungannya sbb Contoh : Proyek  senilai Rp 60.000.000 menghasilkan cash flow selama 4 tahun berturut-turut 15.000.000,- 25.000.000,- 30.000.000,-dan35.000.000,- Makapaybackperiodenyaadalahsbb: Investasi 60.000.000,- CashFlowth1 15.000.000,- 45.000.000,- CashFlowth2 25.000.000,- 20.000.000,- CashFlowth3 30.000.000,- Jadi] PaybackPeriode=2th+20.000.000x1th=2.6tahun 30.000.000 Latihan 1.ProyeksenilaiRp50.000.000menghasilkancashflowselama4tahunberturut-turut15.000.000,-20.000.000,- 30.000.000,-dan35.000.000,- Makahitunglahpaybackperiodenya: 2.ProyeksenilaiRp300.000.000menghasilkancashflowselama4tahunberturut-turut50.000.000,-100.000.000,- 135.000.000,-dan150.000.000,- Makahitunglahpaybackperiodenya: 7.MetodeIRR( InternalRate of Return) IRRadalahtingkatdiskonto(discountrate)yangmenyamakanpresentvaluealirankasmasukdenganpresentvalue alirankaskeluar. IRR = rr + NPVrr        ( rt – rr ) TPVrr – TPVrt Keterangan: (*)rr = bunga rendah rt = bunga tinggi NPV=NetPresentValue TPV = Total present Value Keputusan investasi: IRR > tingkat keuntungan yang disyaratkan usulan investasi diterima IRR < tingkat keuntungan yang disyaratkan usulan investasi ditolak Contoh: SebuahproyeksenilaiRp600.000.00,-selama4thmenghasilkancashflowsbb:Rp150jt,Rp200jt,Rp250jtdanRp 300jt Jikadiharapkankeuntungan15%makaNPVnyaadalah: Thn Cashflow Discfaktor*) PVof R=15% Cash Flow 1 150,000,000 0.870 130,500,000 2 200,000,000 0.756 151,200,000 3 250,000,000 0.658 164,500,000 4 300,000,000 0.572 171,600,000 TotalPVofcashflow 617,800,000 PVofinvestmen 600,000,000 NPV 17,800,000 DitemukanNPVpositivesebesarRp17.800.000,- Dengantingkatdiscount rate15% Kemudiandicari NPVnegative dengancara menaikkandiscount ratemenjadi20%makahasil NPVadalahsbb: Thn Cashflow Discfaktor*) PVof R=20% CashFlow 1 150,000,000 0.833 124,950,000 2 200,000,000 0.694 138,800,000 3 250,000,000 0.579 144,750,000 4 300,000,000 0.482 144,600,000 TotalPVofcashflow 553,100,000 PVofinvestmen 600,000,000 NPV (46,900,000) IRR=15%+17.800.000 X( 20%-15%) (553.100.000+617.800.000)=15,0138% Hasilnyakemudiandibandingkandengankeuntunganyangdisyaratkanyaitusebesar15%,ternyataIRRadalah15,0138%berartilebihbesar 0,0138% Dengandemikianproyeklayakdilaksanakan

II. Analisis aspek resiko SDM

Disiniwirausahaperlumenganalisisdanmenciptakankondisikerjaygproduktif bgkaryawan,dengancara : 1. Dgn manajemen yg terbuka shg ada kejelasan tugas bg karyawan. 2. Memliki mekanisme utk mendengar dan memperhatikan keluhan karyawan 3. Melakukan penilaian dan antisipasi terhadap karyawn yang tidak puas 4. Proses rekruitmen SDM yang tepat Aspek resiko SDM yang perlu dicermati : 1. Resiko antara para eksekutif puncak dg pekerja inti 2. Resiko dlm hubungan industri 3. Resiko para karyawan 4. Resiko tidak beretika dlm bekerja dan berbisnis

III.AnalisisaspekPotensipasar

Pasarterdiridarisemuapelangganpotensialyangmemilikikebutuhanataukeinginansertamaudanmampudalam pertukaranutkpemenuhankebutuhanataukeinginantsb Denganadanyaglobalisasimakapasarsemakinluas,namunresikojugasemakinbesar.Jikasalahmemperhitungkan peluangpasar, makaprodukakangagaldanmenyebabkankerugianataukebangkrutan. Yang perlu dilakukan dalam Analisis Potensi Pasar : -    memperoleh fakta tentang potensi pasar -    mengenali persoalan pd potensi pasar -    mengurangi resiko usaha

IV. Analisis Aspek Produk

Produk adl sesuatu yang dpt ditawarkan utk memnuhi kebutuhan atau keinginan publik. Produk ada 2, Produk barang dan jasa. Produkagarditerimaharus:memuaskankonsumen.SehinggaPerludiadakananalisisdlm:memilihsegmenpasar, memposisikanprodukdgpersepsiygtepat,hargaterjangkau,menciptakanprodukbaru,mencarisegmenbaru, memperbaikipenampilanprodukdsb.

V.AnalisisAspekPelanggan

Penjual barang atau jasa hrs mampu menjual barang yang bisa diterima dan dpt mengikat pelanggan,yaitu dgn mengutamakanmutudanpelayanan. Yangperludianalisis adalah: a. Indikator sikap pelanggan pd produk b. Pengembalian produk oleh pelanggan yg brtambah c. Penurunan jumlah pembelian produk oleh pelanggan

VI. Analisis Aspek Pesaing

Pesaing adl mereka yang mengejar sasaran pasar yang sama. Perusahaan hrs terus membandingkan produk,harga,distribusi,promosi dg pesaingnya. Ada empat tingkat persaingan, Perusahaan bisa menganggap perusahaan lain dengan melihat hal-hal sbb : 1. Persaingan merk Pesaing adl perusahaan lain yang menawarkan produk atau jasa sejenis kpd pelanggan dan harga relative sama Mis : Aqua dg Ades,Aqua dg Zam 2. Persaingan industri Pesaing adl semua perusahaan yg membuat jenis produk yg sama Mis : Agua dg semua produsen air minum dlm kemasan ( AMDK ) 3. Persaingan bentuk Pesaing adl semua produk manufactur perusahaan yg memberikan jasa yang sama. Mis : Aqua dg semua produk minuman dlm kemasan dan minuman ringan spt cocacola, teh, sari buah dsb 4. Persaingan umumPesaingadlSemuaperusahaanyangbersaingutkmendapatkonsumenygsama.Mis:Perusahaanygmemproduksibrg konsumsi,peralatandapurdll.

VII. Analisis Aspek Bahan Baku/Produksi

Bahan baku bisa diperoleh dengan -  memproduksi sendiri -  Supplier -  kemitraan Mis : Garuda Food, produsen kacang garuda mengadakan kemitraan dengan pemilik kebun dan petani kacang agar pengadaan bahan baku lancar dan sesuai standar mutu perusahaan Contoh lain, Mac Donald Indonesia memberi biimbingan teknis kepada para peternak pemasoknya agar standar kualitas tetap terjaga dan pasokan lebih terjamin Yang musti diperhatikan dalam analisis resiko bahan baku adalah a. tersedianya bahan baku secara kontinyu b. Sifat bahan baku ( tahan lama atau tidak ) c. Bahan baku mudah / tidak mudah didapat d. Pengadaan TK yang berhubungan dg penyediaan bahan baku Hasil anilisis bahan baku berisiko jika : -  Kualitas bahan baku tidak baik -  Tidak ada pengendalian bahan baku -  Produksi bahan baku kurang / terlalu banyak -  Tidak ada gudang penyimpanan bahan baku

VIII. Analisis aspek pemasaran

Yang perlu dianalisis : a. strategi bersaing b. Kegiatan pemasaran c. Segmentasi pasar d. Nilai penjualan produk di pasar e. Market share yang dikuasai perusahaan Aspek pemasaran berisiko jika : a. Kinerja produk yang rendah b. Kegagalan dalam pengembangan produk c. Perang harga d. Perubahan permintaan produk e. Distribusi yang bermasalah f.  Promosi kurang efektif g. Pemalsuan merk h. Kebijakan pemerintah yg tidak tepat di dlm dunia usaha Sumber: Eriska Febrianto

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun