Mohon tunggu...
Muhammad Ludfi
Muhammad Ludfi Mohon Tunggu... Administrasi - Pekerja dibalik layar, Pengabdi Tanah Air dan Aktif di Kepramukaan

Penghobi bersepeda yang sedang belajar jadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Metode Kepramukaan: Kehadiran Orang Dewasa yang Memberikan Bimbingan, Dorongan, dan Dukungan (Bagian: 6)

14 September 2024   08:00 Diperbarui: 14 September 2024   08:03 386
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar : mediaharapan.com

Pramuka bukan hanya sekadar kegiatan ekstrakurikuler. Di balik setiap kegiatannya, terdapat sosok-sosok penting yang berperan sebagai pembimbing, yaitu orang dewasa. Mereka hadir tidak hanya sebagai pengawas, tetapi juga sebagai mentor, sahabat, dan sumber inspirasi bagi para Pramuka.

Anggota dewasa berfungsi sebagai perencanaan, organisator, pelaksanaan, pengendalian, pengawas dan penilai. Sedang Pramuka Penegak dan Pandega berfungsi sebagai pembantu anggota dewasa dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan. Anggota muda yang dalam melaksanakan kegiatan yang dimaksud, diharap dapat melakukan konsultasi dengan anggota dewasa . Dan pada waktu pelaksanaan kegiatan tersebut, anggota dewasa diharapkan dapat memberikan pembinaan dan pendampingan. Dikarenakan anggota dewasa bertanggungjawab atas pelaksanaan kegiatan kepramukaan oleh anggota muda.

Mengapa Peran Orang Dewasa Sangat Penting?

Orang dewasa memiliki peran yang sangat krusial dalam kepramukaan karena:

  • Transfer Pengetahuan dan Keterampilan: Orang dewasa memiliki pengalaman hidup yang lebih luas dan beragam. Mereka dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan para Pramuka.
  • Membentuk Karakter: Melalui bimbingan dan teladan, orang dewasa dapat membantu membentuk karakter Pramuka menjadi lebih baik.
  • Memberikan Motivasi: Dorongan dan dukungan dari orang dewasa sangat penting untuk memotivasi Pramuka agar terus berkembang.
  • Menjadi Panutan: Orang dewasa menjadi panutan bagi Pramuka dalam hal sikap, perilaku, dan nilai-nilai kehidupan.

Tugas dan Tanggung Jawab Orang Dewasa dalam Kepramukaan

  • Perencana: Orang dewasa berperan dalam merencanakan kegiatan Pramuka, mulai dari menentukan tema, membuat jadwal, hingga menyiapkan logistik.
  • Pelaksana: Orang dewasa ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka, baik sebagai fasilitator maupun sebagai peserta.
  • Pengawas: Orang dewasa bertanggung jawab untuk mengawasi jalannya kegiatan dan memastikan keamanan peserta.
  • Penilai: Orang dewasa memberikan penilaian terhadap perkembangan peserta didik.
  • Pembimbing: Orang dewasa memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik dalam mengatasi masalah dan mengambil keputusan.

Kualitas yang Harus Dimiliki Seorang Pembina Pramuka

  • Sabar: Seorang pembina harus memiliki kesabaran yang tinggi dalam menghadapi berbagai karakter peserta didik.
  • Teladan: Pembina harus menjadi teladan bagi peserta didik dalam segala hal.
  • Kreatif: Pembina harus mampu menciptakan kegiatan yang menarik dan inovatif.
  • Peduli: Pembina harus peduli terhadap perkembangan peserta didik.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik: Pembina harus mampu berkomunikasi dengan efektif baik dengan peserta didik maupun dengan orang tua.

Tantangan yang Dihadapi Pembina Pramuka

  • Keterbatasan waktu: Pembina seringkali memiliki kesibukan lain sehingga waktu untuk membina Pramuka menjadi terbatas.
  • Keterbatasan sumber daya: Tidak semua gugus depan memiliki fasilitas yang lengkap dan dana yang cukup.
  • Perkembangan teknologi: Perkembangan teknologi membuat peserta didik lebih tertarik pada gadget dan media sosial sehingga sulit untuk fokus pada kegiatan Pramuka.

Solusi untuk Mengatasi Tantangan

  • Kerjasama tim: Pembina dapat bekerja sama dengan pembina lain untuk berbagi tugas dan tanggung jawab.
  • Memanfaatkan sumber daya yang ada: Pembina dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar untuk mendukung kegiatan Pramuka.
  • Mengikuti pelatihan: Pembina perlu mengikuti pelatihan berupa Kursus Mahir Dasar (KMD) untuk meningkatkan kompetensinya.
  • Menciptakan kegiatan yang menarik: Pembina harus terus berinovasi dalam menciptakan kegiatan yang menarik minat peserta didik.

Kesimpulan

Peran orang dewasa dalam kepramukaan sangat penting. Mereka adalah sosok yang menginspirasi dan membimbing Pramuka untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan dukungan dari orang dewasa, Pramuka akan tumbuh menjadi generasi muda yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Panggilan Aksi

Mari kita bersama-sama memberikan dukungan kepada para pembina Pramuka. Dengan demikian, kita dapat menciptakan generasi muda yang lebih baik melalui gerakan Pramuka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun