Mohon tunggu...
Odin Prianto Siringo Ringo
Odin Prianto Siringo Ringo Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Freelancer | Chief Technology Officer (CTO)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

5 Dasar Pemasaran Online Produk dan Jasa untuk Pemula

14 Desember 2022   13:34 Diperbarui: 14 Desember 2022   13:43 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Disini saya tidak untuk berbicara mengenai hal-hal yang kompleks untuk pelaku usaha online pemula dalam upaya mempelajari cara digital marketing yang tepat di era digital seperti sekarang ini.

Singkatnya, tulisan ini menjelaskan pada Anda apa dan bagaimana cara yang dapat Anda tempuh untuk melakukan pemasaran produk atau jasa Anda secara online.

Jika pemahaman yang lebih tinggi diperlukan, saya sangat menyarankan Anda berkunjung ke halaman digital marketer indonesia di www.seodin.my.id. Anda akan menemukan banyak ulasan yang terkait dengan strategi bisnis online.

Cara Melakukan Penawaran secara Online

Berikut 5 upaya yang dapat Anda tempuh untuk melakukan penawaran atau penjualan dari produk atau jasa Anda secara online:

1. Pembuatan Website atau Landing Page

Langkah pertama yang dapat Anda tempuh adalah dengan membuat sebuah website khusus yang menjelaskan tentang produk atau jasa Anda. Di halaman ini Anda dapat menjabarkan secara lengkap mengenai produk atau jasa, seperti apa melakukan pemesanan, sampai ulasan mengenai profil usaha Anda.

Jika Anda tidak dibekali ilmu pengembangan web, Anda dapat melakukan pemesanan ke jasa pembuatan website yang dapat Anda temukan di internet. Silakan lakukan penelusuran dengan kata kunci "jasa pembuatan website".

2. Optimasi Halaman Website atau Landing Page

Jika Anda telah memiliki website, lakukan upaya bagaimana agar halaman Anda tersebut dapat muncul di mesin penelusuran seperti Google dan Bing. Upaya ini disebut dengan search engine optimization (SEO).

Pada umumnya jasa pembuatan website sudah menambahkan layanan SEO ke dalam paket pembuatan website, hanya saja masih bersifat dasar. Mengingat SEO merupakan upaya yang berkesinambungan, Anda juga perlu bekerjasama denga pihak jasa SEO yang ada di internet.

Jelaskan tujuan Anda di halaman Google dengan kata kunci tertentu kepada agensi SEO, agar mereka dapat mengerti bagaimana langkah yang tepat untuk melakukan optimasi website Anda.

3. Pembuatan Backlink untuk Website atau Landing Page

Jika website dengan upaya SEO telah Anda lakukan tapi masih belum mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda juga perlu menjalankan stratagi pembuatan backlink untuk website atau landing page Anda.

Sejatinya hal ini sudah termasuk dalam kampanye backlink. Lagi-lagi penentuan halaman mana yang berhak ada di hasil penelusuran pertama mesin telusur ditentukan oleh banyak faktor, untuk persaingan sangat tinggi Anda perlu berupaya sangat ekstra dan secara berkelanjutan melakukan optimasi, salah satunya dengan menambahkan backlink ke website Anda secara beraturan.

Beraturan maksudnya tidak dengan sembarangan. Karena jika Anda menghasilkan backlink dengan tidak wajar, mesin telusur akan memberikan penalti atas kegiatan Anda tersebut. Untuk itu, saya sangat menyarankan Anda bekerjasama dengan jasa backlink berkualitas yang juga dapat Anda temukan di internet.

4. Pembuatan Artikel atau Informasi di Website

Upaya berikut terbilang sangat unik, dan marak dilakukan oleh startup saat ini, dimana banyak pelaku usaha online memberikan edukasi, tutorial yang erat hubungan dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan dengan pembuatan artikel terkait.

Cara ini juga untuk mengurangi biaya iklan dan pengunjung website Anda lebih tertarget karena apa yang Anda ulas melalui artikel masih erat hubungannya dengan produk atau jasa Anda.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat sebuah artikel, Anda dapat bekerjasama dengan jasa penulis artikel yang ada di internet saat ini. Pastikan Anda bekerja sama dengan agensi yang tepat. Karena dewasa ini, banyak pelaku bisnis jasa penulis artikel yang menggunakan sistem AI (robot) dalam memproduksi artikel.

5. Media Sosial

Di era digital saat ini, banyak aktivitas masyarakat dilakukan di dunia online, bahkan untuk berinteraksi ke orang lain melalui jaringan media sosial. Contohnya saja Facebook, Instagram, atau TikTok. Media-media ini banyak dijadikan sarana untuk berkomunikasi oleh masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk bertemu secara langsung.

Anda sebagai pelaku bisnis online dapat "memanfaatkan" media sosial ini untuk memasarkan produk atau jasa Anda kepada pengguna jejaring di atas. Bahkan Anda disediakan ruang khusus untuk melakukan pemasangan iklan agar produk atau jasa Anda dapat lebih tertarget dengan pengguna jejaring sosial yang ada di dalamnya. Hal ini bisa berkaitan dengan lokasi, usia, hal-hal yang pengguna suka, dan lain-lain. Sehingga produk atau jasa Anda lebih mudah mendapatkan pelanggan baru.

Demikian 5 rekomendasi saya untuk Anda pelaku bisnis online pemula di tanah air. Ada banyak hal-hal lain yang perlu Anda cermati ketika Anda ada di bisnis online. Hal ini akan saya sampaikan di tulisan saya yang lain.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun