Mohon tunggu...
Luana Yunaneva
Luana Yunaneva Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist

Trainer BNSP RI, Public Speaker & Professional Hypnotherapist email: Luanayunaneva@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Kesempurnaan New Honda Vario 150 eSP Buat Pekerja Aktif di Lapangan

5 Mei 2016   19:01 Diperbarui: 6 Mei 2016   09:05 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi | astra-honda.com

Bekerja di lapangan merupakan sebuah tanggung jawab yang menuntut stamina dan performa lebih tinggi dibandingkan berkarir di dalam kantor. Sebut saja saja profesi wartawan, marketing, hingga ojek online yang sedang marak belakangan ini. Saya termasuk salah satunya.

Tuntutan mencari berita, menemui narasumber, dan menghadiri sejumlah undangan tentu mengharuskan saya bergerak cepat, tepat waktu. Beruntung, saya bisa mengendarai sepeda motor sehingga saya tidak perlu repot-repot harus berebut angkutan umum, pun memesan taksi atau ojek online. Dengan sekali 'ngeng', sampailah saya di lokasi peliputan

Sekitar tiga tahun berkutat di bidang pemberitaan, sepeda motor Revo merah selalu setia menemani aktivitas saya di jalanan. Mulai ngebut di jalan yang lurus semulus paha Syahrini, hingga masuk gang tikus yang lebarnya hanya bisa dilalui sebuah motor.

Terkenal dengan mesin yang irit bahan bakar, Honda – melalui Revo yang biasa saya pakai – sangat memudahkan pengelolaan keuangan saya. Cukup dengan isi bensin sekali dalam seminggu, saya bisa pergi ke sana-sini memuaskan hasrat jurnalistik, tanpa harus tekor di dompet, hehehe. Makanya ketika beberapa bulan lalu ada seseorang yang berminat membeli Revo kesayangan, saya tolak dengan halus. Alasannya sederhana. Motor yang saya beri nama Ren itu sudah cukup lama menemani saya mengelilingi kota dalam rangka menghasilkan banyak karya. Selain itu, saya belum bisa move on ke lain hati, sekalipun ada banyak sepeda motor keluaran terbaru dengan banyak promo yang ditampilkan.

Namun benteng pertahanan saya goyah ketika sepulang liputan, ada mas-mas yang membagikan brosur di jalan. Mengetahui kalau nggak mudah bekerja membagikan brosur sebagai sarana promosi, saya terima saja selembar kertas itu, lalu saya masukkan ke dalam jaket. Saya pun berlalu.

Setiba di kantor, saya pun iseng membuka brosur itu. Sekadar wawasan nggak papalah, begitu pikir saya. Kemudian, tatap mata saya terhenti pada satu type yang tipenya cukup asing yakni “Honda Vario 150 eSP”. Wah, tipe baru nich! Kalau biasanya saya cuek dengan sepeda motor keluaran terbaru, kali ini saya mulai kepo dengan browsing situs Honda.

Setelah mencoba mencari tahu, penampilan luar New Honda Vario 150 eSP ini sudah membuat saya terpesona. Sebut saja:

1 Front Steering Garnish yang berkarakter, stylish, dan maskulin. Cocok buat saya yang nggak terlalu feminim alias rada maskulin. Maklum donk, wartawati yang dituntut harus kerja tepat dan cepat, hehehe.

2. Headlight Garnish yang membuat Vario 150 eSP ini semakin kelihatan mewah.

3. Air Cleaner Garnish yang tampak elegan.

4. Side Body Garnish mengikuti garis dan lekukan bodi motor.

5. Rubber Step Floor dengan dua tone warna membuat kendaran ini tampak stylish dan sporty.

6. Radiator Garnish yang lebih futuristik.

7. Pelindung knalpot yang kelihatan agresif.

Kalau ada pepatah bilang 'don't judge the book just from the cover', dalam kasus ini pepatah tersebut bisa (saya buat) patah dulu. Vario 150 Sempurna yang memiliki konsep eksklusif dan premium ini adalah skuter matik (skutik) dengan mesin 150cc pertama. Canggihnya, teknologi ini diproduksi di Indonesia lho! Model ini nggak hanya menghasilkan performa tinggi tetapi juga diperkaya beberapa teknologi canggih seperti Answer Back System, Idling Stop System (ISS) dan ban tubeless yang akan saya jelaskan di bawah. Kekayaan inovasi inilah yang mampu memberikan kenyamanan berkendara.

Tidak hanya itu, mesin matik eSP 150 cc ini dilengkapi teknologi PGM-FI Honda sehingga mampu menghasilkan tenaga berlimpah, akselerasi responsif, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan.

Mau tahu kenapa sepeda motor ini irit bahan bakar, yang tentu berdampak pada isi dompet *tersenyum ala iblis*. Jadi, performa tinggi skutik ini membuat New Honda Vario 150 eSP mampu mencatat waktu 11,9 detik dengan top speed 102 km/jam. Catatan ini membuktikan kalau konsumsi BBM teririt di kelasnya sebesar 48 km/liter bisa terjadi berkat pengaktifan fitur Idling Stop System (metode ECE R40) dengan metode pengukuran EURO 3. Belum lagi, adanya teknologi pintar Enhanced Smart Power (ESP) ampu memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimasi gesekan. Dengan begitu, resiko enegi terbuang percuma pun menurun, dan energi yang keluar dari bahan bakar pun bisa dimanfaatkan secara optimal. Udah, segitu doank? Belum donk. Nah, teknologi eSP ini terintegrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara. Pun menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik. Kalau mau langsung "go", pengendara hanya perlu menarik tuas gas. Langsung "ngeng"! Ah, teknologi yang maju ini ternyata sangat irit ya! Saya yakin, Vario 150 Sempurna ini bisa membantu menjaga kesehatan dompet saya, hahaha.

Baru sehari membaca brosur dan website resmi Honda, ternyata tiga hari kemudian saya dikejutkan sesuatu di kantor.  New Vario 150 eSP yang belakangan menari-nari di pikiranku karena minta dibeli, ternyata nangkring di tempat parkir pojok. Kukelilingi sepeda motor berwarna hitam itu dengan sedikit bengong. Masih mulus dan belum ada plat nomornya. Milik siapakah kau ini gerangan?

Keesokan harinya setelah seharian beraktivitas di kantor, usut punya usut, sepeda motor yang memiliki berat kosong 109 kilogram tersebut adalah milik desainer, Bruno. Mumpung punya teman sendiri, saya pun meminta izin untuk mencobanya, dengan alasan saya kepo sesudah terima brosur dari mas-mas Honda di jalan, hehehe.

Saya pun membawa Vario 150 Sempurna dengan kapasitas tangki 5,5 liter bahan bakar itu berkeliling di jalanan sekitar kantor. Suara mesin yang halus, tarikan yang ringan, dan kopling otomatisnya tidak membuat saya kelelahan sebab saya hanya tinggal menarik gas dan rem, serta fokus memperhatikan jalan. Simpel kan?

img-20160505-wa0003-572b55518623bda10e44ebcf.jpg
img-20160505-wa0003-572b55518623bda10e44ebcf.jpg
Saya sedang berpose di atas sepeda motor Revo kesayangan (dokumentasi pribadi)

Saya pun langsung membayangkan, seandainya saya bisa memiliki sepeda motor New Vario 150 eSP, tentu pekerjaan saya sebagai wartawati yang banak terjun di lapangan ini pun tidak akan keteteran. Sempurna sudah profesi saya sebagai pemburu berita! Pasalnya, saya bisa segera menemui narasumber di mana pun mereka berada (asal masih di bumi aja deh). Di sisi lain, tubuh saya juga bisa santai ketika mengemudikan motor di jalan. Saya nggak usah lagi riweuh memindahkan gigi dengan kaki kiri.

Oh iya, ada enam varian warna lho dari Vario 150 eSP ini, antara lain Exclusive Matte Brown, Exclusive Pearl White, Exclusive Black Metallic, Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Blue, dan Exclusive Matte Brown. Anda suka yang mana dari kesempurnaan teknologi Honda untuk menunjang aktivitas di lapangan?

Bandung, 5 Mei 2016

Luana Yunaneva

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun