Mohon tunggu...
Maria Loiserina . T
Maria Loiserina . T Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UAJY

Saya adalah mahasiswa prodi manajemen yang tertarik di bidang SDM.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Aplikasi Teman Belajar: "LearnMate"

19 Juni 2024   13:05 Diperbarui: 19 Juni 2024   13:10 480
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada kelas Kewirausahaan yang kami ambil, kami diminta oleh dosen kami untuk membuat ide bisnis yang belum pernah ada sebelumnya dan tentunya akan bermanfaat bagi banyak orang. Sehingga terciptalah aplikasi teman belajar ini yang berbeda serta belum pernah ada sebelumnya dan tentu nantinya kami harapkan akan bermanfaat bagi banyak orang.

Sebelum terbentuknya aplikasi ini, kami masing-masing individu memiliki berbagai keprihatinan dengan berbagai fakta yang ada. Pada akhirnya terdapat salah satu keprihatinan yang kami ambil melalui 3 fakta yang berkaitan yaitu kurang tidur pada remaja memicu banyak masalah individu dan sosial, kuliah pagi pengaruhi kualitas tidur dan performa akademik mahasiswa dan fakta terakhir pentingnya time management bagi mahasiswa. 

Sehingga terciptalah Potential Purpose Statement yang dapat kami ambil untuk tujuan ide bisnis kami yaitu adalah agar “Setiap mahasiswa memiliki time management yang baik sehingga dapat menjamin kualitas tidur yang teratur dan meningkatkan performa akademik mereka yang baik”.

Aplikasi LearnMate menawarkan berbagai keuntungan yang signifikan bagi penggunanya, terutama bagi mahasiswa. Dengan adanya asisten virtual, pengguna dapat mengatur dan melacak pembelajaran mereka secara efektif dan efisien. 

Asisten virtual ini dapat membantu dalam membuat jadwal belajar, memberikan pengingat untuk tugas-tugas penting, serta memberikan saran untuk manajemen waktu yang lebih baik. Fitur ini sangat bermanfaat bagi banyak orang karena mampu meningkatkan produktivitas dan membantu mahasiswa dalam mengelola waktu mereka dengan lebih baik.

Salah satu fitur unggulan dari LearnMate adalah Fitur Pohon Pengetahuan, yang dirancang untuk meningkatkan minat belajar melalui sistem reward. Pengguna dapat memperoleh poin atau badge setiap kali mereka menyelesaikan modul, mengerjakan soal-soal atau kuis serta mencapai target tertentu. 

Sistem gamifikasi ini tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan tetapi juga memotivasi mahasiswa untuk terus belajar dan mencapai tujuan akademik mereka. LearnMate juga dilengkapi dengan Fitur Countdown yang membantu pengguna mengatur pengingat dan tenggat waktu untuk berbagai aspek kehidupan. 

Fitur ini sangat berguna dalam membantu mahasiswa mengelola berbagai tanggung jawab, seperti ujian, proyek, dan kegiatan penting lainnya yang akan dilakukan oleh pengguna. Misalnya, mahasiswa dapat memasukkan tenggat waktu untuk ujian atau tugas, serta tanggal penting lainnya seperti kelulusan, pernikahan, atau acara penting lainnya. 

Dengan demikian, mahasiswa dapat mengatur waktu mereka dengan lebih baik dan menghindari kelupaan terhadap tanggal-tanggal penting. Fitur Harta pada LearnMate dirancang untuk membantu pengguna menyeimbangkan berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk pembelajaran, kesehatan mental, spiritualitas, dan hubungan sosial. 

Pengguna dapat melacak jumlah ibadah yang dilakukan, tingkat kesehatan mental, durasi atau kualitas tidur, tingkat dukungan sosial, serta komunikasi dengan keluarga dan teman. Selain itu, fitur ini juga mencakup manajemen keuangan, seperti pengeluaran dan tingkat tabungan. 

Dengan adanya fitur ini, mahasiswa dapat memiliki gambaran yang lebih holistik mengenai kesejahteraan mereka dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki aspek-aspek yang kurang optimal. 

LearnMate juga dilengkapi dengan fitur dasar seperti pengaturan, layanan pelanggan, dan dukungan multi-bahasa untuk memastikan kenyamanan dan aksesibilitas bagi semua pengguna terutama bagi pelajar dari jenjang SD, SMA, mahasiswa maupun mereka yang ingin mengembangkan soft skill nya.

Untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi ini, ada beberapa pengeluaran yang perlu dipertimbangkan. Biaya Pengembangan dan Pemeliharaan Aplikasi diperkirakan mencapai Rp 30 juta untuk tahun pertama. 

Biaya Promosi dan Penjualan, yang meliputi strategi digital marketing seperti iklan media sosial, Google Ads, pembuatan konten, dan influencer marketing, diperkirakan sebesar Rp 15 juta untuk tahun pertama. Infrastruktur IT memerlukan biaya sebesar Rp 10 juta, sedangkan Gaji Mentorship untuk memberikan bimbingan dan dukungan kepada pengguna diperkirakan sebesar Rp 25 juta. Total anggaran biaya untuk tahun pertama mencapai Rp 80 juta.

Dengan berbagai fitur yang inovatif dan bermanfaat, serta perencanaan biaya yang matang, LearnMate diharapkan dapat membantu mahasiswa mengelola waktu mereka dengan lebih baik, menjaga keseimbangan hidup, dan meningkatkan performa akademik mereka secara signifikan.

dokpri
dokpri

Berikut adalah cara penggunaan dari LearnMate yang dapat membantu pelajar maupun mahasiswa dalam mengelola waktu dan tanggung jawab mereka dengan lebih efisien dan efektif:

1. Membuat Akun dan Profil:

Pengguna harus mendaftar dan membuat akun di aplikasi LearnMate.Setelah mendaftar, pengguna dapat membuat profil dengan mengisi informasi pribadi, tujuan akademik, serta preferensi belajar mereka.

2. Mengatur Jadwal Belajar:

Gunakan asisten virtual untuk mengatur jadwal belajar. Pengguna dapat memasukkan jadwal kuliah, waktu belajar, waktu istirahat, dan aktivitas lainnya. Asisten virtual akan memberikan pengingat otomatis untuk setiap aktivitas yang telah dijadwalkan, membantu pengguna tetap disiplin dan terorganisir.

3. Fitur Pohon Pengetahuan:

Pengguna dapat mengakses modul pembelajaran yang tersedia di aplikasi.Setiap kali pengguna menyelesaikan modul atau mencapai target tertentu, mereka akan mendapatkan poin atau badge sebagai bentuk penghargaan.Sistem gamifikasi ini membuat belajar menjadi lebih menarik dan memotivasi pengguna untuk terus belajar dan mencapai tujuan akademik mereka.

4. Fitur Countdown:

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur pengingat dan tenggat waktu untuk ujian, tugas, proyek, dan acara penting lainnya.Pengguna dapat memasukkan tanggal-tanggal penting dan menerima pengingat menjelang tenggat waktu, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik.

5. Fitur Harta:

Pengguna dapat melacak berbagai aspek kesejahteraan mereka, termasuk pembelajaran, kesehatan mental, spiritualitas, dan hubungan sosial.Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk melacak durasi dan kualitas tidur, tingkat dukungan sosial, komunikasi dengan keluarga dan teman, serta manajemen keuangan mereka.Dengan fitur ini, pengguna dapat memperoleh gambaran holistik mengenai kesejahteraan mereka dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki aspek-aspek yang kurang optimal.

6. Layanan Pelanggan dan Dukungan Multi-bahasa:

LearnMate dilengkapi dengan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna dengan segala pertanyaan atau masalah yang mereka hadapi.Dukungan multi-bahasa memastikan aplikasi ini dapat diakses oleh pengguna dari berbagai latar belakang bahasa, membuatnya lebih inklusif dan nyaman digunakan.

Untuk menilai keberhasilan dan kesuksesan dari aplikasi kami, kami akan menunggu dan memperhatikan perkembangan komentar dan respon dari para pengguna baik pelajar, mahasiswa maupun  masyarakat yang menggunakan aplikasi "LearnMate" kami. 

Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang memuaskan dan bahagia bagi para pengguna kami melalui aplikasi “LearnMate” yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan didalamnya. Kami juga akan menolong dan membantu para pengguna atau konsumen untuk lebih bisa mengembangkan kemampuan akademik serta memiliki time management yang baik dengan bantuan aplikasi LearnMate.

Nantinya ide bisnis kami akan dipamerkan pada acara Atma Biz Expo selama 2 hari. Acara ini diselenggarakan oleh pihak Kampus Atma Jaya Yogyakarta fakultas bisnis dan ekonomika, acara tersebut berlangsung pada tanggal 6-7 Juni 2024 yang berlokasikan di kampus 3 gedung Bonaventura Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Di situ para mahasiswa dianjurkan untuk memperkenalkan produk atau inovasi mereka kepada mahasiswa.

- Kewirausahaan Kelas M -

KELOMPOK 4 :

1. Maria Loiserina Turnip / 210326554

2. Yesica Yohana / 210326550

3. Magdalena Enjelita Debi Bau / 230327619

4. Daniel / 230327629

5. Theresia Indah Simarmata / 230327633

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun