Dear Supporter,
Sudah bukan rahasia lagi bahwa mengerjakan pekerjaan yang berlebihan dapat membuat kita menjadi stres dan kurang bahagia, terutama jika bekerja terlalu lama. Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu lebih dari 11 jam di kantor memiliki risiko 67% lebih rentan terkena penyakit jantung. Entah Anda sebagai seorang pekerja freelance online yang kerja paruh waktu maupun pekerja yang bekerja full time di kantor, sudah saatnya Anda mendisiplinkan waktu kerja agar lebih sehat. Ini dia tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.
Buat To-Do List
Membuat rencana kerja sangat penting dilakukan agar mengetahui pekerjaan mana saja yang harus diprioritaskan. Dengan membuat perencanaan kerja di awal hari, pekerjaan Anda dapat lebih cepat selesai sehingga menghemat waktu kerja dan dapat menghindari waktu lembur.
Buat Deadline
Deadline sangat dibutuhkan agar kinerja Anda dapat terarah dengan baik serta meningkatkan produktivitas Anda bekerja. Jika perusahaan tidak memberikan deadline, Anda dapat membuatnya sendiri. Terapkan pada setiap task yang diberikan agar lebih terpacu untuk menyelesaikannya dengan lebih cepat.
Berhenti Membuka Sosial Media
Anda yang aktif bermain sosial media, sebaiknya mendisiplinkan waktu, kapan Anda harus membukanya. Namun disarankan, sebaiknya Anda mematikannya saat bekerja karena dapat mengganggu produktivitas dan tanpa disadari membuka sosial media saat bekerja juga akan menyita banyak waktu sehingga menghambat pekerjaan Anda.
Capture Pekerjaan Anda
Anda juga dapat memanfaatkan teknologi, menggunakan gadget untuk meningkatkan produktivitas. Anda dapat meng-capture hasil pekerjaan dan melakukan review saat berada dalam perjalanan pulang agar sewaktu pulang ke rumah, Anda tak perlu lagi membuka laptop untuk menyelesaikannya.
Lunch dengan Menu Ringan
Saat lunch, hindari konsumsi makanan berat karena akan membuat Anda cepat lemas dan mengantuk. Selain itu, hindari pula makan di kafe atau restoran yang letaknya jauh dari kantor karena akan membuat Anda terlambat kembali ke kantor dan membuat Anda malas menyelesaikan kembali pekerjaan.
Meeting
Jika Anda memiliki rencana meeting di luar kantor saat mendekati waktu pulang bekerja, selesaikan pekerjaan Anda di awal jam kerja agar tidak memiliki tanggungan pekerjaan setelah jam kerja selesai. Dengan demikian, Anda pun dapat langsung pulang sehabis meeting.
Bekerja dengan produktif dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan membuat Anda lebih sehat terbebas dari stres. Untuk Anda yang belum bekerja, segera siapkan surat lamaran kerja dan jangan menyerah untuk mencari peluang lowongan pekerjaan terbaru. Selamat mencoba!
Happy Working !
Sources:
- vemale.com/relationship/karier/74786-persingkat-jam-kerja-dan-hidup-lebih-sehat.html
- aquariuslearning.co.id/13-tips-mudah-untuk-meningkatkan-produktivitas-kerja/
Diakses pada 27 Oktober 2014.