Mohon tunggu...
Livvia Qomatfian
Livvia Qomatfian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru Kreatif Inovatif menggunakan Alat Peraga Kinematika Gerak Lurus dari Barang Bekas

31 Mei 2022   19:31 Diperbarui: 31 Mei 2022   19:37 2853
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru dituntut menjadi kreatif dan inovatif seiring perkembangan zaman. Hal tersebut dilakukan agar siswa  tidak bosan dan mudah memahami materi yang di sampaikan guru. Salah satu metodenya, dengan praktik menggunakan alat peraga. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo prodi PGSD semester 2 serentak membuat alat peraga dari barang bekas untuk mengurangi potensi limbah di masyarakat juga memanfaatkan barang tidak terpakai menjadi media pembelajaran layak pakai. Hal ini, dilakukan sebagai pemenuhan mata kuliah Konsep Dasar IPA Fisika.

Kelompok 3 PGSD 2C yang beranggotakan 3 anak, yaitu :

1. Livvia Khusnul Qomatfian,

2. Wahib Nasir Alhidri ,

3. Reza Nurfadila Munawaroh,

mendapatkan materi tentang gerak. Kami memilih membuat alat peraga mengenai kinematika gerak lurus dengan anggapan alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, simpel, serta penyampaian materi mudah dan lebih menyeluruh. Pembuatan alat peraga ini dimulai pada Rabu, 13 April 2022 dengan menyiapkan 3 lintasan mobil yang menggambarkan GLB dan GLBB.

whatsapp-image-2022-05-30-at-21-58-30-6294e34dce96e5797a77b5a2.jpeg
whatsapp-image-2022-05-30-at-21-58-30-6294e34dce96e5797a77b5a2.jpeg
Untuk cara membuat media belajar kinematika gerak dapat dilihat pada video dibawah ini :

Pada Kamis, 12 Mei 2022 mahasiswa PGSD 2C melakukan simulasi uji coba pembelajaran dengan teman sebaya. Alat peraga Kinematika Gerak Lurus menuai banyak komentar positif dari teman-teman. Berikut hasil penilaian untuk kelompok 3 :

whatsapp-image-2022-05-31-at-16-33-49-6295e77953e2c3387d765d52.jpeg
whatsapp-image-2022-05-31-at-16-33-49-6295e77953e2c3387d765d52.jpeg
 
whatsapp-image-2022-05-31-at-16-49-57-6295ea8153e2c32cd85f3222.jpeg
whatsapp-image-2022-05-31-at-16-49-57-6295ea8153e2c32cd85f3222.jpeg
Pada Selasa, 24 Mei 2022 kami melanjutkan kegiatan simulasi pembelajaran menggunakan alat peraga tersebut kepada 8 anak Panti Asuhan Muhammadiyah yang berlokasi di Jl. Plaosan V, Plaosan, Purworejo. Anak yang mengikuti pembelajaran kami diantaranya dari kelas 6 SD 1 anak, kelas 5 SD 2 anak, kelas 3 SD 2 anak, 1 anak SMP kelas 1, dan 2 anak TK yang penasaran dan tertarik mencoba ketika melihat alat peraga kami.

Video simulasi alat peraga kinematika gerak lurus dapat dilihat dibawah ini :


Pembelajaran hari itu berjalan secara kondusif terlihat dengan anak yang asik mendengarkan, mencoba, serta aktif menjawab beberapa pertanyaan dari materi yang telah disampaikan. Tanggapan anak mengenai alat peraga kami pun "BAIK" jika dilihat dari inisiatif keingintahuan anak. Keinginan mencoba anak yang tinggi memperlihatkan bahwa pembelajaran menggunakan alat peraga ini menarik dan tidak membosankan bagi mereka. Anak dapat menjelaskan kembali materi pembelajaran yang telah disampaikan pun menandakan alat peraga kami sukses memudahkan anak dalam memahami materi gerak, walaupun masih terdapat beberapa anak yang kesulitan dalam menghitung analisis data percobaan, karena ternyata mereka masih bingung cara menghitung pembagian yang kebanyakan dari percobaan ini hasilnya koma.

Di bawah ini merupakan salah satu hasil analisis percobaan anak dalam menghitung GLB dan GLBB : 

whatsapp-image-2022-05-31-at-18-06-47-6295f7f2bb44862ce1088f62.jpeg
whatsapp-image-2022-05-31-at-18-06-47-6295f7f2bb44862ce1088f62.jpeg
whatsapp-image-2022-05-31-at-18-06-47-1-6295f80dce96e5494f5e6c82.jpeg
whatsapp-image-2022-05-31-at-18-06-47-1-6295f80dce96e5494f5e6c82.jpeg
Kegiatan simulasi ini, memberikan pengalaman baru bagi kami bahwa dalam membimbing anak SD belajar harus lebih sabar dan telaten agar dapat dimengerti mereka. Sifat anak yang suka dipuji pun menjadikan kami paham adanya apresiasi berperan penting sebagai dorongan semangat belajar.

Dokumentasi Simulasi :

1. Penyampaian materi

whatsapp-image-2022-05-31-at-17-42-21-6295feb2bb44864eb74561a2.jpeg
whatsapp-image-2022-05-31-at-17-42-21-6295feb2bb44864eb74561a2.jpeg
Isi materi yang disampaikan :

Kinematika adalah Cabang ilmu Fisika yang membahas gerak benda tanpa memperhatikan penyebab gerak benda(gaya). Tetapi, ditinjau dari kecepatan dan kelajuan/percepatan benda.

Gerak merupakan perpindahan benda dari titik satu ke titik lainnya.

Berdasarkan acuan pengamatan,  gerak benda dibedakan menjadi 2, yaitu :

  • Gerak Semu adalah suatu gerak yang mengalami perpindahan dengan sifat seolah-olah sedang melihat benda lain bergerak (ilusi). Contoh : Ketika kita berjalan pada siang hari, matahari seolah mengikuti kita.
  • Gerak Relatif adalah suatu gerak yang mengalami perpindahan dengan sifat bergantung pada posisi pengamatan atau titik acuan. Contoh : Ketika kita naik mobil, seolah pepohonan yang berjalan (padahal kita yang berjalan).

Berdasarkan bentuk lintasannya, gerak benda dibedakan menjadi 3, yaitu :

  • Gerak lurus yang merupakan gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus, misalnya: gerak kereta api di atas rel yang lurus, gerak kelereng yang digelindingkan di lantai, gerak pelari cepat, dll.
  • Gerak lengkung (parabola) yaitu gerak suatu benda yang lintasannyya berupa garis lengkung, misalnya gerak anak panah yang dilepas dari busur, bola yang ditendang, peluru yang ditembakkan, dll.
  • Gerak melingkar adalah gerak yang lintasannya berupa lingkaran, misalnya gerak jarum jam, gerak komedi putar, gerak baling-baling.

Gerak Lurus dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

  • Gerak Lurus Beraturan (GLB), yaitu perubahan posisi benda atau juga gerak benda yang memiliki kecepatan konstan. Maksud konstan adalah kecepatannya tetap, sama atau tidak berubah. Gerak lurus beraturan tidak mengalami percepatan (a=0). Karena kecepatan pada gerak lurus beraturan dari t=0 sampai waktu t, maka grafik kecepatan terhadap waktu menjadi hanya berupa garis lurus. (LINTASAN DATAR)

Rumus : v = s/t

Keterangan :

v = kecepatan (m/s)

s = perpindahan (m)

t = waktu (s)

  • Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan adalah gerak lurus yang mengalami perubahan kecepatan atau mengalami percepatan. Contoh dalam kehidupan sehari hari, saat kita melihat ke jalanan, ada kendaraan yang mula-mula bergerak lambat, lama kelamaan berubah menjadi cepat (dipercepat), atau bola yang menggelinding lama-kelamaan menjadi berhenti (diperlambat). (LINTASAN MENURUN TERDAPAT HAMBATAN=LAMBAT dan LINTASAN MENURUN HALUS=CEPAT)

Rumus: a = (vt - vo) / (tt - to)

Keterangan :

a = percepatan (m/s^2)

vt = kecepatan akhir (m/s)

v0 = kecepatan awal  (m/s)

tt = waktu akhir (s)

t0 = waktu awal (s)

2. Melakukan Percobaan dan Analisis Data

whatsapp-image-2022-05-30-at-22-16-41-6295ff85bb448601402f0272.jpeg
whatsapp-image-2022-05-30-at-22-16-41-6295ff85bb448601402f0272.jpeg
3. Sesi Tanya Jawab

whatsapp-image-2022-05-30-at-22-16-42-1-6295ffb053e2c33f561c6462.jpeg
whatsapp-image-2022-05-30-at-22-16-42-1-6295ffb053e2c33f561c6462.jpeg
4. Penutup dan Foto Bersama

whatsapp-image-2022-05-30-at-22-16-42-6295fffd53e2c34d0927c5e2.jpeg
whatsapp-image-2022-05-30-at-22-16-42-6295fffd53e2c34d0927c5e2.jpeg
whatsapp-image-2022-05-30-at-22-11-16-62960016ce96e548bb53e322.jpeg
whatsapp-image-2022-05-30-at-22-11-16-62960016ce96e548bb53e322.jpeg

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun