Kehadiran nilai dalam diri seseorang dapat berfungsi sebagai standar bagi seseorang dalam mengambil posisi khusus dalam suatu masalah, sebagai bahan evaluasi dalam membuat keputusan, bahkan hingga berfungsi sebagai motivasi dalam mengarahkan tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai guru penggerak harus memiliki komiten untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid, menjadi agen perubahan  yang  mampu tergerak, bergerak dan menggerakkan.Â
tergerak berarti secara sadar dan tanpa paksaan untuk menjadi agen perubahan dari pembelajaran, bergerak berarti mampu melakukan aksi untuk mewujudkan perubahan pembelajaran dan menggerakkan berarti mampu merangkul atau mengajak sekitar untuk mewujudkan perubahan pembelajaran. Untuk itu penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak.
Nilai Nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak adalah :
Mandiri
Mandiri berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Guru Penggerak yang mandiri, berarti guru tersebut mampu memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri.
Reflektif
Reflektif adalah sebuah upaya sadar seseorang untuk mengevaluasi diri menuju perubahan yang lebih baik, memaknai pengalaman, mengambil pelajaran, menemukan solusi atas kekurangan dan mengembangkan keberhasilan.
Kolaboratif
Kolaboratif adalah seseorang yang memiliki inisiatif untuk mengajak orang lain atau rekan kerja untuk bekerja kerja sama di lingkungan sekolah, orang tua maupun pemangku kepentingan yang ada kaitannya dengan pembelajaran agar mencapai perubahan yang lebih baik dalam pendidikan.
Inovatif
Inovatif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu.