CGP A11 Kota Kediri
Jurnal Refleksi Dwi MingguanÂ
Modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid
Pembelajaran Berdiferensiasi
Oleh: Listyarini Intanti
Pada jurnal refleksi modul 2.1 saya menggunakan model 4F (Fact, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat juga diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan).
1. Fact (Peristiwa)
Pada modul 2.1 ini saya mempelajari tentang untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Pembelajaran dimulai pada 20 Agustus 2024 dengan Pre-test Paket Modul 2. Berikutnya dilanjutkan mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan selanjutnya aksi nyata kaitannya pembelajaran berdiferensiasi.
Saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman pada pembelajaran modul 2.1 ini, diantaranya pembelajaran berdiferensiasi yang mana pembelajaran ini mengakomodasi kebutuhan murid dalam kelas. Untuk memulai pembelajaran berdiferensiasi sebagai seorang pendidik haruslah mengetahui kebutuhan belajar murid terlebih dahulu sehingga pembelajaran yang diberikan kepada murid memperhatikan aspek kesiapan belajar murid, minat, dan profil belajar murid.
2.Feelings (Perasaan)
Ketika mempelajari modul 2.1 kaitannya pembelajaran berdiferensiasi ini saya merasa begitu bersemangat bahkan sangat antusias untuk memperdalam pengetahuan saya mengenai pembelajaran berdiferensiasi. Saya merasa kagum dengan semua guru hebat yang terlibat langsung dalam sesi diskusi maupun kolaborasi. Ide dan gagasan yang disampaikan membuat saya terinspirasi dalam memberikan pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan murid, terutama dalam memberikan pembelajaran berdiferensiasi sesuai minat belajar, profil belajar, dan kesiapan belajar murid.
3. Findings (Pembelajaran)
Setelah mempelajari modul 2.1 kaitannya pembelajaran berdiferensiasi, saya belajar bahwasannya banyak keberagaman murid yang perlu diperhatikan dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid. Keberagaman murid ini meliputi diantaranya keberagaman bahasa, gaya belajar, minat, fisik, kemampuan, kondisi sosial emosioanal, dll. Keberagaman murid menciptakan kondisi tantangan yang beragam pula,  Oleh karenanya penerapan pembelajaran berdiferensiasi sangat membantu sekali dalam memberikan pembelajaran bermakna untuk mendukung semua murid di kelas. Dalam hal ini saya memetik pembelajaran bahwa setiap orang di dalam kelas harus saling menghargai, guru dan murid perlu berkolaborasi untuk pertumbuhan  dan kesuksesan bersama.Â
4. Future (Penerapan)
Beberapa hal yang akan saya lakukan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi diantaranya:
a. Melakukan assesmen awal
b. Memetakan minat, profil, dan kesiapan belajar muridÂ
c. Mengembangkan kegiatan bervariasi sesuai diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.
d. Menggunakan pengelompokan yang fleksibel sesuai kesiapan, kemampuan, dan minat murid.
e. Menciptakan inovasi pembelajaran sehingga murid senang belajar dan terlibat aktif dalam pembelajaran.
Salam dan Bahagia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H