Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Rapor Menulis 2018, Keajaiban yang Dihasilkan Tulisan!

3 Januari 2019   22:51 Diperbarui: 4 Januari 2019   01:16 419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi | https://www.pexels.com

Tiga hari sudah kita melewati tahun yang baru, apa tulisanmu juga sudah ada yang baru?

Salah satu hal yang mendebarkan -sekaligus mengasyikan- bagi seorang penulis blog (blogger) ketika menghabiskan waktu 365 hari  adalah menghitung jumlah tulisan. Setidaknya itu yang saya rasakan selama empat tahun ini sih, nggak tahu kalau kamu gimans. Jumlah tulisan yang bukan semata soal seberapa banyaknya pun menjadi gambaran perjalanan menulis setahun belakangan. 

Ya, ternyata punya kecanduan menulis membuat saya punya rapor istimewa. Rapor menulis yang meski tidak berbentuk buku dan tanpa perlu ditandatangani orangtua.

Rangkuman tulisan setahun belakangan

Setelah dihitung secara manual, jumlah tulisan yang berhasil saya lahirkan di tahun ini ada sebanyak 104 artikel. Kata mama, "kok banyak sekali". Kata temen, "kamu kok bisa segitu". Kata saya, "belum apa-apa itu mah".

Mencapai angka 104 memang bukan angka yang bisa dibilang sedikit. Saya sendiri tidak menyangka bisa melebihi seratus. Sampai-sampai saya yang menulis saja lupa pernah menulis apa saja.

Saya katakan belum apa-apa bukan bermaksud apa-apa, karena jika dihitung secara matematika dalam setahun rupanya saya hanya mampu menulis 3,5 artikel/harinya. Padahal maunya saya 1 artkel/hari alias one day one article, tetapi ternyata memang tak mudah.

Namun saya tidak berkecil hati, karena meski tidak tercapai resolusi untuk menulis perhari satu, saya cukup bahagia bisa merasakan sensasinya ditahun ini. Tepatnya saat bulan puasa, saya ternyata mampu menulis 32 artikel tanpa henti. 

Ah iya, setahun belakangan ini saya memang suka sekali mencari alasan untuk menunda sebuah tulisan. Kalau benar-benar mau, cukup menyisihkan dua jam untuk menulis sebenarnya bisa-bisa saja.

Dari total 104 artikel, sebanyak 72 tulisan mengenai gaya hidup (termasuk soal olahraga, bisnis, kuliner, musik dan transportasi). Disusul artikel kesehatan yang berhasil ditayangkan sebanyak 19 artikel. Sisanya, sebanyak 13 artikel disumbangkan dari kanal fiksi yang terdiri dari 12 (yang katanya) puisi dan 1 cerpen saja.

Untuk fiksi, jumlah 13 artikel adalah angka yang sudah melampaui target 2018. Sebab target saya, 1 fiksi per bulan saja. Beruntung, saya bisa mengejarnya di akhir tahun, pada bulan desember. Dimana di bulan itu saya lebih banyak singgah di kanal fiksi. Jadi jangan kira saya berpindah jalur apalagi disangka galau. Eh galau sedikit,sih. HAHA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun