Mohon tunggu...
listachairunnisa
listachairunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

SEL(Sosial Emotional Learning) CASEL(Colaborative Academic Sosial Emotional Learning)

19 Januari 2025   18:17 Diperbarui: 19 Januari 2025   18:17 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sosial Emotional Learning (SEL) dan CASEL: Fondasi Penting untuk Pendidikan Holistik

Dalam dunia pendidikan modern, keterampilan sosial dan emosional memiliki peran yang sama pentingnya dengan kemampuan akademik. Salah satu pendekatan yang menonjol adalah Social Emotional Learning (SEL), yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan sosial dan emosional kepada siswa. Untuk mendukung implementasi SEL secara efektif, organisasi seperti Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL) berperan sebagai panduan. Berikut penjelasan lebih mendalam tentang SEL dan CASEL.

Apa Itu Sosial Emotional Learning (SEL)?

Social Emotional Learning (SEL) adalah proses pembelajaran untuk membantu individu memahami, mengelola emosi, mencapai tujuan positif, merasakan empati terhadap orang lain, membangun hubungan sehat, dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab.

Tujuan SEL:

  • Mengembangkan kemampuan untuk mengenali dan mengelola emosi.
  • Meningkatkan keterampilan interpersonal, seperti kerja sama dan empati.
  • Menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung kesejahteraan mental siswa.

Lima Kompetensi Inti SEL

Menurut CASEL, SEL terdiri dari lima kompetensi inti:

  1. Kesadaran Diri (Self-Awareness):

    • Kemampuan mengenali emosi, nilai, dan kekuatan diri.
    • Contoh: Siswa belajar mengenali apa yang membuat mereka stres dan bagaimana menghadapinya.
  2. Pengelolaan Diri (Self-Management):

    • Kemampuan mengatur emosi, pikiran, dan perilaku secara efektif.
    • Contoh: Siswa mempraktikkan keterampilan seperti pengendalian impuls dan pengaturan waktu.
  3. Kesadaran Sosial (Social Awareness):

    • Kemampuan memahami dan merasakan empati terhadap orang lain dari berbagai latar belakang.
    • Contoh: Siswa memahami perspektif teman sekelas yang berbeda budaya atau bahasa.
  4. Keterampilan Relasi (Relationship Skills):

    • Kemampuan membangun dan mempertahankan hubungan positif.
    • Contoh: Siswa belajar menyelesaikan konflik secara konstruktif.
  5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (Responsible Decision-Making):

    • Kemampuan membuat pilihan yang etis dan penuh pertimbangan.
    • Contoh: Siswa menimbang konsekuensi sebelum membuat keputusan yang memengaruhi diri sendiri dan orang lain.

Apa Itu CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)?

CASEL adalah organisasi non-profit yang menjadi pelopor dalam penelitian, pengembangan, dan implementasi SEL secara global. Didirikan pada tahun 1994, CASEL memiliki misi untuk menjadikan SEL sebagai bagian penting dari pendidikan di seluruh dunia.

Peran CASEL:

  1. Panduan Implementasi SEL: CASEL menyediakan kerangka kerja yang membantu sekolah dan lembaga pendidikan menerapkan SEL dengan efektif.
  2. Penelitian dan Advokasi: CASEL mendukung penelitian untuk memperkuat bukti manfaat SEL dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
  3. Kolaborasi: CASEL bekerja sama dengan pendidik, pembuat kebijakan, dan komunitas untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang berfokus pada kesejahteraan sosial dan emosional.

Manfaat SEL Berdasarkan CASEL

Implementasi SEL yang efektif memberikan manfaat signifikan bagi siswa, sekolah, dan masyarakat:

  1. Peningkatan Prestasi Akademik:
    SEL membantu siswa meningkatkan kemampuan fokus, pengendalian diri, dan pengambilan keputusan, yang berkontribusi pada prestasi belajar yang lebih baik.

  2. Pengurangan Perilaku Negatif:
    Siswa yang belajar keterampilan sosial dan emosional cenderung memiliki tingkat perilaku negatif, seperti bullying atau konflik, yang lebih rendah.

  3. Kesejahteraan Mental yang Lebih Baik:
    SEL membantu siswa mengelola stres, kecemasan, dan tantangan emosional lainnya.

  4. Hubungan yang Lebih Positif:
    Siswa yang menguasai keterampilan relasi lebih mampu membangun hubungan yang sehat dengan teman sebaya, guru, dan keluarga.

Implementasi SEL di Sekolah

Implementasi SEL yang efektif memerlukan kolaborasi antara guru, siswa, orang tua, dan komunitas. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Mengintegrasikan SEL ke dalam Kurikulum:

    • Mengajarkan keterampilan seperti empati, kerja sama, dan pengelolaan emosi melalui mata pelajaran.
  2. Melatih Guru:

    • Guru diberikan pelatihan tentang cara mendukung pengembangan sosial-emosional siswa.
  3. Menciptakan Lingkungan Positif:

    • Sekolah harus menjadi tempat yang aman dan inklusif untuk semua siswa.
  4. Melibatkan Orang Tua:

    • Orang tua diajak untuk mendukung pengembangan SEL anak di rumah.

Kesimpulan

Social Emotional Learning (SEL) adalah pendekatan penting untuk membekali siswa dengan keterampilan sosial dan emosional yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan dukungan dari organisasi seperti CASEL, SEL dapat diintegrasikan secara efektif ke dalam sistem pendidikan untuk menciptakan siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga tangguh secara emosional dan sosial.

Implementasi SEL yang terencana tidak hanya bermanfaat bagi individu, tetapi juga membangun masyarakat yang lebih empati, inklusif, dan harmonis di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun