Mohon tunggu...
listachairunnisa
listachairunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Teori Jean Piaget dan Lev Vygtsky Dalam Perkembangan Kognitif Anak

18 Januari 2025   20:36 Diperbarui: 18 Januari 2025   20:36 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jean Piaget dan Lev Vygotsky adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan yang memberikan kontribusi besar dalam memahami perkembangan kognitif anak. Meskipun keduanya membahas topik serupa, mereka memiliki pendekatan yang berbeda. Berikut penjelasan tentang teori masing-masing:

1. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget

Piaget percaya bahwa perkembangan kognitif terjadi melalui serangkaian tahapan yang universal. Teorinya berfokus pada bagaimana anak membangun pemahaman tentang dunia melalui interaksi aktif dengan lingkungannya.
Piaget membagi perkembangan kognitif anak menjadi empat tahap:

  1. Tahap Sensorimotor (0-2 tahun)

    • Anak belajar melalui pancaindra dan gerakan fisik.
    • Pemahaman objek permanen (object permanence) mulai muncul.
  2. Tahap Praoperasional (2-7 tahun)

    • Anak mulai menggunakan simbol (seperti kata-kata dan gambar) untuk mewakili objek.
    • Berpikirnya masih egosentris, sulit memahami sudut pandang orang lain.
  3. Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun)

    • Anak mulai memahami konsep logis, tetapi terbatas pada situasi konkret.
    • Mereka memahami konservasi (bahwa jumlah benda tetap sama meskipun bentuknya berubah).
  4. Tahap Operasional Formal (11 tahun ke atas)

    • Anak dapat berpikir abstrak dan memecahkan masalah secara logis.
    • Mereka mulai membayangkan situasi hipotetis dan menggunakan penalaran ilmiah.

Ciri Utama Teori Piaget:

  • Perkembangan terjadi melalui eksplorasi dan pengalaman individu.
  • Pembelajaran adalah proses aktif yang melibatkan konstruksi pemahaman oleh anak.

2. Teori Sosial-Kultural Lev Vygotsky

Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif. Ia berpendapat bahwa pembelajaran terjadi melalui kolaborasi dengan orang lain, seperti orang dewasa atau teman sebaya.

Konsep Utama dalam Teori Vygotsky:

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun