Mohon tunggu...
lisniawati
lisniawati Mohon Tunggu... Guru - guru tk islam darul aini

suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Perkembangan Bahasa Anak melalui Metode di TPA Agnus Learning Academy

2 Juni 2023   21:33 Diperbarui: 2 Juni 2023   21:37 1635
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
MELALUI METODE BERNYANYI
DI   TPA AGNUS DEI  LEARNING ACADEMY ( ADLA ) JELAMBAR JAKARTA - BARAT

DI SUSUN OLEH
NAMA          : LISNIAWATI
NIM          : 857063106
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan
 Pendidikan Anak Usia Dini
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
UPEJJ -- UT JAKART
UNIVERSITAS TERBUKA
2020
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN ANALISIS KEGIATAN
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Judul Penelitian  : Analisis Pengembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bernyanyi
  di  TPA AGNUS DEI  LEARNING ACADEMY
   ( ADLA)  Jelambar Jakarta -  Barat
Tempat Penelitian :   TPA AGNUS DEI CARE Jelambar Jakarta - Barat
Hari/ Tanggal  Penelitian :  Rabu, 04 November 2020

Jakarta, 07 Desember 2020
Kepala  DAY CARE TPA AGNUS DEI                          Mahasiswa
 
 Melly Susanna Panjaitan. S. pd Lisniawati

   

KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah atas perlindungan ridhoNya, kami dapat menyelesaikan dengan baik penelitian ini dengan judul analisis perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi.  Penelitian ini merupakan salah satu syarat bagi penulis untuk mendapat gelar sarjana pada program Studi Pendidikan anak Usia Dini pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Universitas Terbuka. Dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan ini kami menyadari tentunya tidak sedikit kendala, hambatan dan kesulitan yang kami hadapi. Namun, atas bantuan dan bimbingan serta dorongan dari berbagai pihak laporan ini  dapat terselesaikan dengan baik.
`Pada kesempatan ini pula kami mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah turut ambil bagian dalam memberikan masukan ilmu dan pengalamannya  sehingga tersusun buku laporan analisis ini  terutama kepada :
1.Ibu Juhairiyah,S. pd M. pd selaku dosen pembimbing yang penuh kesabaran telah rela meluangkan waktu dan tenaga untuk memberikan bimbingan kepada peneliti dari awal penulisan hingga laporan ini selesai
2.Ibu Melly susanna. S.pd selaku Kepala Sekolah   TPA AGNUS DEI
3.Para dewan guru TPA AGNUS DEI yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk  melakukan obervasi dan wawancara, serta mendokumentasikan beberapa kegiatan
Semoga semua bantuan dan bimbingan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua amiin. Akhirnya peneliti berharap semoga budi baik dan jasa -- jasa semua pihak mendapat balasan dari Allah SWT. Saya menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna, semoga apa yang ada dalam laporan ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan pembaca umumnya.
Jakarta, 25 Oktober 2020
 
         LISNIAWATI

DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A.Latar Belakang................................................................................
B.Fokus Penelitian...............................................................................
C.Tujuan Penelitian
D.Manfaat Penelitian
BAB II KAJIAN TEORI
A.Pengertian Taman Penitipan Anak (TPA)
B.Perkembangan Bahasa Anak
C.Metode Bernyanyi
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.Subjek Penelitian..................................................
B.Metode Penelitian....................................................
C.Instrumen Penelitian................................................
 BAB IV ANALISI DATA
A.Tabulasi Data
B.Analisis Kritis.....................................................
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.Kesimpulan...........................................................
B.Saran.......................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi. Melalui bahasa manusia dapat berinteraksi dan berkomunikasi mengemukakan hasil pemikirannya dan dapat mengekpresikan perasaan. Perkembangan bahasa memiliki peranan penting yang harus diperhatikan sejak dini karena memiliki pengaruh terhadap kelangsungan hidup seseorang, baik sekarang  maupun dimasa yang akan datang.
Ada sejumlah keuntungan yang diperoleh anak jika memiliki keterampilan berbahasa sejak dini. Adamson (dalam Santrock, 2002, hlm. 182) mengungkapkan bahwa pengenalan bahasa lebih dini dapat mempermudah memperoleh keterampilan bahasa yang lebih baik. Anak yang cenderung memiliki kemampuan bahasa yang baik dapat diterima dengan baik oleh teman-temannya, sebaliknya anak yang mengalami hambatan dalam bahasa dapat menghambat anak dalam berkomunikasi dengan temannya
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diamati bahwa pada anak di TPA AGNUS DEI memiliki permasalahan yang bervariasi dalam berbahasa terutama berbicara, diantaranya masih rendahnya keterampilan pengembangan kosakata dalam mengucapkan kata yang diperlukan untuk berkomunikasi. Kemudian dalam pengucapan salah satunya anak belum jelas dalam pengucapan kata/huruf, dan dalam pembentukan kalimat anak belum mampu menyusun kalimat sederhana dengan bahasa yang jelas dan benar.
Mengacu pada permasalahan yang diuraikan di atas, salah satu metode yang dapat digunakan dan yang erat kaitannya dengan dunia anak yaitu metode bernyanyi. Bernyanyi merupakan suatu alat bagi anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya, anak-anak sangat senang bernyanyi karena dengan bernyanyi dapat memberikan kepuasan bagi diri mereka. Bernyanyi diharapkan akan mampu memberikan rangsangan terhadap anak-anak,

 baik rangsangan kognitif atau pemahaman mereka terhadap ucapan yang mereka hasilkan, dan sejauh mana pengaruh pelajaran tersebut terhadap perkembangan mereka, terutama rangsangan alat ucap atau dengan kata lain berbicara yang memiliki permasalahan.
 Berdasarkan paparan di atas maka peneliti tertarik melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi di TPA AGNUS DEI.
B.FOKUS PENELITIAN
Setelah diadakan observasi, dan wawancara di TPA AGNUS DEI, maka peneliti terfokus pada perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi di TPA AGNUS DEI.
C.TUJUAN PENELITIAN
Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu memperoleh data tentang pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap peningkatan bahasa anak di TPA AGNUS DEI.  Adapun secara lebih khusus penelitian ini bertujuan sebagai berikut: Untuk mengetahui tingkat kemampuan perkembangan bahasajh anak  di TPA AGNUS DEI  dengan menggunakan metode bernyanyi
D. MANFAAT PENELITIAN
 Penelitian ini bermanfaat untuk :
1.Bagi Anak Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat terhadap anak dalam meningkatkan dan mengembangkan keterampilan berbahasa terutama keterampilan berbicara kepada anak secara aktif sesuai dengan tahapan perkembangannya.
2.Bagi Guru Penelitian ini diharapkan dapat membuka wawasan para guru tentang keterampilan berbicara yang harus dicapai anak sesuai dengan perkembangamya dan diharapkan guru dapat menganalisis terjadinya permasalahan tentang pembelajaran berbahasa dan usaha mengatasinya dan membantu guru dalam mengembangkan program pembelajaran bahasa terutama kemampuan berbicara yang mengacu pada perkembangan anak.

BAB II
KAJIAN TEORI
A.Pengertian Taman Penitipan Anak (TPA)
Tempat Penitipan Anak (TPA) merupakan salah satu bentuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang secara tegas diamanatkan oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa PAUD adalah  "suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut".
Khususnya mengenai TPA menurut modul Pendidikan Anak Usia Dini yang dikeluarkan oleh Direktorat PAUD, yang dimaksud dengan TPA adalah salah satu bentuk PAUD pada jalur pendidikan nonformal sebagai wahana kesejahteraan yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu bagi anak yang orang tuanya bekerja. TPA merupakan layanan PAUD yang menyelenggaran pendidikan sekaligus pengasuhan terhadap anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun (dengan prioritas anak usia di bawah 4 tahun).
Dengan demikian, TPA merupakan salah satu bentuk layanan PAUD yang berusaha menggabungkan dua tujuan, yaitu tujuan pengasuhan karena orang tua anak bekerja serta tujuan pendidikan melalui program-program pendidikan anak usia dini. Dalam hal ini TPA merupakan solusi terbaik bagi orang tua yang keduanya bekerja yang diharapkan anak-anak mereka aman dan memperoleh pendidikan yang baik.  

B.Perkembangan Bahasa Anak
1.Pengertian Bahasa
      Menurut Poerwadarminta (2007: 80) bahasa adalah sistem lambang yang berupa sembarang bunyi (bunyi bahasa) dipakai orang untuk melahirkan pikiran dan perasaan dalam memperluas pengetahuan. Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri (Moeliono (Peny.), 2007: 88.)
      Menurut Kridalaksana (2009: 24) bahasa adalah sistem lambang bunyi yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.
      Bahasa merupakan alat komunikasi bagi setiap orang, termasuk anak-anak. Anak dapat mengembangkan kemapuan sosialnya ( sosial skil ) melalui berbahasa dengan lingkungan sosial dimulai dengan penguasaan kemampuan berbahasa, melalui berbahasa anak dapat mengekspresikan pikiran nya sehingga orang lain dapat mengerti dan menangkap apa yang dipikirkan oleh anak dan dapat menciptakan suatu hubungan sosial, dengan kemampuan berbahasa anak juga dapat mengembangkan kemampuan lain yang beehubungan dengan kemampuan bahasa yaitu, berbicara, menulis, membaca, (Conny SR:2008)
2.Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
       Menurut Desmita ( 2009 : 138 ) perkembangan bahasa anak yang sesuai dengan norma tata bahasa, belum bisa selesai pada usia 12-18 tahun. Oleh karena itu anak harus banyak belajar bicara baik dengan menggunakan bahasa yang halus. Pengembangan kemampuan dasar  meliputi beberapa pengembangan berbahasa. Sebagai alat komunikasi, bahasa
merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan anak. Disamping itu bahasa juga merupakan alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain yang sekaligus berfungsi untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain.
C.Metode Bernyanyi
Pengertian Metode Bernyanyi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun