Mohon tunggu...
lismiati
lismiati Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI dan BP

Suka membaca dan berbagi pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model STAD

20 Januari 2025   22:21 Diperbarui: 22 Januari 2025   07:32 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

https://drive.google.com/file/d/16fZtW5OY5jEnkohlQm7UM2LP47k0DADU/view?usp=drive_link

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI melalui Model Belajar Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) di Kelas 5 SDN 2 Sukapura 

 

Lismiati1*, 

(1) Mahasiswi PPG PAI Batch 2 Tahun 2004, LPTK UIN WALISONGO SEMARANG

* Corresponding author

(lismiati55@guru.sd.belajar.id)

Abstrak

 

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 2 Sukapura mengalami kendala dalam mencapai hasil belajar yang maksimal, terutama pada materi beriman kepada hari akhir. Siswa sering kesulitan dalam memahami konsep dan penerapan iman kepada hari akhir, yang berakibat pada rendahnya nilai siswa dalam evaluasi. Berdasarkan observasi awal di SDN 2 Sukapura, khususnya pada kelas 5, data dari hasil ulangan harian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM/KKTP yang telah ditetapkan, yaitu 70, dengan rata-rata nilai ulangan harian sebesar 62,1. Peneliti telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar di kelas 5, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran ini merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pentingnya aktivitas dan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi dan membantu dalam memahami materi pelajaran demi mencapai prestasi yang optimal. Oleh karena itu, penulis membuat judul penelitian  tindakan kelas yang berjudul "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Materi Beriman kepada Hari Akhir melalui Model Belajar Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) di Kelas 5 SDN 2 Sukapura Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025".

Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Learning , STAD (Student Teams-Achievement Divisions)

 

Abstract

 

The learning process for Islamic Religious Education (PAI) at SDN 2 Sukapura experiences obstacles in achieving maximum learning outcomes, especially in the material regarding belief in the last day. Students often have difficulty understanding the concept and application of faith in the Last Day, which results in low student scores in evaluations. Based on initial observations at SDN 2 Sukapura, especially in class 5, data from daily test results shows that there are still many students who get scores below the specified KKM/KKTP, namely 70, with an average daily test score of 62.1. Researchers have made various efforts to improve learning outcomes in class 5, one of which is by implementing the STAD type cooperative learning model. This learning model is a Cooperative Learning approach which emphasizes the importance of activities and interactions between students to motivate each other and help each other understand the subject matter in order to achieve optimal achievement. Therefore, the author created a class action research title entitled "Efforts to Improve Student Learning Outcomes in PAI Subjects Material on Faith in the Last Day through the STAD Type Cooperative Learning Model (Student Teams-Achievement Divisions) in Class 5 of SDN 2 Sukapura Even Semester Year Teachings 2024/2025".

Keyword:  Learning Outcomes, Cooperative Learning , STAD (Student Teams-Achievement Divisions)

 

PENDAHULUAN

Dalam proses pembelajaran, peran guru sebagai pengelola kelas sangat krusial. Aktivitas dan kreativitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran adalah salah satu aspek penting yang menentukan kesuksesan dan kelancaran proses belajar mengajar. Variasi dalam pengajaran, baik melalui media pembelajaran maupun metode, dapat membantu menciptakan suasana belajar yang beragam, sehingga siswa tidak merasa bosan.

Hasil observas  di kelas 5 menunjukkan fenomena bahwa rendahnya prestasi belajar siswa tercermin dari hasil ujian harian dan proses pembelajaran. Prosedur pembelajaran yang lebih mengutamakan metode ceramah yang berpusat pada guru (teacher-centered) menyebabkan siswa menjadi pasif, kurang kreatif, dan tidak mandiri dalam pembelajaran.

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 2 Sukapura mengalami kendala dalam mencapai hasil belajar yang maksimal, terutama pada materi beriman kepada hari akhir. Siswa sering kesulitan dalam memahami konsep dan penerapan iman kepada hari akhir, yang berakibat pada rendahnya nilai siswa dalam evaluasi. Berdasarkan observasi awal di SDN 2 Sukapura, khususnya pada kelas 5, data dari hasil ulangan harian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM/KKTP yang telah ditetapkan, yaitu 70, dengan rata-rata nilai ulangan harian sebesar 62,1. Peneliti telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar di kelas 5, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran ini merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pentingnya aktivitas dan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi dan membantu dalam memahami materi pelajaran demi mencapai prestasi yang optimal. Oleh karena itu, penulis membuat judul penelitian  tindakan kelas yang berjudul "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Materi Beriman kepada Hari Akhir melalui Model Belajar Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) di Kelas 5 SDN 2 Sukapura Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025". Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) yang diyakini dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi tersebut.

METODE PENELITIAN 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dalam konteks kelas.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif jenis Student Team Achievement Division (STAD). Menurut Groundy dan Kemmis, PTK memiliki karakteristik yang khas, yaitu adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Sementara itu, Madya mengemukakan bahwa PTK adalah tindakan penelitian yang digunakan untuk meningkatkan kualitas praktik dalam berbagai situasi kehidupan nyata.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pembahasan Hasil Penelitian

1. Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan hasil belajar:

* Pra siklus: Rata-rata 62,1 (35,3% tuntas)

* Siklus 1: Rata-rata 75,8 (76.5% tuntas)

* Siklus 2: Rata-rata 80,6 (100% tuntas)

2. Analisis Keberhasilan Model STAD Keberhasilan model kooperatif tipe STAD:

* Meningkatkan interaksi antar peserta didik

* Menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan

* Membantu peserta didik memahami konsep beriman kepada Hari Akhir

* Meningkatkan motivasi dan hasil belajar

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di SDN 2 Sukapura pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 tentang upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi beriman kepada Hari Akhir melalui model belajar kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions), dapat disimpulkan berdasarkan hasil analisis pada observasi dan penilaian hasil belajar siswa pada siklus 2, bahwa diperoleh data yang menjelaskan bahwa hasil belajar PAI pada kelas 5 SDN 2 Sukapura tingkat ketuntasan mencapai 100%. Ini berarti hasil belajar siswa sudah melebihi indikator keberhasilan 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model belajar kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tabel

Tabel 1.1 Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Pra Siklus

No

Nama Siswa

KKTP

Nilai PAI

Ketuntasan

1

Ahza Alghifari Karsana

70

65

Tidak Tuntas

2

Ajeng Permatasari

70

80

Tuntas

3

Aulia Putri

70

80

Tuntas

4

Dafa

70

50

Tidak Tuntas

5

Dafi

70

55

Tidak Tuntas

6

Deswita Dwi Handayani

70

70

Tuntas

7

Haura Holistria

70

50

Tidak Tuntas

8

Hilva Dea Amalia

70

75

Tuntas

9

Isela Shafa Arrahma

70

55

Tidak Tuntas

10

Naufal Alfarizl

70

50

Tidak Tuntas

11

Kinara Putri Mahendra

70

70

Tuntas

12

Muhamad Malik Afrijal

70

55

Tidak Tuntas

13

Nabella Gustiana

70

70

Tidak Tuntas

14

Putri Ulandari

70

55

Tidak Tuntas

15

Rasya Aprilia Alfaiza

70

50

Tidak Tuntas

16

Shofi Yurrohman Al 'Affani

70

70

Tuntas

17

Wulan Asyfah

70

55

Tidak Tuntas

Jumlah nilai

1055

Rata-rata kelas

61,1

Nilai tertinggi

80

Nilai terendah

50

Persentase ketuntasan

35,3% (6 dari 17 siswa)

Tabel 1.2 Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 2 Sukapura pada Siklus 1

No

Nama Siswa

KKTP

Nilai PAI

Ketuntasan

1

Ahza Alghifari Karsana

70

78

Tuntas

2

Ajeng Permatasari

70

85

Tuntas

3

Aulia Putri

70

80

Tuntas

4

Dafa

70

65

Tidak Tuntas

5

Dafi

70

73

Tuntas

6

Deswita Dwi Handayani

70

80

Tuntas

7

Haura Holistria

70

82

Tuntas

8

Hilva Dea Amalia

70

77

Tuntas

9

Isela Shafa Arrahma

70

68

Tidak Tuntas

10

Naufal Alfarizl

70

75

Tuntas

11

Kinara Putri Mahendra

70

78

Tuntas

12

Muhamad Malik Afrijal

70

65

Tidak Tuntas

13

Nabella Gustiana

70

80

Tuntas

14

Putri Ulandari

70

82

Tuntas

15

Rasya Aprilia Alfaiza

70

67

Tidak Tuntas

16

Shofi Yurrohman Al 'Affani

70

85

Tuntas

17

Wulan Asyfah

70

75

Tuntas

Jumlah nilai

1295

Rata-rata kelas

75,8

Nilai tertinggi

85

Nilai terendah

65

Persentase ketuntasan

76,5% (13 dari 17 siswa)

Tabel 1.3 Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 2 Sukapura pada Siklus 2

SIMPULAN

Berdasarkan hasil analisis pada observasi dan penilaian hasil belajar siswa pada siklus 2, bahwa diperoleh data yang menjelaskan bahwa hasil belajar PAI pada kelas 5 SDN 2 Sukapura tingkat ketuntasan mencapai 100%. Ini berarti hasil belajar siswa sudah melebihi indikator keberhasilan 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model belajar kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

UCAPAN TERIMA KASIH

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya. Pada kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada:

1. Keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan moral, material, dan doa yang tiada henti dalam menempuh pendidikan ini.

2. Rekan-rekan seperjuangan PPG PAI Kelas Lokakarya-K1-PAI-M yang telah berbagi pengalaman, pengetahuan, dan memberikan semangat selama menjalani program ini.

3. Bapak Dosen Pembimbing PPL dan Ibu Guru Pamong yang telah memberikan bimbingan, arahan, dan masukan yang sangat berharga selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan.

4. Rekan-rekan dan peserta didik kelas 5 di SDN 2 Sukapura yang telah banyak membantu proses pembelajaran di sekolah dengan baik.

Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan yang telah diberikan dengan pahala yang berlipat ganda. Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dan dukungan dari semua pihak tersebut, penyelesaian program ini tidak akan berjalan dengan lancar. Semoga artikel iliah ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan pendidikan agama Islam di masa yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA

  • Abdullah, Sani. (2013). Inovasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Agus Suprijono. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Media.
  • Agus, Suprijono. (2012). Pembelajaran Kooperatif: Teori dan Penerapan PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Ahmad, Syah. (2005). Strategi dalam Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta: Ciputat Press.
  • Arikunto, Suharsimi. (1992). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD/MI Kelas 5 Tahun 2023.  Sidorjo: Masmedia Buana Pustaka.
  • Cendikia,kemenag.(2020). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VI SD
  • Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003       tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Djiwandono, Sri Esti Wuryani. (2009). Belajar dan Pembelajarannya. Jakarta: PT Gramedia.
  • Hanafiah. (2012). Konsep Strategi dalam Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
  • Huda, Miftahul. (2015). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Isjoni. (2012). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi di Antara Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Nurdin, Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  • Ngalim Purwanto. (2002). Ilmu Pendidikan: Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Raja grafindo Persada.
  • Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Slavin, R. (1995). Teori Pembelajaran Kooperatif. Edisi Kedua. Allyn and Bacon.
  • Sudjana, Nana. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  • Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

  • Referensi Jurmal :
  • Aisyah, (2020). Upaya meningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI pada materi Hikmah beriman kepada hari akhir melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada peserta didik kelas VI A SD Negeri 3/IX Senaung. VOLUME 3, NO. 2.
  • Hastin Okta Herlina, (2023). Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui metode pembelajaran kooperatif jenis Student Team Achievement Division (STAD) bagi siswa kelas 5 di SDN 3 Kedu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
  • Saeful Karim, Setiya Utami, Fipit Riana Utami.(2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student-Teams-Achievement-Divisions) untuk meningkatkan prestasi belajar dan kerjasama siswa. e-journal,upi,edu. Vol. 17, No.2
  •  
  •  

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun