Mohon tunggu...
Liska Isma
Liska Isma Mohon Tunggu... Administrasi - Mother of Queen

Baru Belajar di kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kurang Nyaman dalam Bekerja, Maksimalkah Hasilnya?

20 Maret 2020   22:11 Diperbarui: 20 Maret 2020   22:23 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto : hallosehat.com

Sebagai karyawan yang bekerja dalam perusahaan, tentu nya ingin memiliki karir yang bagus dan mendapatkan kompensasi yang sesuai. Apabila semua itu sudah didapatkan dalam bekerja tetapi kurang diimbangi dengan rasa "nyaman" dilingkungan bekerja, maksimal kah hasil kerja nya ?

Tujuan bekerja pada dasarnya manusia bekerja untuk mendapatkan penghasilan atau nafkah  yang akan digunakan untuk kelangsungan hidup nya sendiri maupun keluarganya. Ada beberpa juga yang memiliki alasan bekerja seperti mendapatkan penglaman baru, mencari pengakuan diri, mencari modal usaha, bahkan untuk mencari karir dan jabatan.

Namun di Era yang serba modern ini, tuntutan gaya hidup semakin banyak dan tinggi, banyak yang melupakan tujuan awal mereka, sehingga tidak imbangnya antara Hak dan Kewajiban.

Bekerja yang seharus nya menghasilkan Simbosis Mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan  antara kedua nya berubah menjadi Toxic Relationship atau hubungan yang ditandai dengan perilaku-perilaku "beracun" yang menghasilkan emosional dan fisik antara karyawan dan pemilik perusahaan.

Tak banyak pekerja yang akhirnya memilih untuk mengajukan pengunduran diri atau tetap terpaksa bertahan meskipun sebenarnya tidak merasakan lagi nyaman dalam bekerja.

Berikut dampak negatif yang ditimbulkan  dari tidak nyamannya dalam bekerja :

1. Mudah Stress

Sumber foto : Wordpress.com
Sumber foto : Wordpress.com
Ketidaknyamanan dalam pekerjaan dapat di picu karena tekanan pekerjaan yang tinggi dan dikejar deadline pekerjaan yang diberikan menimbulkan karyawan gampang sekali menglamani stress.

Stress ini bisa diminimalisir dengan cara mencoba berfikir positif dan berfikir banyak orang diluar sana yang kurang beruntung seperti kita, masih mencari pekerjaan, dan menjadi pengangguran. Sehingga kita melakukan pekerjaan kita sepnuh hati dan tidak setengah-setengah.

2. Turun Konsentrasi dalam Bekerja

Sumber foto : Gelombangotak.com
Sumber foto : Gelombangotak.com
Merasakan tidak nyaman membuat sebagian orang sulit mengerjakan dengan  baik dan sesuai target deadline yang diiberiikan apabila konsentrasi dalam bekerjaa mulai turun.

Memiliki perasaan mudah  gelisah dan hati yang tidak tenang, sehingga menyebabkan insomnia saat malam hari yang seharusnya digunakan untuk istirahat. Kemudiaan saat pagi hari waktunya bekerjaa jadi tidak bisa konsentrasi mengerjaan pekerjaan.

3. Penyakit Mudah Datang

Sumber Foto : Lifepal.com
Sumber Foto : Lifepal.com

Banyak kebiasaan dikantor menyebabkan memyebabkan tubuh  mudah terserang penyakit. Terkadang hal teresebut juga hanya terlihat sepele, tetapi berpengaruh juga terhadap kesehatan tubuh.

Dalam kondisi lingkungan yang tidak nyaman, menyebabkan seseorang juga cepat stress dan daya tahan tubuh menurun. Tentunya, dalam kondisi daya tahan yang buruk seorang karyawan tidak bisa mengerjakan tugas dengan baik.

3.  Toxic Relationship atau Hubungan yang Buruk

Sumber Foto : Duniakaryawan.com
Sumber Foto : Duniakaryawan.com

Memiliki rasa kurang nyaman jelas menyebabakan seorang karyawan dan lingkungan kerja tidak dapat bersemangat dan hanya setengah hati mengerjakan pekerjaan.

Ada juga karyawan yang tidak mau berkomunikasi dengan karyawan-karyawan yang lainnya atau orang sekitarnya, hal tersebut menyebabkan  Toxic Relationship atau hubungan yang buruk baik dengan rekan kerja ataupun dengan atasan.

Toxic Relationship atau hubungan yang buruk ini menambah tekanan dalam bekerja dan rentan terserang depresi. Kemungkinan terburuk dari dampak ini juga menular kepada orang sekitarnya, mereka menjadi malas saling berkomunikasi dan lebih suka mengerjakan pekerjaan individual.

Kerja tim yang harusnya meringkan beban pekerjaan akan terasa semakin berat karena tidak terjalinnya komunikasi yang baik yang diakibatkan ketidaknyamanan dalam bekerja.

Demikian dampak-dampak kurang nyamannya dalam bekerja, semoga bermanfaat. Terimakasih...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun