Mohon tunggu...
LISA UMAMI
LISA UMAMI Mohon Tunggu... Guru - GURU

"URIP IKU URUP"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 2.1 "Pembelajaran Berdiferensiasi"

29 Agustus 2024   18:15 Diperbarui: 29 Agustus 2024   18:28 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc. Pembelajaran 
doc. Pembelajaran 
Salam dan Bahagia!

Salam sejahtera bagi Bapak Ibu guru hebat semuanya.

Dalam koneksi antar materi  modul 2.1 ini ada beberapa pertanyaan pemantik diantaranya :

1. Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?

2. Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?

3. Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?

Dari pertanyaan pemantik di atas saya mengutip pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang "berhamba pada murid". Di mana kita sebagai seorang guru menghambakan diri kita kepada murid yang artinya menaruh rasa hormat dan siap melayani kebutuhan murid dalam pembelajaran. Seperti kita ketahuni Bersama bahwa murid murid kita memiliki karakteristik yang unik dan berbeda beda sehingga kebutuhan belajar mereka pastinya berbeda beda. Sebagai hamba yang baik akan selalu melayani kebutuhan tuannya. Sehingga kita haruslah memberikan tuntunan kepada mereka untuk terus tumbuh menurut kodratnya alam dan kodrat zaman. Hal ini sejalan dengan analogi dari Ki Hajar Dewantara bahwa seorang petani tak akan dapat menjadikan padi yang ditanamnya itu tumbuh sebagai jagung. Selain itu, ia juga tidak dapat memelihara tanaman padi tersebut seperti hanya cara memelihara tanaman kedelai atau tanaman lainnya.

Tuntunan yang sesuai dengan kodrat murid adalah tuntunan yang membebaskan murid untuk tumbuh dan berkembang sesuai karakteristik dan potensinya sebagai individu, baik secara lahir dan batin. Ini juga berarti bahwa tuntunan guru harus menjawab kebutuhan belajar murid.

Selajutnya adalah makna dari Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada murid untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan 3 aspek yaitu kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid tersebut.

1. Kesiapan belajar murid

Yaitu kapasitas untuk mempelajari materi, konsep, atau keterampilan baru. Sebuah tugas yang mempertimbangkan tingkat kesiapan belajar murid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun