Pada hari Jumat lalu (29/03/2019) TVRI, yang adalah Lembaga Penyiaran Publik melakukan perubahan. Tak terasa TV yang sudah mengudara selama 56 tahun ini akan melakukan upaya rebranding. Yang didahului dengan perbaikan layar, konten serta SDM dan budaya organisasi yang semakin baik.
Perubahan jelas yang terlihat adalah perubahan logo. Menurut saya tampak sederhana tapi kekinian. Terlihat lebih modern. Bulatan yang melingkari huruf RI mengandung arti bola dunia. Ya, artinya TVRI akan semakin mendunia tentunya.Â
Terlihat dari program barunya antara lain Discovery, Djarum untuk Rumah Bulutangkis mulai dari All England, Sudirman Cup, World Championships, China Open, Malaysian Open, Japan Open, Denmark Open, French Open, Fuzhou China Open dan World Tour Final.Â
Lalu di minggu ini akan ada serial kartun baru Badanamu asal Inggris namun produksi dari Korea. Di dalam ceritanya nanti akan ada Rhino yang adalah badak asal Indonesia. Biasa disebut oleh Helmy Yahya, Dirut TVRI, si Rhino, badak, anak kampung Indonesia.
Di acara konferensi pers dan Konser Musik Menggapai Dunia yang digelar meriah untuk peresmian logo baru TVRI yang ke delapan ini tampak Rhino dengan riang menyapa kami dengan peci bertengger di atas kepalanya tentunya semakin menunjukkan ciri khas Indonesia.
Yah, memang TVRI senantiasa menghibur dan mendidik anak-anak Indonesia.
Kembali ke logo, sempat saya mendengar suara kritikan bahwa logo ini terlalu sederhana, bahkan  kesannya mencontek logo yang lain. Padahal proses untuk menciptakan logo ini tidak mudah, bahkan mengeluarkan dana yang tidak murah dan sudah melalui proses tender sesuai dengan peraturan pemerintah berhubung TVRI adalah perusahaan berplat merah.Â
Saya sempat bertanya angka kepada Ganef Djat, koordinator humas LPP TVRI, ternyata Rp 900.000.000 kocek yang harus dikeluarkan TVRI untuk logonya saja. Belum termasuk biaya acara sosialisasi.
Saya sempat mendengar cerita dari Ganef, bahwa ternyata logo ke 7 TVRI didapatkan dengan cara diadakan sayembara dengan nilai hadiah Rp 20.000.000, menarik bukan? Logo ini diluncurkan pada tanggal 16 April 2007. Berarti sudah 12 tahun TVRI menggunakan logo ketujuh ini. Wajarlah menurut saya, agar TVRI lebih mengikuti perkembangan jaman.
Sedikit cerita pada menit-menit terakhir logo baru dimunculkan ke publik secara resmi, kami disajikan video menarik mengenai program-program unggulan terdahulu dan juga penampakkan logo ke tujuh TVRI sebelumnya.Â
Saya uraikan tanggal peluncuran ketujuh logo, sbb :
Logo pertama : 1962, 24 Agustus
Logo kedua : 1978, 24 Agustus
Logo ketiga : 1982, 24 Agustus
Logo keempat : 1999, 24 Agustus
Logo kelima : 2001, 13 Juli
Logo keenam : 2003, 1 Agustus
Logo ketujuh : 2007, 16 April
Oh ya, selain logo, tag line TVRI kini sudah berubah. Sebelumnya saluran pemersatu bangsa sekarang menjadi media pemersatu bangsa.
Semoga dengan identitas baru (rebranding) ini, TVRI dapat kembali dicintai dan menjadi pilihan favorit masyarakat. Semoga dengan logo baru yang ke-8 ini akan memenuhi tuntutan publik agar TVRI menuju ke arah lebih modern tanpa kehilangan amanah untuk selalu menjadi TV Publik yang senantiasa memberi informasi, pendidikan dan hiburan. (***)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H