Mohon tunggu...
Lira Putriani
Lira Putriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa

Ekonomi dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Dampak Globalisasi Terhadap Perdagangan Internasional

21 April 2024   21:30 Diperbarui: 22 April 2024   22:47 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.istockphoto.com/id

Perdagangan internasional memegang peranan krusial dalam pertumbuhan bisnis, yang tercermin dari semakin banyaknya perusahaan multinasional. Perdagangan internasional melibatkan pertukaran barang antar negara yang mencakup pembelian dan penjualan antara negara lain serta interaksi antar individu dari berbagai negara. Bisnis internasional sendiri mencakup berbagai operasi yang dilakukan untuk menjalankan transaksi komersial lintas batas, baik bagi perusahaan besar maupun usaha kecil yang berkecimpung dalam perdagangan internasional, penerapan strategi yang komprehensif sangatlah vital. Kemampuan bersaing menjadi faktor kunci bagi perusahaan di era globalisasi, dengan banyak pemimpin bisnis global yang kini mengoperasikan bisnisnya secara internasional.

Globalisasi merupakan proses yang membuat berbagai sektor aktivitas di seluruh dunia menjadi lebih terintegrasi dan melibatkan lebih banyak negara yang meningkatkan pengaruh pasar global atas segala aspek kehidupan. Proses ini memiliki dampak luas pada aspek sosial, budaya, teknis, politik, dan ekonomi, yang terkadang bisa menguntungkan atau merugikan. Perdagangan internasional sebagai bagian dari globalisasi melibatkan pertukaran produk, barang, atau informasi antarnegara, memperlihatkan dirinya dalam bentuk negara-negara yang saling memperdagangkan barang atau produk mereka. Hilangnya hambatan antarnegara, kita dapat melihat perkembangan yang sangat cepat dalam berbagai kegiatan komersial.

Globalisasi berdampak pada perdagangan internasional dengan cara yang dapat menguntungkan maupun merugikan, karena memandang dunia sebagai suatu pasar yang besar dan terhubung dimana segala sesuatu dapat diakses dengan mudah dan cepat, dalam konteks ini melakukan bisnis antar negara menjadi lebih sederhana dan cepat berkat adanya internet, namun terdapat konsekuensi negatif seperti jika suatu negara menerima impor dalam jumlah besar bisa jadi mereka akan kekurangan produk lokal untuk dijual. Sebaliknya, jika suatu negara melakukan ekspor secara berlebihan mungkin memperoleh keuntungan finansial yang besar tetapi bisa menimbulkan masalah ekonomi domestik.

Dampak Positif Globalisasi Terhadap Perdagangan Internasional Negara Indonesia Pada Bidang Ekonomi

Globalisasi memberikan berbagai manfaat bagi perdagangan internasional dalam bidang ekonomi. Beberapa dampak positifnya yaitu :

  • Bebasnya Pasar Internasional 

Globalisasi dalam perdagangan internasional menciptakan lingkungan ekonomi di mana pasar bebas berkembang. Pasar dunia menjadi tempat untuk menjual dan membeli produk serta layanan dari seluruh dunia, adanya pasar internasional ini memberi peluang bagi perusahaan yang memiliki produk atau layanan yang melebihi permintaan konsumen di dalam negeri untuk menjangkau pasar global dan mencari konsumen dalam lingkup yang lebih luas.

  • Efisiensi Ekonomi 

Globalisasi mendorong persaingan internasional yang sehat, yang pada gilirannya dapat mengarah pada peningkatan efisiensi dalam produksi dan distribusi barang dan jasa. Hal ini juga mendorong inovasi dan adopsi teknologi baru.

  • Kemudahan Dalam Ekspor Dan Impor

Pasar dunia yang terbuka karena globalisasi ekonomi membuat ekspor dan impor menjadi lebih mudah, kegiatan ekspor-impor dapat membantu negara meningkatkan pendapatan mengenalkan produk lokal ke pasar global, menciptakan lapangan kerja, dan memperluas produksi. Salah satu keuntungan pasti dari ekspor-impor adalah terbentuknya kerjasama internasional.

  • Kolaborasi Internasional

Globalisasi mendorong kolaborasi antara perusahaan, lembaga, dan pemerintah di berbagai negara. Ini dapat menghasilkan sinergi dan inovasi yang mungkin tidak mungkin terjadi dalam konteks nasional yang terbatas.

  • Terciptanya Bisnis E-commerce

Munculnya perusahaan baru dalam bentuk bisnis E-commerce telah mempercepat pertumbuhan ekonomi. E-commerce adalah bisnis yang beroperasi melalui internet. Bisnis ini merupakan jenis usaha modern yang memiliki potensi besar karena didukung oleh perkembangan teknologi dan industri telekomunikasi serta informasi. Internet, yang kini menjadi kebutuhan hampir semua orang, menjadi katalisator bagi penyebaran E-commerce karena membuat berbagai aktivitas, termasuk operasi bisnis, menjadi lebih mudah diakses.

Dampak Negatif Globalisasi Terhadap Perdagangan Internasional Pada Bidang Ekonomi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun