Mohon tunggu...
LINGGA NOVIANTY
LINGGA NOVIANTY Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru muda berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Cerita Praktik Baik: Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah

12 Februari 2024   13:01 Diperbarui: 12 Februari 2024   13:14 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penulis:

Lingga Novianty,S.Pd,M.M

Aksi 1 : 7 Desember 2023

Aksi 2 : 26 Januari 2024

Lokasi:

SMAN 3 KAB.TANGERANG

Tujuan yang ingin dicapai:

  • Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran Sejarah
  • Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui Penerapan model pembelajaran inovatif project based learning dalam pembelajaran Sejarah

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

Berdasarkan Pengalaman saya sebagai guru SMAN 3 KAB. TANGERANG Bahwa masih banyak hal yang belum saya lakukan terutama saat merancang pembelajaran, kurang menggunakan sumber belajar, media belajar dan model pembelajaran yang inovatif, hal ini menyebabkan :

  • Peserta didik kesulitan memahami materi pembelajaran
  • Rendahnya hasil belajar peserta didik , atau belum mencapai nilai KKM yang diterapkan oleh sekolah
  • Peserta didik kesulitan dalam mengerjakan soal berbasis HOTS. Peserta didik kesulitan memahami maksud soal dan jawaban yang diberikan peserta didik terkait soal HOTS tidak sesuai dengan apa yang ditanyakan.
  • Rendahnya motivasi belajar peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
  • Pemanfaatan teknologi dalam inovasi pembelajaran perlu ditingkatkan kembali agar proses pembelajaran menarik minat peserta didik.
  • Minat peserta didik yang masih kurang untuk belajar Sejarah
  • Pembelajaran hanya berjalan satu arah (Teacher center)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun